2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024

Maret 06, 2024
By Getan Metodius
2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024-otospector

Mobil Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai salah satu mobil primadona di Indonesia. Penjualan mobil ini selalu menempati posisi 3 besar tiap tahun. Harga sparepart yang murah, perawatan yang simpel, mesin awet dan tahan banting, serta kapasitas penumpang yang sangat luas menjadi kelebihan Toyota Avanza sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Jika Otofriends sedang mencari mobil Toyota Avanza, berikut ini rekomendasi tipe terbaik yang bisa Otofriend beli. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Otofriends mengetahui seluruh tipe Toyota Avanza yang ada di pasaran terlebih dahulu.

Tipe Toyota Avanza

Hingga saat ini terdapat 4 jenis atau tipe mobil Toyota Avanza yang ada di pasaran. Keempat tipe tersebut adalah Avanza tipe E, tipe G, tipe S, dan Veloz. Tentu saja keempat tipe tersebut memiliki perbedaan masing-masing.

#1: Avanza tipe E

Toyota Avanza seri E
Toyota Avanza Terbaik Tipe E

Mobil Avanza tipe E merupakan mobil Avanza yang paling murah dan simpel. Karena memiliki harga paling terjangkau, tentu saja banyak fitur yang ada di seri Avanza lain tidak ada di tipe ini. Namun bukan berarti mobil ini tidak layak dibeli. Mobil Avanza seri E ini memiliki banyak kelebihan karena tergolong irit bahan bakar dengan kapasitas tangki 45 liter. Mobil ini menggunakan 4 silinder 16 valve DOHC pada mesin mobil Avanza yang dilengkapi dengan teknologi VVT-i kapasitas 1.300 cc.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: 4 Rekomendasi Avanza Second Di Jakarta

#2: Avanza tipe G

Toyota Avanza seri G
Avanza Terbaik Tipe G

Mobil Avanza tipe kedua yaitu tipe G. Tipe ini pertama kali muncul tahun 2003, bersamaan dengan tipe E. Akan tetapi jika dibandingkan dengan tipe E, Avanza tipe G bisa dikatakan memiliki fitur lebih lengkap. Maka tak heran jika mobil Avanza tipe ini merupakan yang paling laris di pasaran. Tentu saja dengan fitur yang lebih lengkap, maka Avanza tipe G dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Jika dibandingkan dengan seri E, Avanza seri G lebih sporty karena tambahan komponen seperti body kit yang terlihat mewah dan spoiler di bagian belakang. Beberapa fitur yang tidak ada pada seri E seperti lampu sein di bawah spion, list chrome pada lampu kabut, dan juga fitur parking sensor, sudah tersedia pada Avanza seri G.

#3: Avanza tipe S

Toyota Avanza Veloz
Avanza Tipe S

Tipe mobil Avanza selanjutnya adalah tipe S. Avanza tipe S pertama kali rilis tahun 2004 dan berhenti diproduksi pada tahun 2011 sebelum akhirnya berganti menjadi Veloz. Avanza 1.3 S hadir dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Sementara mesinnya yang menggunakan kode K3-VE sudah mengadopsi teknologi VVT-i dan tenaga maksimal sebesar 89 dk.

#4: Avanza Veloz

Toyota Avanza seri S
Veloz Jadi Favorid Para Pemburu Avanza Bekas

Tipe mobil Avanza yang terakhir adalah Veloz. Tipe ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011. Mobil Avanza varian Veloz menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE dengan tenaga maksimal sebesar 102 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Veloz hadir dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, dengan tetap mengandalkan penggerak roda belakang.

Sayangnya Avanza Veloz sudah berhenti diproduksi sejak tahun 2021. Pemberhentian ini bukan karena Avanza Veloz tidak laku, namun karena masalah produksi yang over kapasitas. Jadi saat ini produksi Veloz dipisah dan tidak lagi menjadi bagian dari Toyota Avanza. Jika anda ingin membeli tipe ini, maka anda akan mendapatkan mobil dengan tahun produksi sebelum 2021.

Tipe Avanza terbaik untuk dibeli

Dari keempat tipe di atas, mana tipe Avanza terbaik untuk dibeli? Jika pertimbangan utama Otofriends adalah masalah budget yang kecil, maka Avanza tipe G adalah pilihan terbaik. Namun jika Otofriends lebih mementingkan fitur yang lengkap dan canggih dengan kualitas mobil yang lebih baik tentu saja tipe Veloz adalah pilihan terbaik.

Avanza tipe G memiliki fitur yang lebih lengkap dan tampilan lebih sporty daripada tipe E namun dengan harga yang tidak terlalu jauh. Sebagai pembanding, Otofriends bisa mendapatkan mobil Avanza tipe E dengan tahun produksi 2013 di kisaran harga 100 juta. Sedangkan untuk Avanza tipe G dengan tahun produksi yang sama Otofriends bisa mendapatkannya dengan kisaran harga 120 juta.

Kemudian untuk Avanza Veloz, yang paling diunggulkan dari sisi fitur ialah fitur keselamatan yang disematkan sudah cukup lengkap. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah Dual SRS airbags, three point seatbelt, ditambahkan sistem rem tambahan ABS, serta memiliki kursi ISOFix dan untuk desain body samping sudah dilengkapi dengan adanya side impact beam yang akan meredam energi benturan dari samping. Dari sisi mesin juga tipe ini cukup oke, dengan bekalan mesin besar ditambah maintenance oli mobil avanza yang cukup terjangkau membuat tetap ramah di kantong.

Jadi itulah alasan mengapa Toyota Avanza tipe G dan Veloz bisa menjadi pilihan terbaik untuk Otofriends beli, baik dalam kondisi baru maupun bekas. Namun jika Otofriends ingin membeli mobil Avanza bekas, pastikan Otofriend telah melakukan inspeksi menyeluruh pada mobil yang akan dibeli.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Karena jika tidak, dikhawatirkan mobil tersebut pernah terendam banjir atau pernah mengalami tabrakan yang parah. Banyak Avanza second Jakarta namun tetap butuh kejelian dalam membeli Avanza second di Jakarta, agar tidak salah pilih beli mobil.

Untuk melakukan inspeksi mobil bekas secara menyeluruh, Otofriends bisa mempercayakannya pada jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Otospector akan memastikan seluruh bagian mobil mulai dari interior, eksterior, mesin dan transmisi, bahkan hingga surat-surat mobil tersebut dalam kondisi baik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Maret 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Maret 15, 2024
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca Lebih Lanjut