Pilih Sedan atau Hatchback? Baca Dulu 5 Pertimbangan Ini

September 30, 2020
By Thomas W
Pilih Sedan atau Hatchback? Baca Dulu 5 Pertimbangan Ini-otospector

Bisa jadi ada calon pembeli mobil yang bingung memilih antara membeli sedan atau hatchback. Atau mungkin Anda mengalaminya sendiri? Wajar saja karena dari segi bentuk dan kenyamanan, kedua jenis mobil ini seolah-olah seperti setara. Padahal, saat sudah mencoba sendiri, baru terasa ada perbedaan.

Namun kalau kita teliti lebih dalam, ada beberapa pertimbangan yang wajib diketahui sebelum memutuskan memilih satu di antara keduanya. Semua ini terkait dengan kebutuhan dan keperluan penggunaan mobil itu nantinya. Simak ya faktanya:

#1: Perbedaan desain

Pilih Sedan atau Hatchback

Umumnya desain sedan memang lebih cantik dibanding hatchback, lantaran memang diperuntukkan bagi konsumen yang lebih matang. Dari tingkat sosial ekonomi, umumnya segmen ini juga lebih mapan. Dalam pemakaian sehari-hari, sedan memang lebih cocok digunakan oleh kalangan eksekutif dan profesional, sebagai pendamping gaya hidup sehari-hari.

Sementara desain hatchback lebih terkesan aktif dan memang menyasar pasar anak muda. Konon pengguna hatchback pada umumnya adalah kalangan mahasiswa atau rumah tangga muda, yang selalu dinamis dalam aktivitas sehari-hari. Tak heran kalau desain hatchback terlihat lebih agresif, sporty, dan tegas.

#2: Kekuatan dan efisiensi

Sasis Tangga Mobil

Dibandingkan sedan, hatchback punya keunggulan dalam hal operasional karena lebih terkesan lincah dan gesit. Beberapa kalangan berpendapat, jenis mobil ini sangat cocok untuk menjelajah kawasan perkotaan yang banyak didominasi kepadatan lalu lintas atau jalan-jalan yang relatif sempit.

Antara sedan dan hatchback memang memiliki perbedaan soal berat dan dimensi. Akan tetapi kondisi itu ternyata tidak membuat konsumsi BBM-nya menjadi berbeda jauh. Masih sama-sama irit dan efisien.

Baca juga: Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya

#3:  Perbedaan kapasitas kabin

Mobil Keluarga 2

Bagi sebagian orang, ruang penyimpanan bagasi punya arti penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karena itu mereka membutuhkan ruang yang luas dan fleksibel.

Antara sedan dan hatchback, memang terdapat perbedaan kapasitas satu sama lain. Untuk area penyimpanan di bagasi, pada umumnya sedan memang memiliki kapasitas lebih luas. Namun hatchback ternyata punya keunggulan lain, yakni konfigurasi kabinnya sangat fleksibel untuk ditempati berbagai jenis barang.

Kondisi inilah yang membuat hatchback unggul jikalau ingin membawa barang-barang dengan dimensi yang cukup besar seperti almari, kursi, atau sepeda lipat. Dari fakta ini, silakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

#4: Perbedaan harga

Pilih Sedan atau Hatchback

Dari sisi harga, sedan memiliki rentang harga yang sangat lebar, mulai dari ratusan juta sampai miliaran rupiah. Harga akan sangat berpengaruh pada banyaknya pilihan, faktor kenyamanan, keselamatan, serta fitur-fitur yang bisa didapatkan.

Situasinya agak berbeda dengan hatchback yang rentang harganya tidak terlalu lebar. Akibatnya, dari sisi fasilitas dan fitur, pada umumnya hatchback memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Terutama pada mobil-mobil yang usianya tak terpaut jauh.

Namun menariknya, perlu disadari juga bahwa dalam tingkatan harga yang sama, umumnya hatchback masih menawarkan keunggulan lebih dibanding sedan.

#5: Perbedaan daya tawar

Beli Mobil Bekas Balai Lelang

Menilik kondisi pasaran mobil bekas di Indonesia, sejauh ini hatchback masih bisa dikatakan relatif lebih stabil dibanding sedan. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti banyaknya varian, model, harga, tren, segmentasi pasar yang dituju, dll.

Secara umum, hatchback juga relatif disukai oleh orang Indonesia sehingga peminatnya juga lebih tinggi. Kondisi ini selain berpengaruh pada harga, juga membuat hatchback punya daya tawar yang tinggi dalam pasar jual-beli mobil bekas.

Baca juga: Kredit Mobil Juga Bisa Menguntungkan. Cek 4 Faktanya!

Memilih jenis mobil yang sesuai memang membutuhkan kecermatan, karena harus disesuaikan dengan kebutuhan serta fungsinya sehari-hari. Antara sedan dan hatchback mungkin terkesan hanya ada sedikit perbedaan, namun dalam operasionalnya sehari-hari, keduanya tentu punya keunggulannya masing-masing.

Memilih antara sedan dan hatchback memang penting. Namun lebih penting adalah mendapatkan mobil tersebut dalam kondisi yang terbaik. Karena itu, pastikan semua itu dengan menggunakan jasa layanan inspeksi mobil bekas yang terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Mei 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut

5 Pilihan Mobil Yang Cocok Untuk Campervan

Mei 27, 2024
Agak berbeda dengan mobil-mobil biasa, mobil untuk campervan memang punya spesifikasi sendiri. Yang terutama, tentu saja mobil harus punya ruang yang cukup luas. Harus bisa menampung seluruh keluarga serta barang-barang bawaan selama liburan di alam terbuka. Selain itu, mobil juga tetap memiliki fitur-fitur kenyamanan seperti AC dan sistem audio. Mesinnya juga harus kuat dan harus
Baca Lebih Lanjut

5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

Mei 25, 2024
Seringkali orang tidak menyadari, selain menunjang kenyamanan, shockbreaker mobil juga berperan besar dalam keselamatan berkendara. Sebab kondisi shockbreaker pada dasarnya juga berpengaruh pada pengendalian (handling) saat mobil berjalan. Jadi kalau komponen ini bermasalah, risiko kecelakaan juga akan membesar. Istilah shockbreaker sendiri masih terlalu umum. Komponen ini sebenarnya ada dua jenis yakni shock absorber dan strut.
Baca Lebih Lanjut