Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli

Oktober 03, 2022
By Thomas W
Pentingnya Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Dibeli-otospector

Di masa lalu, mungkin tak banyak pembeli mobil bekas yang melakukan pengecekan mobil bekas sebelum memutuskan untuk membeli. Tapi akibatnya, mereka seperti membeli kucing dalam karung. Jika kebetulan kondisi mobilnya layak, maka pembeli akan untung. Tapi kalau kondisinya zonk, maka akan apes.

Di zaman sekarang, pengecekan mobil bekas tentu sudah jadi prosedur wajib. Maklum, saat ini antara mobil bekas yang punya potensi bermasalah dengan yang kondisinya layak, sulit untuk dikenali tanpa pengecekan yang mendetail.

Kira-kira apa manfaat yang bisa didapatkan dari pengecekan mobil bekas? Yuk kita lihat 4 faktanya:

#1:  Terlindungi Dari Penjual Nakal

Dealer mobil bekas
Showroom mobil bekas

Fakta ini jangan diartikan bahwa semua penjual mobil bekas cenderung berbuat curang. Namun rasanya wajar kalau mereka akan menjual hal-hal yang bagus barang dagangannya, sementara jika ada permasalahan akan cenderung disembunyikan.

Persoalan lain, calon pembeli mobil bekas pada umumnya bukan orang yang paham dan berpengalaman soal teknis otomotif. Wajar jika akhirnya para pedagang memanfaatkan ketidaktahuan ini. Apalagi jika barang dagangan mereka bermasalah.

Pengecekan mobil bekas dapat mengurangi kerugian akibat penjual yang selalu bermulut manis. Karena dari laporan dari jasa inspeksi mobil bekas, seperti misalnya Otospector, calon pembeli akan mendapat gambaran objektif tentang mobil yang hendak dibelinya.   

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Manfaat Pengecekan Mobil Bekas Sebelum Membelinya

 #2: Menghemat Waktu

Mekanik sedang mencoba memperbaiki mobil
Mekanik tengah memeriksa mobil bekas di bengkel

Dengan melakukan pengecekan mobil bekas, calon pembeli sebenarnya sudah menghemat banyak waktu dalam memilih mobil bekas. Karena mereka tidak perlu repot-repot lagi bepergian ke berbagai tempat untuk mengecek mobil yang hendak dibeli.

Cukup jasa inspeksi mobil bekas saja yang mendatangi dan melakukan inspeksi terhadap mobil yang diminati. Calon pembeli akan mendapatkan laporan mendetail tentang kondisi mobil dan dapat menjadi referensi terpercaya sebelum mengambil keputusan.

Dengan melakukan inspeksi ke beberapa unit mobil sekaligus, calon pembeli juga akan mendapat banyak pilihan mobil. Artinya peluang untuk mendapat unit dan harga terbaik juga akan semakin besar.

#3: Memberi Kepastian Kondisi Mobil

Inspeksi mobil bekas
Inspeksi mobil bekas

Pengecekan mobil bekas memberi satu hal penting yakni kepastian bahwa setiap komponen mobil berfungsi dengan baik. Meski statusnya mobil bekas, namun sangat mungkin kondisinya masih mendekati sempurna seperti baru. Hal ini tentu karena adanya perawatan dari pemilik lama.

Dalam inspeksi mobil bekas, jasa inspeksi mobil bekas, seperti Otospector akan mengikuti standar 150+ Poin Inspeksi OtoSpector yang mencakup seluruh komponen mobil. Inspeksi juga dilakukan dengan inspection tool kit yang  canggih dan lengkap seperti scanner modul computer (ECU) mobil dan juga perangkat lunak yang berisi checklist mengenai setiap bagian yang harus dicek.

Dengan profesionalitas inspektor serta peralatan yang memadai, maka dapat dipastikan setiap inspeksi dilakukan secara standar dan akurat. Tidak ada bagian mobil yang luput dari pengecekan sehingg hasilnya dapat menggambarkan kondisi mobil secara keseluruhan.

Satu lagi keuntungan dari Otospector adalah tersedianya mobil bekas bergaransi. Jika biasanya garansi hanya tersedia pada pembelian mobil baru, kini mobil bekas juga bisa menikmati garansi seandainya dalam pemakaian terjadi kendala pada mesin maupun transmisi.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Keuntungan Cari Mobil Bekas Lewat Aplikasi OTOS

#4: Mendapat Berbagai Kemudahan

Surat-surat kendaraan
Surat-surat kendaraan

Salah satu kendala ketika hendak memeriksa kondisi mobil incaran adalah Anda harus membawa mobilnya ke bengkel. Tentu bisa dibayangkan kerepotannya karena harus menunggu lama di bengkel. Apalagi showroom biasanya akan meminta down payment jika ingin membawa mobil keluar.

Dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas, maka inspektor yang akan datang ke lokasi mobil untuk memeriksa. Inspektor akan datang sesuai waktu dan tempat yang disepakati dan melakukan pemeriksaan selama sekitar 60 menit.

Kemudahan terakhir yang juga menjadi keuntungan adalah pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan. Terutama untuk mengecek apakah data yang ada di surat, sesuai dengan yang unitnya.  Aspek legalitas ini penting agar Otofriends tidak repot berurusan dengan masalah hukum di kemudian hari.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gimana Cara Cek Tarif Tol Secara Online 2024?

Januari 09, 2024
Siapa yang sering bepergian ke luar kota atau juga dalam kota dengan melewati jalan tol? Buat kamu yang sering bepergian dengan rute yang sering dilalui sebetulnya sangat mudah, atau bahkan hafal akan tarif tolnya. Tapi bagaimana jika suatu saat kamu ingin bepergian ke luar kota dan kamu tidak tahu akan tarif tol nya? Jalan tol
Baca lebih lanjut

Inilah Review Honda Civic Terbaru 2024

Januari 09, 2024
Honda Civic adalah salah satu mobil sedan yang paling populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang elegan, fitur yang lengkap, dan performa yang tangguh. Honda Civic sedan yang sekarang beredar merupakan generasi kesebelas. Diperkenalkan di Amerika Serikat pada April 2021 dan mulai dipasarkan pada 16 Juni 2021 untuk model tahun 2022. Sementara versi hatchback
Baca lebih lanjut

Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup. Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo
Baca lebih lanjut