Klik disini untukPesan Mobil Idaman

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Agustus 19, 2021
By Thomas W
5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021-otospector

Selalu saja ada orang bertanya, apa benar ada mobil sedan murah? Wajar kalau mereka heran. Soalnya pada saat kondisi baru, mobil sedan memang identik harga yang tinggi dan mewah.

Jika sudah menjadi mobil bekas, apalagi usia di atas 10 tahun, mobil sedan murah jelas bukan cuma impian. Harga sudah turun jauh, bahkan separuhnya, sementara kenyamanan dan kemewahannya masih bisa dinikmati optimal.

Biar gak penasaran, coba cek dulu, 5 mobil sedan murah rekomendasi Otospector berikut ini:

#1: Toyota Corolla Altis 1.8 2008 – Rp105 Juta

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Banyak yang berpendapat, Corolla Altis merupakan sedan yang “biasa-biasa saja”. Pendapat itu sebenarnya lebih dikarenakan medium sedan ini sering dibandingkan dengan saudara satu brand-nya, Camry, yang pastinya beda kelas.

Desainnya memang tidak terlalu istimewa, baik eksterior maupun interior. Tapi tidak jelek juga. Namun bicara soal akomodasi, kabinnya terbilang cukup lapang, ruang kaki dan ruang kepala cukup memadai. Ruang penyimpanan juga cukup banyak, jadi sangat praktis.

Dengan mesin 1.8 L (yang 2.0 L harga masih tinggi) Altis punya kelebihan dalam operasional yakni irit BBM, bantingan empuk, perawatan mudah dan murah, spare part gampang, dan putaran bawahnya responsif. Sementara kekurangannya ada pada putaran atas dan handling yang kurang mantap.

#2: Toyota Vios G AT 2010 – Rp100 Juta

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Meski ada sebagian konsumen yang enggan meliriknya dengan alasan pernah menjadi armada taksi, namun penjualan sedan di segmen sub-compact ini nyatanya cukup menggembirakan. Agak beda dengan pendahulunya yang sporty, Vios generasi kedua ini tampil lebih kalem, terkesan elegan.

Yang istimewa, fitur Vios varian G A/T ternyata paling lengkap di kelasnya, mulai dari Steering Wheel Audio Control, Electric Retractable Mirror, Engine Start/Stop Button, Keyless Entry, hingga MID. Bahkan fiturnya lebih lengkap dari Honda City GM2 yang harganya lebih tinggi.

Meski dimensi menyusut dibanding generasi sebelumnya, namun akomodasi Vios ini ternyata lebih baik. Berkat wheelbase yang lebih panjang, ruang kaki di baris kedua lebih baik. Bahan jok sudah pakai semi-bucket, tersedia center armrest, dan banyak penyimpanan kecil di sekeliling kabin.

Baca juga: Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya

#3: Toyota Camry G 2.4 2007 – Rp102 Juta

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Harus diakui, banyak orang yang penasaran memiliki mobil ini lantaran reputasi brand dan kemewahannya. Rasa itu tidak salah, karena meski usia sudah belasan tahun, kemewahan Camry tetap terjaga lantaran mobil ini umumnya terawat. Maklum, pemiliknya juga rata-rata bukan orang sembarangan.

Dengan kapasitas mesin yang cukup besar, 2.4 Liter, tentu jangan bicara tentang efisiensi BBM. Meski kenyataannya Camry tetap lebih irit dibanding kompetitornya, yakni rata-rata 9 km/liter untuk perkotaan. Nikmati saja tenaganya yang responsif baik putaran atas maupun bawah. Dengan segala fitur terbaik, kabin Camry tetap terbaik di kelasnya.

Sebagai mobil yang sudah cukup berumur, kelemahan Camry terutama pada sensor-sensor yang bermasalah. Keluhan biasanya juga di sektor kaki-kaki. Tapi yang paling penting, mesin rata-rata masih oke.

#4: Honda Accord VTI 2.4 2008  – Rp105 Juta

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Bukan cuma sekadar sedan premium, orang akan selalu berpendapat bahwa desain Accord VTI tidak akan pernah mati. Bahkan sampai hari ini, lebih dari 13 tahun umurnya, tongkrongan mobil ini tetap terasa mewah, tak kalah dengan sedan generasi terakhir.

Membicarakan Accord, wajar jika orang juga akan membandingkan dengan rivalnya, Camry. Dari spesifikasi teknis, karena berada di kelas yang sama, masing-masing punya plus-minus. Tak heran, soal power, akselerasi, handling dan performa, keduanya juga relatif sama.

Perbedaan akhirnya lebih pada karakter Accord yang lebih aktif dan dinamis. Dengan setelan suspensi yang lebih keras namun pas, Accord terasa relatif lebih stabil terutama pada kecepatan tinggi. Karena itu mobil ini lebih cocok untuk para car enthusiast.  

#5: Chevrolet Cruze LTZ 1.8 2010 – Rp95 Juta

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp100 Jutaan Per Agustus 2021

Di antara 5 rekomendasi kali ini, Cruze adalah yang paling tidak populer. Meski begitu sedan ini sebenarnya tak bisa dipandang remeh jika disimak build quality-nya yang cukup lumayan, seperti lazimnya produk-produk otomotif dari Amerika.

Tongkrongan Cruze sudah terasa berbeda karena terkesan kokoh dan bongsor. Desain bodi yang berkesan sporty ini sebanding dengan performa mesin yang cukup lumayan, bertenaga 141 PS dan torsi 176 Nm. Ditunjang teknologi DCVCP (VVTI-nya Chevrolet) konsumsi BBM-nya tergolong efisien (11 km/liter dalam kota) dengan emisi gas buang rendah.

Bukan hanya lantaran APM Chevrolet yang sudah hengkang tahun 2020, sejak awal penjualan, harga Cruze memang sudah paling rendah di kelasnya. Sayangnya, strategi harga ini tak lantas mampu mendorong penjualan Cruze yang hanya bertahan 2 tahun saja.

Baca juga: Bingung Pilih Sedan atau Hatchback? Jangan Putuskan Sebelum Baca Pertimbangan Ini

Bagaimana cara memilih mobil sedan murah agar kondisinya tidak mengecewakan?

Meski sudah berumur, mobil sedan terutama pada kelas menengah dan premium kondisinya rata-rata cukup terawat. Mobil jenis ini umumnya juga dipakai di perkotaan, sehingga odometer relatif rendah.

Kelemahan yang sering dikeluhkan biasanya pada kaki-kaki, mengingat pemakaian dan faktor perawatan. Namun perlu diperhatikan, penggantian komponen-komponen di sektor ini cukup menguras kantong.

Untuk memastikan kondisi mobil sedan murah yang jadi incarannya Otofriends, jangan ragu untuk memakai jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Inspektor Otospector yang bekerja profesional dengan prosedur pemeriksaan mendetail, akan membuat Otofriends memiliki gambaran jelas tentang kondisi sebuah mobil bekas.

Satu keistimewaan lagi, setiap mobil bekas yang lulus inspeksi Otospector, akan mendapat garansi mesin dan transmisi minimal 30 hari. Pakai mobil bekas, jadi semakin tenang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya