5 Mobil MPV Bekas Yang Masih Berjaya Di Tahun 2022

Desember 27, 2021
By Thomas W
5 Mobil MPV Bekas Yang Masih Berjaya Di Tahun 2022-otospector

Mobil MPV bekas agaknya masih menjadi primadona di pasar otomotif saat memasuki tahun 2022. Ramalan ini antara lain dari masih perkasanya mobil-mobil segmen ini beberapa tahun terakhir, baik pada pasar mobil baru maupun bekas.

Meski sudah banyak pendatang baru bermunculan, khusus di segmen mobil MPV bekas, merek-merek lama yang sudah mapan agaknya masih akan mendominasi pasar. Selain karena faktor brand yang sudah mendapat tempat di hati konsumen, secara teknis produk-produknya juga sudah teruji selama bertahun-tahun.

Inilah 5 Mobil MPV bekas hasil pemantauan Otospector yang diperkirakan masih akan berbicara di tahun 2022. Semuanya masih berusia 5 tahunan:

#1:  Toyota Kijang Innova 2017 AT – Rp355 juta

5 Mobil MPV Bekas Yang Masih Berjaya Di Tahun 2022

Boleh dikatakan predikat Innova sebagai rajanya MPV belum tergoyahkan. Terutama dengan adanya Innova generasi kedua yang biasa disebut Innova Reborn. Market share-nya hingga hari ini masih mencapai 80 persen.

Dibanding generasi sebelumnya, lekukan bodi Innova produksi 2017 terasa sangat artistik dengan kesan aerodinamis yang kuat. Di dalam kabin, kesan elegan dan kenyamanan masih bisa dipertahankan.

Sementara desain modern pada panel-panel dashboard, termasuk steering wheel dengan beragam tombol fungsionalnya, membuat Innova semakin terasa sebagai mobil berkelas.

#2: Suzuki Ertiga 2017 GX AT – Rp130 Juta

Info Harga Mobil Ertiga Bekas Per November 2021

Dibanding generasi terdahulu, pada Ertiga produksi 2017 ini sudah dilakukan perbaikan di berbagai titik seperti headlamp yang lebih stylish, chrome back door garnish, desain baru velg alloy wheel, serta black bezel fog lamp. Sementara di dalam kabin, nuansa cenderung lebih gelap.

Dari sisi fitur juga ada beberapa pembenahan seperti sensor parkir, keyless entry, immobilizer, dual front SRS airbag, side impact beam, charger socket pada baris kedua, dan tombol audio steering switch. Pada generasi ini kursi baris ketiga juga dapat dipisah 50:50 untuk memaksimalkan penempatan barang.

Dengan mesin tipe K14B DOHC, 4 silinder, 1.400 cc, Variavle Valve Timing (VVT), multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain dan Drive by Wire Technology membuat Ertiga tergolong paling irit. Konsumsi BBM untuk dalam kota bisa mencapai 12-14 km per liter.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Harga Mobil MPV Relatif Stabil, 5 Tahun Turunnya Segini

#3:  Honda Mobilio RS CVT Facelift 2017 – Rp180 Juta

Cek Harga Mobilio Bekas Per September 2021, Mulai Rp110 Juta

Dari sisi desain, Mobilio produksi 2017 ini terlihat berbenah dari sisi desain. Antara lain tampak dari gril tebal dibalut warna chrome dan warna hitam untuk versi RS. Lampu utamanya masih halogen, namun sudah ada DRL di sampingnya. Luasnya kabin masih jadi poin plus di mana semua penumpang dewasa bisa leluasa hingga baris ketiga.

Sementara itu dari sisi fitur memang sangat standar. Antara lain ABS + EBD, AC Otomatis, dan Head Unit biasa. Namun dari sisi keselamatan, sudah ada G-CON sebagai peredam benturan dan Ace sebagai pelindung dari tabrakan dari kendaraan yang berbeda ukuran.

Dengan mesin 1.5 L, 4 silinder, 16 katup i-VTEC + DBW, Mobilio patut diacungi jempol untuk efisiensi bahan bakar. Catatan rata-rata adalah 13 km per liter untuk perkotaan.

#4: Toyota Avanza G AT 2017 – Rp140 juta

5 Mobil MPV Bekas Yang Masih Berjaya Di Tahun 2022

Muncul di pasar dengan menyandang nama “Grand New”, terasa sangat tepat untuk Avanza generasi ketiga ini. Terutama karena adanya pembaruan pada headlamp, grill, side moulding, stoplamp, dan lampu spoiler.

Dari sisi interior, juga banyak perubahan di dalam kabin yang tampak semakin mewah. Adanya indikator ECO, penambahan fitur cabin quietness sebagai peredaman bunyi, membuat mobil ini semakin layak diperhitungkan di jajaran MPV.

Ketatnya persaingan di segmen low MPV tak pelak membuat harga Avanza yang semula dikenal stabil, kini mulai terdepresiasi cukup dalam. Namun inilah justru kesempatan bagi konsumen yang lama mengidam-idamkannya.

#5: Mitsubishi Xpander 2018 AT – Rp205 juta.

Harga Xpander Bekas Turun Jauh, Ada Yang 160 Jutaan

Sebagai pendatang baru, Xpander layak disebut sebagai penantang Toyota Avanza yang paling berhasil. Keunggulannya bukan saja disebabkan desain yang futuristik dengan tarikan garis-garis tegas, namun juga beragam fitur fungsional.

Xpander tercatat sebagai mobil berfitur terlengkap di kelasnya. Fitur keselamatan paling dasar ada di semua tipe yakni ABS, EBD, dan dual airbag. Dari sisi keamanan ada immobilizer yang menjamin kunci kendaraan tidak mudah digandakan.

Masih ada lagi fitur keselamatan aktif di antaranya emergency stop signal, active stability control, dan hill start assist. Sedangkan fitur keselamatan pasif di antaranya ada sabuk keselamatan dengan pretension dan force limiter, serta Isofix pada bangku anak.

Jual Santai Otospector

Baca juga: Harga Mobil MPV Bekas Di Bawah 5 Tahun Per April 2021

Di manakah kita bisa memilih dan mendapatkan mobil MPV bekas yang berkualitas baik dan bergaransi?

Jika Otofriends memang berminat terhadap mobil jenis MPV, maka silakan mencarinya di apps OTOS dari Otospector. Di aplikasi tersebut tersedia ribuan mobil dari ratusan dealer yang siap memberi Otofriends berbagai pilihan dengan harga terbaik.

Membeli mobil di OTOS sangat menguntungkan karena mobil dijamin berkualitas lantaran sudah lulus inspeksi, bebas dari tabrakan hebat serta bebas dari terendam banjir. Lebih penting lagi, setiap mobil yang ditawarkan juga bergaransi satu tahun.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut