;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Bingung Pilih Sedan atau Hatchback? Jangan Putuskan Sebelum Baca Pertimbangan Ini

September 30, 2020
By Thomas W
Bingung Pilih Sedan atau Hatchback? Jangan Putuskan Sebelum Baca Pertimbangan Ini-otospector

Bisa jadi ada calon pembeli mobil yang bingung memilih antara membeli sedan atau hatchback. Atau mungkin Anda mengalaminya sendiri? Wajar saja karena dari segi bentuk dan kenyamanan, kedua jenis mobil ini seolah-olah seperti setara. Padahal, saat sudah mencoba sendiri, baru terasa ada perbedaan.

Namun kalau kita teliti lebih dalam, ada beberapa pertimbangan yang wajib diketahui sebelum memutuskan memilih satu di antara keduanya. Semua ini terkait dengan kebutuhan dan keperluan penggunaan mobil itu nantinya. Simak ya faktanya:

#1: Perbedaan desain

Umumnya desain sedan memang lebih cantik dibanding hatchback, lantaran memang diperuntukkan bagi konsumen yang lebih matang. Dari tingkat sosial ekonomi, umumnya segmen ini juga lebih mapan. Dalam pemakaian sehari-hari, sedan memang lebih cocok digunakan oleh kalangan eksekutif dan profesional, sebagai pendamping gaya hidup sehari-hari.

Sementara desain hatchback lebih terkesan aktif dan memang menyasar pasar anak muda. Konon pengguna hatchback pada umumnya adalah kalangan mahasiswa atau rumah tangga muda, yang selalu dinamis dalam aktivitas sehari-hari. Tak heran kalau desain hatchback terlihat lebih agresif, sporty, dan tegas.

#2: Kekuatan dan efisiensi

Sasis Tangga Mobil

Dibandingkan sedan, hatchback punya keunggulan dalam hal operasional karena lebih terkesan lincah dan gesit. Beberapa kalangan berpendapat, jenis mobil ini sangat cocok untuk menjelajah kawasan perkotaan yang banyak didominasi kepadatan lalu lintas atau jalan-jalan yang relatif sempit.

Antara sedan dan hatchback memang memiliki perbedaan soal berat dan dimensi. Akan tetapi kondisi itu ternyata tidak membuat konsumsi BBM-nya menjadi berbeda jauh. Masih sama-sama irit dan efisien.

Baca juga: Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya

#3:  Perbedaan kapasitas kabin

Mobil Keluarga 2

Bagi sebagian orang, ruang penyimpanan bagasi punya arti penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karena itu mereka membutuhkan ruang yang luas dan fleksibel.

Antara sedan dan hatchback, memang terdapat perbedaan kapasitas satu sama lain. Untuk area penyimpanan di bagasi, pada umumnya sedan memang memiliki kapasitas lebih luas. Namun hatchback ternyata punya keunggulan lain, yakni konfigurasi kabinnya sangat fleksibel untuk ditempati berbagai jenis barang.

Kondisi inilah yang membuat hatchback unggul jikalau ingin membawa barang-barang dengan dimensi yang cukup besar seperti almari, kursi, atau sepeda lipat. Dari fakta ini, silakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

#4: Perbedaan harga

Dari sisi harga, sedan memiliki rentang harga yang sangat lebar, mulai dari ratusan juta sampai miliaran rupiah. Harga akan sangat berpengaruh pada banyaknya pilihan, faktor kenyamanan, keselamatan, serta fitur-fitur yang bisa didapatkan.

Situasinya agak berbeda dengan hatchback yang rentang harganya tidak terlalu lebar. Akibatnya, dari sisi fasilitas dan fitur, pada umumnya hatchback memang tidak jauh berbeda satu sama lain. Terutama pada mobil-mobil yang usianya tak terpaut jauh.

Namun menariknya, perlu disadari juga bahwa dalam tingkatan harga yang sama, umumnya hatchback masih menawarkan keunggulan lebih dibanding sedan.

#5: Perbedaan daya tawar

Beli Mobil Bekas Balai Lelang

Menilik kondisi pasaran mobil bekas di Indonesia, sejauh ini hatchback masih bisa dikatakan relatif lebih stabil dibanding sedan. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti banyaknya varian, model, harga, tren, segmentasi pasar yang dituju, dll.

Secara umum, hatchback juga relatif disukai oleh orang Indonesia sehingga peminatnya juga lebih tinggi. Kondisi ini selain berpengaruh pada harga, juga membuat hatchback punya daya tawar yang tinggi dalam pasar jual-beli mobil bekas.

Baca juga: Kredit Mobil Juga Bisa Menguntungkan. Cek 4 Faktanya!

Memilih jenis mobil yang sesuai memang membutuhkan kecermatan, karena harus disesuaikan dengan kebutuhan serta fungsinya sehari-hari. Antara sedan dan hatchback mungkin terkesan hanya ada sedikit perbedaan, namun dalam operasionalnya sehari-hari, keduanya tentu punya keunggulannya masing-masing.

Memilih antara sedan dan hatchback memang penting. Namun lebih penting adalah mendapatkan mobil tersebut dalam kondisi yang terbaik. Karena itu, pastikan semua itu dengan menggunakan jasa layanan inspeksi mobil bekas yang terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Beraktivitas Dengan Kendaraan Di Masa New Normal, Mungkin Hal-hal Ini Tidak Terpikirkan!

Juli 15, 2020
Memasuki masa New Normal, kita memiliki pilihan untuk beraktivitas kembali sambil tetap menjalankan protokol kesehatan yang benar. Tentu tujuannya agar kita terhindar dari virus Corona, serta mencegah penyebarannya menjadi lebih luas. Salah satu aktivitas kita sehari-hari kemungkinan akan berhubungan dengan kendaraan, terutama kendaraan pribadi. Apa yang bisa diperhatikan selama masa Pandemi ini terhadap kendaraan dan
Baca Lebih Lanjut

Jual-Beli Mobil Bekas Sempat Alami Kelesuan, Simak Faktor-faktornya!

Juni 30, 2020
Setidaknya dalam 4 bulan terakhir, pasar jual-beli mobil bekas mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dealer atau showroom tampak kesulitan menjual barang-barang mereka, sementara para penjual mobil bekas perorangan kesulitan memasang harga yang wajar saat hendak menjual mobil mereka. Dikutip dari Kompas.com, ada sebuah studi bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Masa Normal Baru yang Survei
Baca Lebih Lanjut

Cara Baru Beli Mobil Bekas Di Masa New Normal

Juni 29, 2020
Wabah Covid-19 memang belum berlalu, namun pemerintah sudah berencana menerapkan pelonggaran Pembatasan Sosial atau biasa disebut era “New Normal”. Masyarakat sudah boleh beraktivitas secara terbatas, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona. Memasuki era “New Normal”, konsumen mobil bekas bisa tetap jaga jarak dan membatasi keluar rumah dengan menggunakan layanan inspeksi
Baca Lebih Lanjut

Free Fogging, Jaminan Mobil Bebas Kuman Kerjasama Otospector dan Dokter Mobil

Juni 29, 2020
Otospector bekerja sama dengan Dokter Mobil mengadakan program Free Fogging atau pengasapan secara gratis bagi mobil-mobil yang diinspeksi oleh Otospector. Program ini dimaksudkan untuk menjamin kebersihan mobil sehubungan dengan adanya wabah Covid-19. Free Fogging dilakukan dengan cara menyemprotkan asap atau pengasapan dengan disinfektan sehingga kuman, virus, dan bibit penyakit lainnya dapat dihilangkan.  Setelah pengasapan, maka
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya