Download Aplikasi OTOS
Install

Waspada, Ini 5 Penyebab Kopling Mobil Selip

November 02, 2024
By Thomas W
Waspada, Ini 5 Penyebab Kopling Mobil Selip-otospector

Meski bertahun-tahun mengemudi, belum tentu pengemudi mengetahui pasti apa penyebab kopling mobil selip. Pengemudi tahunya gejala yang tidak beres saat memakai transmisi ketika mobil berjalan.

Singkatnya, kopling selip adalah kondisi di mana kampas kopling tidak mencengkeram dengan kuat pada flywheel. Akibatnya tenaga mesin tidak tersalurkan secara efektif ke transmisi.

Pengemudi akan merasakan kalau mobil jadi sulit melaju saat tanjakan, tenaga mesin berkurang, putaran mesin berkurang, pedal kopling terasa berat, muncul bau gosong, putaran mesin tidak sebanding dengan kecepatan kendaraan, dan susah untuk memindah gigi.

Banyak penyebab yang membuat kopling jadi bermasalah seperti ini. Namun umumnya adalah karena beberapa komponen yang sudah aus dan butuh diganti.

Yang harus diingat, kalau sudah ada gejala selip, segera lakukan perbaikan. Karena jika terlambat, kerusakan malah akan bertambah.

Yuk, kita lihat satu per satu penyebab kopling mobil selip:

#1: Cakram Kopling Rusak

Sumber: Aliexpress

Di dalam cakram kopling terdapat lapisan bahan yang fungsinya memudahkan interaksi antara permukaan pressure plate dengan flywheel. Bahannya mirip dengan kampas rem.

Lapisan yang disebut facing ini terbuat dari ramuan berbagai bahan, seperti serat (asbestos, aramid, karbon), lalu ada unsur logamnya, dan dicampur resin.

Nah, sama dengan kampas rem juga, permukaan ini juga bisa aus dan melengkung. Akibatnya kopling jadi selip.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Pressure Plate Sudah Aus

Sumber: Howogroup.com

Di dalam kopling terdapat pressure plate (ada orang menyebutnya “matahari”) yang fungsinya memberi tekanan pada pelat kopling kemudian menahannya. Komponen yang terhubung dengan flywheel ini membuat tenaga bisa ditransfer dari mesin ke transmisi.

Kalau setiap hari plate bekerja keras di tengah suhu yang tinggi, lama-lama bengkok dan aus juga dia. Akibatnya tekanannya jadi kurang pas dan tidak bisa mengalirkan daya dengan baik.

Selain selip kopling, pressure plate yang aus juga terasa pada kopling yang berat, bunyi berisik, atau susah menginjak gigi.

Kalau sudah ada gejala kayak begitu, buruan deh ke bengkel biar tidak merembet ke komponen lain dan biaya jadi bengkak.

Baca juga: Ini Bedanya Mobil Matic Biasa dengan Mobil Matic CVT

#3: Ada Rembesan Oli Pada Kopling

Sumber: Kompas.com

Umumnya mobil menggunakan kopling tipe kering. Masalahnya, posisi kopling yang berada di antara transmisi dan mesin, ternyata memungkinkan rembesan oli masuk ke dalamnya, terutama pada cakram kopling. Akibatnya kopling akan selip.

Oli yang mungkin masuk ke bagian kopling biasanya berasal dari seal oli belakang flywheel (rear engine oil seal) atau dari gasket cover atas mesin.

Kalau oli yang masuk jumlahnya cukup banyak, maka fungsi kopling dalam menyalurkan tenaga juga akan berkurang.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kampas Kopling Sudah Aus

Sumber: Kompas.com

Seiring pemakaian, wajar kalau kampas kopling jadi aus. Efek keausan ini, tenaga yang disalurkan dari mesin ke transmisi akan berkurang.

Kalau kondisi ini makin parah, kampas jadi tidak bisa berfungsi total. Akibatnya kopling selip dan gigi susah banget masuknya. Mobil jalan di tempat!

Banyak faktor yang bikin kampas kopling cepat aus. Tetapi harus dicatat! Faktor terbesar adalah pemakaian kopling yang kurang pas, seperti menginjak kopling terlalu lama, kebiasaan setengah kopling, atau posisi gigi tidak sesuai kecepatan.  

#5: Pegas Kopling Sudah Lemah

Sumber: id.made-in-china.com

Di dalam sistem kopling ada pegas yang fungsinya menekan pressure plate agar bisa meneruskan gaya tekanan ke kampas kopling. Mekanisme inilah yang  inilah yang bisa membuat tenaga dari mesin ke transmisi.

Jadi bisa dibayangin, kalau pegas ini lemah, pastinya pressure plate juga akan loyo alias tidak akan mampu menekan kampas. Kopling jadi selip dan tenaga putar dari mesin tidak tersalurkan.

Selain karena pemakaian sehari-hari, pegas juga bisa lemah karena overheating, korosi, dan beban berlebihan pada kendaraan.

Baca juga: Inilah 4 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Apakah penggunaan mobil yang kasar akan berakibat pada keausan kopling sebuah mobil bekas?

Faktor terbesar yang menyebabkan komponen kopling cepat rusak atau aus, memang penggunannya yang kurang pas. Misalnya, penggunaan kopling yang kasar, penggunaan kopling yang terlalu lama, dan memindahkan gigi dengan kasar.

Jika pemilik mobil bekas sebelumnya cenderung kasar, jangan heran kalau kopling jadi bermasalah. Nah, untuk memastikan kondisinya, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dari hasil inspeksi mobil, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil secara keseluruhan. Hasil pengecekan dijamin independen dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Setidaknya Simpan 6 No Darurat di Jalan Tol Ini Otofriends

September 17, 2025
Otofriends tau sendiri kan, tol itu emang jalur ngebut paling aman dibanding jalan biasa. Tapi masalah itu bisa muncul kapan aja, kayak ban pecah, mesin overheat sampe mati, atau bensin abis di tengah jalan panjang. Nah, kalau Otofriends punya list kontak darurat, setidaknya bisa ringanin masalah kamu, lalu tim yang membantu dari pihak terkait bakalan
Baca Lebih Lanjut

Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen untuk Ban Mobil, Mana yang Lebih Baik?

September 16, 2025
Siapa di sini yang masih belum paham tentang perbedaan mengisi angin ban biasa dengan nitrogen untuk ban? Masih banyak pemilik kendaraan juga yang masih bingung untuk memilih mengisi angin ban biasa atau menggunakan nitrogen untuk kendaraan mereka.  Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan antara kedua jenis pengisian tersebut.  Pada dasarnya nitrogen merupakan
Baca Lebih Lanjut

Begini Empat Langkah Perbaikan Mobil Setelah Terendam Banjir

September 15, 2025
Awalnya mungkin tak pernah terpikir, tetapi setelah terkena musibah, baru pemilik mobil cari tahu soal perbaikan mobil setelah terendam banjir. Musibah memang tidak bisa diprediksi. Datang bisa tiba-tiba tanpa kita bisa mengantisipasinya. Tak terkecuali banjir yang akhir-akhir ini juga bisa terjadi kapan saja. Tidak harus musim hujan. Di musim panas sekalipun, kalau hujan tiba-tiba datang
Baca Lebih Lanjut