Apa Itu Run Flat Tyre? Lalu Apa Saja Keunggulan Dari Kinerjanya?

April 09, 2023
By Getan Metodius
Apa Itu Run Flat Tyre? Lalu Apa Saja Keunggulan Dari Kinerjanya?-otospector

Teknologi terus dikembangkan, salah satunya adalah kemunculan Run Flat Tyre, lalu apa itu Run Flat Tyre? Mengapa teknologi ini dianggap sangat penting dalam keselamatan berkendara dan bagaimana keunggulan teknologi ini pada ban kendaraan?

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu jika Run Flat Tyre atau RFT ini dikembangkan oleh Bridgestone, salah satu pabrikan ban terbesar di dunia. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan maupun keselamatan pengguna kendaraan.

Apa Itu Run Flat Tyre? dan Bagaimana Kinerjanya?

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka RFT ini memang merujuk pada jenis ban, yang dinamai ban runflat. Jenis ban ini diklaim bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu, meskipun kondisi bannya tanpa angin atau ketika ban dalam kondisi kempes.

Hal ini tentu menjadi terobosan yang sangat baik, karena bisa menjamin keselamatan pengemudi pada saat ban mengalami kempes secara tiba-tiba. Karena pada ban konvensional, saat ban kempes, maka akan tercabik – cabik jika terus digunakan, namun RFT ini tetap aman.

Selain berhubungan dengan kualitas ban yang lebih baik daripada ban konvensional, RFT ini juga memiliki manfaat untuk komponen mobil lainnya. Misalnya pada beban mobil yang lebih ringan karena tidak perlu membawa ban serep dan segala peralatannya.

Apa saja keunggulan dari Run Flat Tyre?

Tentu sebagai terobosan pada teknologi ban, maka RFT ini memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan dibanding jenis ban konvensional. Hal inilah yang membuat keberadaan RFT ini populer dan banyak digunakan, ini beberapa kelebihannya.

#1: Tidak Perlu Ganti Ban Secepatnya

run flat tyre

Jika ban mengalami kempes di tengah jalan, pengendara tidak perlu ganti ban saat itu juga. Karena ban RFT masih bisa digunakan walaupun sudah kempes, pada jarak tertentu. Sehingga Anda bisa tetap menjalankan mobil Anda mencari tempat yang aman atau ke bengkel.

Ganti ban bisa cukup membahayakan jika dilakukan di sembarang jalan, misalnya pada jalur cepat atau di pinggir tol. Oleh karena itu, dengan adanya RFT ini, Anda bisa mengganti ban Anda pada tempat yang aman dan tidak berisiko terserempet kendaraan lain yang melaju.

Baca juga: 6 Cara Mudah Baca Kode Ban Mobil

#2: RFT Lebih Stabil

Ketika ban kekurangan angin, misalnya karena kebocoran ringan yang menyebabkan kempes. Maka ban RFT ini akan tetap stabil daripada ban konvensional yang akan menyebabkan mobil atau kendaraan lain oleng dan tidak stabil.

Ban RFT (Run Flat Tire) ini memang memiliki kinerja yang cukup baik untuk membantu pengemudi atau pengendara mempertahankan kontrol yang lebih baik meskipun situasi ban kempes atau kehilangan udara, sehingga tidak akan meminimalisir kecelakaan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Kenapa Ban Mobil Bisa Pecah

#3: Bobot Mobil Menjadi Lebih Ringan

run flat tire

Mengapa bisa demikian? Karena RFT ini tidak memerlukan ban serep, layaknya ban konvensional yang harus sedia ban serep. Selain ban serep, Anda juga tidak perlu membawa dongkrak dan kunci-kunci pembuka ban lainnya yang biasanya menambah berat mobil Anda.

Bobot kendaraan yang lebih ringan nyatanya memiliki korelasi pada efisiensi bahan bakar kendaraan. Oleh karena itu, jika mobil Anda menggunakan jenis ban RFT, selain aman untuk keselamatan, maka bisa memberikan dampak baik juga untuk komponen mobil lainnya.

Kini terjawab sudah pertanyaan mengenai apa itu Run Flat Tyre? Dan bagaimana fungsi serta keunggulannya dibanding jenis ban konvensional. Kini jenis ban RFT juga sudah tersedia banyak jenis sesuai dengan berbagai spesifikasi mobil yang mungkin Anda gunakan.

beli mobil bekas di tokopedia

Gunakan ban yang tepat dan berkualitas.

Memilih ban untuk mobil itu tidak terlalu sulit, dengan melakukan riset secara singkat atau bertanya ke ahli bengkel ban sudah cukup. Namun bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas bisa saja tidak mengetahui kondisi dari ban mobil yang akan kita beli itu.

Disarankan untuk menggunakan pihak ke 3 yang independen untuk mengecek semua kondisi mobil bekas termasuk kondisi ban. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membeli mobil bekas jauh lebih nyaman dan aman.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tiga Merek Oli Mobil Terbaik 2024

Januari 20, 2024
Merek oli mobil terbaik adalah merek oli yang dapat memberikan kinerja optimal bagi mesin kendaraan, baik dari segi performa, perlindungan, efisiensi, maupun kebersihan. Merek oli mobil terbaik juga harus memiliki kualitas yang sesuai dengan standar internasional, serta ramah lingkungan dan dibutuhkan bagi pengguna mobil. Selain pakai oli yang bagus, rutin ganti oli juga membuat mesin
Baca Lebih Lanjut

Komplet! Berbagai Jenis Mobil Bekas Dibawah 50 Juta 2024

Januari 20, 2024
Meski mobil bekas tahun muda harganya sudah semakin turun, tapi sebagian konsumen rupanya masih memburu mobil bekas dibawah 50 juta. Angka 50 juta seolah memang menjadi semacam angka psikologis harga sebuah mobil bisa dikatakan sudah murah.   Selain faktor harga, faktanya tidak sedikit mobil-mobil tersebut yang kondisinya masih layak pakai. Bahkan untuk pemakaian harian sekalipun.
Baca Lebih Lanjut

Bikin Gak Nyaman Kalau Setir Mobil Goyang

Januari 20, 2024
Yang namanya berkendara itu, kita harus pastiin mobil harus sehat dan dalam kondisi terbaik. Kamu perlu cek mulai dari kondisi mesin sampai juga pada kondisi komponen terluar mobil yaitu ban. Ada satu kondisi dimana mengemudi jadi tidak nyaman dan berbahaya, yaitu goyangnya setir mobil. Kondisi ini tentu bikin nyetir jadi tidak nyaman, sang pengemudi juga
Baca Lebih Lanjut