5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
By Getan Metodius
5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil-otospector

Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut.

contoh nomor rangka mobil

Sumber: Auksi

Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di kantor polisi untuk sekedar memastikan jika kendaraan yang kamu beli itu bukan hasil dari pencurian, hasil dari pasar gelap, atau modifikasi. Dan informasi ini juga sangat berguna jika kamu ingin membeli kendaraan bekas.

Seperti yang kita ketahui bahwa nomor rangka kendaraan sangat penting untuk persyaratan bayar pajak mobil. Jika nomor kendaraan nya tidak valid, akan berpengaruh kan proses pembayaran pajak. Namun, apabila kendaraan kamu terbukti kendaraan yang ilegal, akan ada resiko nya karena akan terlibat ke dalam masalah hukum.

Jika kamu ingin membeli mobil bekas, kamu juga bisa cek nomor rangka kendaraan secara online. Hal ini dilakukan guna untuk menghindari indikasi kendaraan tidak resmi atau kendaraan tersebut pernah mengalami penggantian. 

beli mobil bekas di tokopedia

Cara mengetahui pengecekan nomor rangka kendaraan bisa di akses melalui situs web resmi SAMSAT menggunakan nomor rangka mobil yang ada di STNK.

Baca juga: Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

Melalui web tersebut kamu bisa menemukan informasi penting untuk data kendaraan, kondisi kendaraan, jumlah pemilik kendaraan sebelumnya, dan juga bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah kecelakaan atau tidak. 

aplikasi atau web samsat

Sumber: Samsatdigital

Lantas, bagaimana kamu bisa mengetahui nomor rangka tersebut? Dikarenakan setiap pabrik otomotif pasti menempatkan nomor rangka di tempat yang berbeda – beda.

Untuk tipe mobil yang monokok biasanya letak nomor rangka berada dibawah jok kursi depan, sedangkan untuk tipe mobil yang sasis, nomor rangka kendaraan akan terletak pada bagian sasisnya.

Dan jika dalam melihat nomor rangka tersebut kamu menemukan kode dengan huruf MHF di depannya, maka kendaraan tersebut diproduksi di Indonesia. Dan sedangkan kamu menemukan kode selain MHF berarti kendaraan tersebut diproduksi di luar negeri.

Berikut ini adalah cara cek nomor rangka mobil secara online

  1. Download aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta di smartphone kamu.
  2. Log in melalui akun Google kamu. Dan apabila kamu belum mempunyai akun, maka kamu bisa mendaftar terlebih dahulu.
  3. Ketika sedang sign in nanti kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta plat nomor kendaraan bermotor (nomor polisi). Lalu masukan nomor NIK, isi sesuai data pemilik kendaraan.
  4. Kemudian klik tombol cari di ikon kaca pembesar ya berwarna biru.
  5. Lalu nanti akan muncul informasi lengkap tentang nomor rangka kendaraan, pajak kendaraan, nomor polisi, serta informasi yang terkait.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Berikut ini cara cek nomor rangka kendaraan di luar Jakarta.

Cara ini cukup mudah untuk kamu yang sedang berada di luar Jakarta, kamu sudah bisa cek secara online untuk daerah lain melalui website resmi.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan serta masukan informasi lengkap terkait mobil kamu yang akan muncul di website tersebut. Dibawah ini website resmi yang bisa kamu akses.

Tetap waspada saat beli mobil bekas.

Untuk otofriends yang mau beli mobil bekas, perlu nih kamu perhatikan rangka mobil saat kamu mau membeli mobil bekas.

Disarankan kamu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar kamu mendapatkan pengecekan mobil bekas yang independen dan menyeluruh. 

Inspeksi mobil bekas akan membantu kamu memilih mana mobil yang patut kamu beli, manfaatkan promo pengecekan untuk 3 mobil langsung, cus hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mulai 250rb Biaya Perbaikan Untuk Pelek Mobil

Juni 26, 2024
Seperti yang kita ketahui pelek (Velg) mobil merupakan komponen yang cukup penting untuk mobil, lingkaran logam pada pelek berada di dalam roda mobil. Selain untuk estetika, ternyata pelek juga sangat berperan penting untuk menjadi tumpuan dari keempat roda ban mobil. Posisi pelek mobil harus setara atau seimbang supaya roda mobil bisa berputar dan dapat melaju
Baca Lebih Lanjut

Mobil Sigra Bekas Harga 50 Juta

Juni 24, 2024
Sigra bekas harga 50 juta lagi jadi omongan paling seru di pasaran mobil bekas. Pasalnya, salah satu mobil andalan Daihatsu ini ternyata harganya sudah semakin terjangkau. Apalagi mobil ini pertama kali keluar adalah di tahun 2016, yang berarti rata-rata usianya masih relatif muda. Kalau Otofriends berminat untuk meminang Daihatsu Sigra bekas, memang ada beberapa hal
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Juni 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut