Apa Itu Run Flat Tyre? Lalu Apa Saja Keunggulan Dari Kinerjanya?

April 09, 2023
By Getan Metodius
Apa Itu Run Flat Tyre? Lalu Apa Saja Keunggulan Dari Kinerjanya?-otospector

Teknologi terus dikembangkan, salah satunya adalah kemunculan Run Flat Tyre, lalu apa itu Run Flat Tyre? Mengapa teknologi ini dianggap sangat penting dalam keselamatan berkendara dan bagaimana keunggulan teknologi ini pada ban kendaraan?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu jika Run Flat Tyre atau RFT ini dikembangkan oleh Bridgestone, salah satu pabrikan ban terbesar di dunia. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan maupun keselamatan pengguna kendaraan.

Apa Itu Run Flat Tyre? dan Bagaimana Kinerjanya?

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka RFT ini memang merujuk pada jenis ban, yang dinamai ban runflat. Jenis ban ini diklaim bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu, meskipun kondisi bannya tanpa angin atau ketika ban dalam kondisi kempes.

Hal ini tentu menjadi terobosan yang sangat baik, karena bisa menjamin keselamatan pengemudi pada saat ban mengalami kempes secara tiba-tiba. Karena pada ban konvensional, saat ban kempes, maka akan tercabik – cabik jika terus digunakan, namun RFT ini tetap aman.

Selain berhubungan dengan kualitas ban yang lebih baik daripada ban konvensional, RFT ini juga memiliki manfaat untuk komponen mobil lainnya. Misalnya pada beban mobil yang lebih ringan karena tidak perlu membawa ban serep dan segala peralatannya.

Apa saja keunggulan dari Run Flat Tyre?

Tentu sebagai terobosan pada teknologi ban, maka RFT ini memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan dibanding jenis ban konvensional. Hal inilah yang membuat keberadaan RFT ini populer dan banyak digunakan, ini beberapa kelebihannya.

#1: Tidak Perlu Ganti Ban Secepatnya

run flat tyre

Jika ban mengalami kempes di tengah jalan, pengendara tidak perlu ganti ban saat itu juga. Karena ban RFT masih bisa digunakan walaupun sudah kempes, pada jarak tertentu. Sehingga Anda bisa tetap menjalankan mobil Anda mencari tempat yang aman atau ke bengkel.

Ganti ban bisa cukup membahayakan jika dilakukan di sembarang jalan, misalnya pada jalur cepat atau di pinggir tol. Oleh karena itu, dengan adanya RFT ini, Anda bisa mengganti ban Anda pada tempat yang aman dan tidak berisiko terserempet kendaraan lain yang melaju.

Baca juga: 6 Cara Mudah Baca Kode Ban Mobil

#2: RFT Lebih Stabil

Ketika ban kekurangan angin, misalnya karena kebocoran ringan yang menyebabkan kempes. Maka ban RFT ini akan tetap stabil daripada ban konvensional yang akan menyebabkan mobil atau kendaraan lain oleng dan tidak stabil.

Ban RFT (Run Flat Tire) ini memang memiliki kinerja yang cukup baik untuk membantu pengemudi atau pengendara mempertahankan kontrol yang lebih baik meskipun situasi ban kempes atau kehilangan udara, sehingga tidak akan meminimalisir kecelakaan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Kenapa Ban Mobil Bisa Pecah

#3: Bobot Mobil Menjadi Lebih Ringan

run flat tire

Mengapa bisa demikian? Karena RFT ini tidak memerlukan ban serep, layaknya ban konvensional yang harus sedia ban serep. Selain ban serep, Anda juga tidak perlu membawa dongkrak dan kunci-kunci pembuka ban lainnya yang biasanya menambah berat mobil Anda.

Bobot kendaraan yang lebih ringan nyatanya memiliki korelasi pada efisiensi bahan bakar kendaraan. Oleh karena itu, jika mobil Anda menggunakan jenis ban RFT, selain aman untuk keselamatan, maka bisa memberikan dampak baik juga untuk komponen mobil lainnya.

Kini terjawab sudah pertanyaan mengenai apa itu Run Flat Tyre? Dan bagaimana fungsi serta keunggulannya dibanding jenis ban konvensional. Kini jenis ban RFT juga sudah tersedia banyak jenis sesuai dengan berbagai spesifikasi mobil yang mungkin Anda gunakan.

beli mobil bekas di tokopedia

Gunakan ban yang tepat dan berkualitas.

Memilih ban untuk mobil itu tidak terlalu sulit, dengan melakukan riset secara singkat atau bertanya ke ahli bengkel ban sudah cukup. Namun bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas bisa saja tidak mengetahui kondisi dari ban mobil yang akan kita beli itu.

Disarankan untuk menggunakan pihak ke 3 yang independen untuk mengecek semua kondisi mobil bekas termasuk kondisi ban. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membeli mobil bekas jauh lebih nyaman dan aman.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simple Rawat Rem Mobil Dengan Cara Ini

Januari 10, 2024
Mobil jadi salah satu transportasi yang cukup banyak digunakan di Indonesia, untuk menunjang berbagai kebutuhan harian. Tapi ketika kamu punya mobil, perlu tahu juga loh cara merawat mobilnya. Salah satunya adalah perawatan untuk rem mobil, dengan rem yang sehat, bepergian kemanapun jadi lebih nyaman. Jangan sampai pengereman bermasalah ya otofriends, karena kalau bermasalah bisa berbahaya.
Baca Lebih Lanjut

Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Januari 10, 2024
Cara parkir pararel mobil matic jelas harus dikuasai oleh pengemudi yang mobil transmisi matic. Memang, di area parkir Otofriends kadang selalu punya pilihan untuk parkir biasa. Namun pengemudi tetap harus siap jika terpaksa harus parkir paralel. Yang harus diingat, parkir paralel butuh keterampilan dan ketelitian dan ketelitian untuk mengatur posisi mobil agar sesuai dengan ruang
Baca Lebih Lanjut

Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2024?

Januari 09, 2024
Siapa yang sering bepergian ke luar kota atau juga dalam kota dengan melewati jalan tol? Buat kamu yang sering bepergian dengan rute yang sering dilalui sebetulnya sangat mudah, atau bahkan hafal akan tarif tolnya. Tapi bagaimana jika suatu saat kamu ingin bepergian ke luar kota dan kamu tidak tahu akan tarif tol nya? Jalan tol
Baca Lebih Lanjut