5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
By Getan Metodius
5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil-otospector

Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut.

contoh nomor rangka mobil

Sumber: Auksi

Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di kantor polisi untuk sekedar memastikan jika kendaraan yang kamu beli itu bukan hasil dari pencurian, hasil dari pasar gelap, atau modifikasi. Dan informasi ini juga sangat berguna jika kamu ingin membeli kendaraan bekas.

Seperti yang kita ketahui bahwa nomor rangka kendaraan sangat penting untuk persyaratan bayar pajak mobil. Jika nomor kendaraan nya tidak valid, akan berpengaruh kan proses pembayaran pajak. Namun, apabila kendaraan kamu terbukti kendaraan yang ilegal, akan ada resiko nya karena akan terlibat ke dalam masalah hukum.

Jika kamu ingin membeli mobil bekas, kamu juga bisa cek nomor rangka kendaraan secara online. Hal ini dilakukan guna untuk menghindari indikasi kendaraan tidak resmi atau kendaraan tersebut pernah mengalami penggantian. 

beli mobil bekas di tokopedia

Cara mengetahui pengecekan nomor rangka kendaraan bisa di akses melalui situs web resmi SAMSAT menggunakan nomor rangka mobil yang ada di STNK.

Baca juga: Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

Melalui web tersebut kamu bisa menemukan informasi penting untuk data kendaraan, kondisi kendaraan, jumlah pemilik kendaraan sebelumnya, dan juga bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah kecelakaan atau tidak. 

aplikasi atau web samsat

Sumber: Samsatdigital

Lantas, bagaimana kamu bisa mengetahui nomor rangka tersebut? Dikarenakan setiap pabrik otomotif pasti menempatkan nomor rangka di tempat yang berbeda – beda.

Untuk tipe mobil yang monokok biasanya letak nomor rangka berada dibawah jok kursi depan, sedangkan untuk tipe mobil yang sasis, nomor rangka kendaraan akan terletak pada bagian sasisnya.

Dan jika dalam melihat nomor rangka tersebut kamu menemukan kode dengan huruf MHF di depannya, maka kendaraan tersebut diproduksi di Indonesia. Dan sedangkan kamu menemukan kode selain MHF berarti kendaraan tersebut diproduksi di luar negeri.

Berikut ini adalah cara cek nomor rangka mobil secara online

  1. Download aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta di smartphone kamu.
  2. Log in melalui akun Google kamu. Dan apabila kamu belum mempunyai akun, maka kamu bisa mendaftar terlebih dahulu.
  3. Ketika sedang sign in nanti kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta plat nomor kendaraan bermotor (nomor polisi). Lalu masukan nomor NIK, isi sesuai data pemilik kendaraan.
  4. Kemudian klik tombol cari di ikon kaca pembesar ya berwarna biru.
  5. Lalu nanti akan muncul informasi lengkap tentang nomor rangka kendaraan, pajak kendaraan, nomor polisi, serta informasi yang terkait.
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Update Biaya Balik Nama dan Mutasi Mobil Terbaru 2024

Berikut ini cara cek nomor rangka kendaraan di luar Jakarta.

Cara ini cukup mudah untuk kamu yang sedang berada di luar Jakarta, kamu sudah bisa cek secara online untuk daerah lain melalui website resmi.

Kamu hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan serta masukan informasi lengkap terkait mobil kamu yang akan muncul di website tersebut. Dibawah ini website resmi yang bisa kamu akses.

Tetap waspada saat beli mobil bekas.

Untuk otofriends yang mau beli mobil bekas, perlu nih kamu perhatikan rangka mobil saat kamu mau membeli mobil bekas.

Disarankan kamu menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar kamu mendapatkan pengecekan mobil bekas yang independen dan menyeluruh. 

Inspeksi mobil bekas akan membantu kamu memilih mana mobil yang patut kamu beli, manfaatkan promo pengecekan untuk 3 mobil langsung, cus hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Mei 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal. Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut,
Baca Lebih Lanjut