6 Cara Mudah Baca Kode Ban Mobil

Maret 26, 2023
By Getan Metodius
6 Cara Mudah Baca Kode Ban Mobil-otospector

Selain melakukan servis secara rutin, ban mobil juga perlu diganti dan dilakukan perawatan dalam periode waktu tertentu. Kita sebagai pemilik mobil juga harus mengerti nih Otofriends perihal ban mobil yang kita gunakan dan juga jenis ban yang cocok dengan mobil kita.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pada saat akan membeli ban mobil dengan alasan untuk pergantian periodik, kita biasanya mencari ban mobil dengan bertanya ke penjual, mana ban yang bagus. Hal ini tidak salah Otofriends, namun kita juga perlu tahu nih spesifikasi dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan ban mobil yang akan kita beli itu.

Seperti kode pada ban mobil yang akan kita beli nantinya kita perlu tahu, apa sih makna dan arti dari kode ban mobil tersebut. Kita juga tahu ya Otofriends kalau ban mobil itu punya masa pakai yang bisa digunakan sampai kurun waktu tertentu, makanya ban sebagai komponen terluar mobil juga bisa mengalami penurunan kondisi dan harus diganti.

Cara Baca Kode Ban Mobil:

Biasanya ban mobil itu punya kode yang memiliki arti tersendiri di bagian pinggi dan tercetak timbul dengan rangkaian angka dan juga huruf. Arti dari kode tersebut adalah dari jenis, ukuran, dan juga batas kecepatan serta beban maksimal dari ban mobil itu sendiri. Dari kita mengetahui arti dari ban kode ban mobil itu bisa membantu kita biar gak salah dalam memilih ban dan tetap nyaman dalam mengemudi di jalan raya.

185/70 R 14 88S
185/70 R 14 88S

Contoh dari kode 185 / 70 R 14  88 S, Cara membacanya adalah:

#1: Kode 185 Merupakan Kode “Lebar Ban”.

Arti dari kode yang pertama dari contoh yang akan kita bahas adalah merupakan lebar dari tapak ban dengan satuan milimeter. Mengartikan bahwa lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Angka ini penting karena memberi tahu seberapa besar sebuah ban mobil itu.

Baca juga: 5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2023

#2: Kode 70 Merupakan Kode “Rasio Ban”

Kode kedua ini merupakan rasio ban satuan tinggi dari angka yang muncul setelah dari garis miring di ban mobil. Angka 70 ini merupakan ukuran tinggi ban dan ditentukan berdasarkan dari rasio angka lebar sebelumnya. Arti mudahnya adalah persentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

#3: Kode Huruf R Merupakan Kode “Jenis Dari Konstruksi Ban”.

Kalau kode ini merupakan tipe dari konstruksi pada ban mobil yang bersangkutan. Di mana huruf R pada contoh ini merupakan lapisan ban Radial yang merupakan tipe umum pada ban mobil jenis penumpang yang digunakan sehari-hari. Pada umumnya, ban dibagi menjadi dua yaitu radial dan bias dan dibedakan berdasarkan bentuk penjalinan benang yang menjadi konstruksinya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kode 14 Merupakan Kode “Diameter Velg”

Selanjutnya akan diikuti oleh angka kembali, kalau contoh ini adalah 14 artinya besar diameter velg mobil yang akan dipasang pada ban. Jika tertulis 14, maka harus dimasukkan ke ban dengan ukuran ring 14 juga. Untuk ukuran umumnya ban mobil mulai dari 12 sampai pada 22 inci.

#5: Kode 88 Merupakan Kode “Indeks Beban Muatan”

Tabel Indeks Beban Muatan
Tabel Indeks Beban Muatan

Kode setelah kode diameter velg biasanya adalah kode indeks beban muatan ban. Contoh 88 ini menunjukkan beban maksimal yang bisa ditopang ban mobil ini. Beban maksimal ini ditunjukkan dengan angka puluhan di belakang ukuran diameter ban. Dari angka 88 ini artinya ban bisa menahan total beban penumpang sampai 560 kg.

#6: Kode S Merupakan Kode “Kecepatan Ban Mobil”.

Tabel Kecepatan Ban Mobil
Tabel Kecepatan Ban Mobil

Kalau kode huruf yang satu ini memiliki arti batas kecepatan mobil yang bisa digunaka pada ban. Pada contoh ban mobil ini kodenya adalah S maka kecepatan maksimal yang bisa digunakan ban adalah 180 km/jam.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Kenapa Ban Mobil Bisa Pecah

beli mobil bekas di tokopedia

Pastikan ban mobil bekas yang akan dibeli adalah prima.

Sebagai konsumen saat kita ingin beli mobil bekas, kita juga perlu tahu bagaimana kondisi ban mobil. Untuk mengantisipasi mendapatkan mobil yang banyak kekurangan, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mendapatkan mobil dengan nilai terbaik.

Dengan menggunakan layanan independen ini, Otofriends bisa tahu apakah mobil yang ingin dibeli ini layak dipinang atau tidak. Semua hasil pengecekannya akan dikirimkan kepada Anda untuk memutuskan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan. Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan.
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya. Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas,
Baca Lebih Lanjut