Pilih Sedan atau Hatchback? Baca Dulu 5 Pertimbangan Ini

September 30, 2020
By Thomas W
Pilih Sedan atau Hatchback? Baca Dulu 5 Pertimbangan Ini-otospector

Bisa jadi ada calon pembeli mobil yang bingung memilih antara membeli sedan atau hatchback. Atau mungkin Anda mengalaminya sendiri? Wajar saja karena dari segi bentuk dan kenyamanan, kedua jenis mobil ini seolah-olah seperti setara. Padahal, saat sudah mencoba sendiri, baru terasa ada perbedaan.

Namun kalau kita teliti lebih dalam, ada beberapa pertimbangan yang wajib diketahui sebelum memutuskan memilih satu di antara keduanya. Semua ini terkait dengan kebutuhan dan keperluan penggunaan mobil itu nantinya. Simak ya faktanya:

#1: Perbedaan desain

Pilih Sedan atau Hatchback

Umumnya desain sedan memang lebih cantik dibanding hatchback, lantaran memang diperuntukkan bagi konsumen yang lebih matang. Dari tingkat sosial ekonomi, umumnya segmen ini juga lebih mapan. Dalam pemakaian sehari-hari, sedan memang lebih cocok digunakan oleh kalangan eksekutif dan profesional, sebagai pendamping gaya hidup sehari-hari.

Sementara desain hatchback lebih terkesan aktif dan memang menyasar pasar anak muda. Konon pengguna hatchback pada umumnya adalah kalangan mahasiswa atau rumah tangga muda, yang selalu dinamis dalam aktivitas sehari-hari. Tak heran kalau desain hatchback terlihat lebih agresif, sporty, dan tegas.

#2: Kekuatan dan efisiensi

Sasis Tangga Mobil

Dibandingkan sedan, hatchback punya keunggulan dalam hal operasional karena lebih terkesan lincah dan gesit. Beberapa kalangan berpendapat, jenis mobil ini sangat cocok untuk menjelajah kawasan perkotaan yang banyak didominasi kepadatan lalu lintas atau jalan-jalan yang relatif sempit.

Antara sedan dan hatchback memang memiliki perbedaan soal berat dan dimensi. Akan tetapi kondisi itu ternyata tidak membuat konsumsi BBM-nya menjadi berbeda jauh. Masih sama-sama irit dan efisien.

Baca juga: Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya

#3:  Perbedaan kapasitas kabin

Mobil Keluarga 2

Bagi sebagian orang, ruang penyimpanan bagasi punya arti penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karena itu mereka membutuhkan ruang yang luas dan fleksibel.

Antara sedan dan hatchback, memang terdapat perbedaan kapasitas satu sama lain. Untuk area penyimpanan di bagasi, pada umumnya sedan memang memiliki kapasitas lebih luas. Namun hatchback ternyata punya keunggulan lain, yakni konfigurasi kabinnya sangat fleksibel untuk ditempati berbagai jenis barang.

Kondisi inilah yang membuat hatchback unggul jikalau ingin membawa barang-barang dengan dimensi yang cukup besar seperti almari, kursi, atau sepeda lipat. Dari fakta ini, silakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

#4: Perbedaan harga

Pilih Sedan atau Hatchback

Dari sisi harga, sedan memiliki rentang harga yang sangat lebar, mulai dari ratusan juta sampai miliaran rupiah. Harga akan sangat berpengaruh pada banyaknya pilihan, faktor kenyamanan, keselamatan, serta fitur-fitur yang bisa didapatkan.

Situasinya agak berbeda dengan hatchback yang rentang harganya tidak terlalu lebar. Akibatnya, dari sisi fasilitas dan fitur, pada umumnya hatchback memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Terutama pada mobil-mobil yang usianya tak terpaut jauh.

Namun menariknya, perlu disadari juga bahwa dalam tingkatan harga yang sama, umumnya hatchback masih menawarkan keunggulan lebih dibanding sedan.

#5: Perbedaan daya tawar

Beli Mobil Bekas Balai Lelang

Menilik kondisi pasaran mobil bekas di Indonesia, sejauh ini hatchback masih bisa dikatakan relatif lebih stabil dibanding sedan. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti banyaknya varian, model, harga, tren, segmentasi pasar yang dituju, dll.

Secara umum, hatchback juga relatif disukai oleh orang Indonesia sehingga peminatnya juga lebih tinggi. Kondisi ini selain berpengaruh pada harga, juga membuat hatchback punya daya tawar yang tinggi dalam pasar jual-beli mobil bekas.

Baca juga: Kredit Mobil Juga Bisa Menguntungkan. Cek 4 Faktanya!

Memilih jenis mobil yang sesuai memang membutuhkan kecermatan, karena harus disesuaikan dengan kebutuhan serta fungsinya sehari-hari. Antara sedan dan hatchback mungkin terkesan hanya ada sedikit perbedaan, namun dalam operasionalnya sehari-hari, keduanya tentu punya keunggulannya masing-masing.

Memilih antara sedan dan hatchback memang penting. Namun lebih penting adalah mendapatkan mobil tersebut dalam kondisi yang terbaik. Karena itu, pastikan semua itu dengan menggunakan jasa layanan inspeksi mobil bekas yang terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends? Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan
Baca Lebih Lanjut

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut

Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2024

Januari 15, 2024
Toyota Agya merupakan salah satu produk low cost green car (LCGC) kerjasama Toyota dan Daihatsu yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Agya dapat dikatakan sebagai mobil yang ideal untuk penggunaan pribadi atau keluarga kecil. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, Toyota Agya terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020. Meski begitu mobil ini tetap ada berbagai
Baca Lebih Lanjut