Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Maret 28, 2022
By Thomas W
5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter-otospector

Mobil matic tidak bisa distarter sering jadi problem yang bikin pusing pemilik. Maklum, seringkali peristiwanya terjadi di tengah situasi yang kurang menguntungkan. Di saat sedang buru-buru atau saat berada di tempat yang tidak memungkinkan mendapat pertolongan.

Problem lainnya, menangani mobil matic tidak bisa distarter agak berbeda dengan mobil bertransmisi manual. Karena adanya fungsi pompa hidrolik tidak bekerja saat mesin mati, maka mendorong mobil matic akan membahayakan transmisi.

Bagi Otofriends pengguna matic, yuk kita lihat 5 penyebab mobil matic tidak bisa distarter berikut ini:

#1: Aki Mobil Soak

Aki Mobil

Inilah problem yang sering terjadi pada kasus mobil matic tidak bisa distarter, selain karena bahan bakar yang habis.

Aki yang menjadi sumber listrik tentu perannya sangat vital bagi pembakaran. Jika aki sudah melemah karena sudah melebihi usia pakainya, mesin juga akan susah menyala.

Usia pakai aki sangat bervariasi, tergantung kualitas dan perawatan. Namun umumnya bisa mencapai 2-3 tahun. Pada mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun, usia aki akan relatif lebih singkat.  

#2: Busi Kotor

Hindari Mogok Di Jalan, Beginilah Tips Perawatan Busi Mobil

Saat mobil distarter, busi merupakan komponen paling penting. Karena itu jika kondisinya kotor, mobil bisa susah hidup.

Debu dan kotoran pada busi dapat menghalangi percikan bunga api saat distarter. Karena itu, busi harus selalu diperiksa dan dibersihkan. Kotoran bisa dibersihkan dengan cara digosok dan pakai penetran khusus.

Penyebab bisa juga karena kondisi busi sudah sangat menurun. Akibatnya mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas dan harus menunggu turun dulu. Solusinya, busi harus diganti baru.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Biar Awet, Ini 6 Langkah Merawat Aki Kering Mobil


#3: Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Penyebab terbesar sehingga aliran bahan bakar tidak lancar biasanya terletak pada filter bensin yang sudah rusak. Komponen ini berfungsi sebagai penyaring yang memisahkan air dan kotoran dari bahan bakar.

Pada filter yang rusak, air maupun zat pengotor bahan bakar lain akan ikut terbawa ke mesin sehingga lama kelamaan alirannya tersumbat. Suplai bahan bakar semakin sedikit bahkan tidak ada sama sekali.

Pada pemakaian normal, filter bensin perlu diganti setelah sekitar 24.000 km.

#4: Masalah Pada Kunci Kontak

 

Mobil Bekas Diesel - Starter Mobil

Kunci kontak mobil (ignition switch) berfungsi menghubungkan mesin dengan aliran listrik. Jika komponen ini terganggu, maka tidak akan ada aliran listrik yang menuju mesin dan tidak mesin tidak akan bisa menyala.

Coba lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah aliran listrik bisa sampai mesin. Jika tidak sampai, cek apakah aliran listrik ada.

Jika masih ada aliran listrik, sebenarnya Otofriends bisa mencoba menyambungkannya langsung tanpa lewat kunci kontak. Namun jika ragu, sebaiknya bawa saja ke bengkel.

#5: Dinamo Starter Bermasalah

6 Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil Yang Wajib Diantisipasi

Dinamo starter (bukan dinamo ampere!) berperan dalam proses menghidupkan mesin. Namun komponen ini bisa bermasalah karena solenoidnya rusak, carbon brush habis, atau terbakarnya gulungan di dalam motor starter.

Kerusakan dinamo starter biasanya ditandai bunyi mesin yang kasar, tapi mobil tidak bisa distarter.

Dinamo yang rusak pada umumnya masih bisa diperbaiki. Kecuali jika mekanik tidak merekomendasikan, maka harus ganti baru.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ayo, Kenali 5 Ciri yang Menunjukkan Dinamo Ampere Mobil Bermasalah!

Bagaimana memastikan mobil matic bekas yang hendak kita beli ada dalam kondisi sehat dan tidak mengalami masalah saat distarter?

Karena tipe transmisinya, maka mobil-mobil matic memang sebaiknya memiliki fungsi starter yang sehat. Namun masalahnya pada mobil dengan usia yang sudah tidak muda lagi (di atas 7 tahun) kadang mulai terjadi keluhan pada beberapa komponen, terutama terkait kelistrikan.

Untuk memastikan kondisi sebuah mobil matic, pastikan Otofriends memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat di lebih dari 150 titik, maka Otofriends akan dapat memastikan kondisi mobil secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Mobil Pajero Sport Bekas Di Bawah 5 Tahun

Juni 28, 2022
Seiring perkembangan teknologi dan persaingan antar brand di kelas SUV, harga mobil Pajero Sport bekas terus mengalami penyesuaian. Penurunan harga untuk mobil tahun-tahun muda atau di bawah 5 tahun, bahkan sudah lebih dari 10 persen. Di kalangan pencinta SUV, popularitas Pajero Sport memang cukup tinggi. Di kelas Big SUV, awal tahun 2022, penjualannya ada di
Baca lebih lanjut

Ini 5 Indikasi Cross Joint Kopel Bermasalah

Juni 27, 2022
Cross joint kopel atau kadang disebut sebagai joint kopel saja, berfungsi menghubungkan dua poros yang tidak segaris sumbunya. Di mobil terdapat beberapa poros yang sumbunya tidak segaris. Contoh poros output transmisi dengan poros roda depan (pada mobil FWD) atau gardan (pada RWD). Karena faktor usia dari mobil, cross joint kopel bisa saja bermasalah. Adanya keausan
Baca lebih lanjut

Transmisi Otomatis Mobil Panjang Umur, Ini 5 Syaratnya!

Juni 25, 2022
Selama ini ada anggapan transmisi otomatis mobil tidak bisa berumur panjang. Artinya, transmisi ini punya usia pakainya masing-masing, sebelum akhirnya harus masuk bengkel untuk menjalani perbaikan yang cukup besar. Tentu saja konsekuensinya adalah biaya yang tidak murah. Akan tetapi menurut para mekanik di Astra Daihatsu Motor,dalam kondisi pemakaian normal dengan perawatan rutin, transmisi otomatis mobil
Baca lebih lanjut