Pilihan mobil bekas 300 jutaan tentu bukan mobil sembarangan. Ada beragam pilihan dengan jaminan kualitas yang bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih.
Menariknya, dengan budget sebesar ini, kita leluasa mendapatkan mobil-mobil yang masih di bawah 10 tahun. Dari sisi kualitas tentu akan banyak pilihan bodi dan mesin yang kondisinya baik.
Apalagi di harga barunya, mobil-mobil ini pernah ditawarkan di harga premium. Para pengguna juga berasal dari segmen menengah.
Apa saja pilihan mobil bekas 300 jutaan yang bisa kita lirik? Yuk, kita lihat satu per satu:
Sumber: Olx
Boleh dibilang, inilah salah satu mobil bekas dengan harga paling stabil. Pada 2018, harga barunya ada di kisaran Rp331 juta – Rp457 juta. Hari ini, harga bekasnya rata-rata masih di kisaran Rp300 jutaan.
Faktor nama besar Toyota di Indonesia serta kenyamanan tentu jadi alasan utama. Ditunjang pula, performa mesin yang tangguh di segala medan. Ada pula isu soal biaya operasionalnya yang dianggap ekonomis, karena faktanya masih ada sebagian pemilik yang memakai Biosolar sebagai BBM.
Innova reborn diesel hadir dalam tujuh varian, transmisi matic dan MT, harga Rp290 juta – Rp350 juta
Sumber: Olx
Kalau dibandingkan dengan kompetitor bebuyutannya, Toyota Fortuner, Pajero Sport tetap dapat tempat tersendiri di hati para pecintanya. Terutama karena Pajero memang unggul di beberapa isu, seperti di tenaga (181 PS), suspensi yang lebih empuk, dan fitur keamanan mumpuni.
Pajero Sport dapat menghadirkan performa off-road yang lebih tangguh dan kenyamanan berkendara di jalan konvensional. Namun harus diakui, untuk fitur dan harga yang ekonomis, kompetitor lebih unggul.
Hadir dalam empat varian, transmisi matic dan MT, harga Rp310 juta – Rp380 juta.
Sumber: Cnet
Mencoba ikut bersaing di segmen SUV yang teramat ketat, Mazda CX-5 muncul dengan menonjolkan keunggulan kompetitif pada desain bodi, fitur terkini, dan teknologi mesin. Perubahan positif makin terlihat setelah facelift CX-5 pada 2016.
Fitur-fitur terbaru yang bisa didapat antara lain Windshield Active Driving Display yang menampilkan kecepatan kendaraan di kaca, Sound System Premium dengan 10 speaker, peredaman suara Audio Pilot 2, sistem pengereman otomatis Auto Hold, dan Power Liftgate yang dapat mengatur pintu belakang.
Hadir dalam tiga varian, transmisi matic, harga Rp300 juta – Rp380 juta.
Sumber: The Car Connection
Camry 2019 jadi pilihan terbaik di segmen sedan premium harga Rp300 jutaan. Camry 2019 masuk generasi ke delapan dengan segenap pembaruannya. Pilihannya antara varian G dan V, karena varian ketiganya yakni Hybrid ada di kelas berbeda.
Konsep baru generasi kedelapan ini, menjadikan Camry terlihat lebih dewasa dan agresif. Interiornya semakin mewah berkat keberadaan jok kulit, woodpanel, dan moonroof. Didukung pula teknologi canggih seperti 9 inci Integrated Multimedia Touch Screen, A/C Dual Zone, dan wireless charging.
Hadir dalam dua varian, transmisi matic, harga Rp310 juta – Rp380 juta.
Sumber: Cintamobil
Dengan budget 300 jutaan, kita bisa memilih Honda CR-V 2018 yang sekaligus tahun awal untuk generasi kelima mobil ini. Perubahan yang dirasakan antara lain eksterior yang lebih tegas, interior yang lebih premium, serta fitur-fitur baru.
Kenyamanan kabin CR-V boleh dibilang jempolan. Dengan suspensi independen terbaru, transmisi CVT, serta kesenyapan kabin yang hanya 69 desibel pada kecepatan 70 mph. Jauh di atas kompetitor di kelasnya.
Hadir dalam tiga varian, transmisi matic, harga Rp300 juta – Rp350 juta
Sumber: Cintamobil
Penutupan salah satu pabrik Nissan di Indonesia pada 2019, membuat Serena kembali dihadirkan secara CBU. Dibanding seri sebelumnya, Serena berkode C27 ini mendapat berbagai ubahan di sektor mesin untuk peningkatan performa.
Sebuah impresi mobil keluarga mewah dengan harga yang proporsional, akan terasa ketika kita masuk kabinnya yang terasa lega, pemandangan luas, bahkan sampai baris ketiga. Fitur terbarunya yakni sensor kaki untuk membuka sliding door terasa semakin fungsional untuk mobil keluarga.
Hadir dalam dua varian, transmisi matic, harga di Rp310 juta – Rp380 juta.
Sumber: Zeegwheel
Mobil yang sering dipandang sebelah mata karena hanya menawarkan satu varian saja. Kesannya tidak ada pilihan, tetapi mobil yang diimpor secara CBU ini ternyata mampu memberi kenyamanan maksimal. Terutama saat diajak untuk perjalanan jauh bersama keluarga.
Soal kenyamanan jadi catatan tersendiri, terutama setelah mesinnya diperbarui oleh teknologi valvematic yang halus tetapi bertenaga. Kalaupun ada catatan khusus, dominasi warna gelap atau hitam pada kabin agak terasa jauh dari kesan mewah. Mungkin lebih pas, arahnya ke sporty.
Hadir hanya satu varian, transmisi matic, harga Rp310 juta – Rp360 juta.
Sumber: Mocil.id
Ini memang mobil off-road beneran. Selain karena cuma tersedia varian 4×4, juga sudah dilengkapi under body protection, water wading depth sampai 80 cm, dan kapasitas tangki 80 liter! Kubikasi mesin terkesan kecil (1.9 liter), tetapi tenaga mencapai 150 PS pada 3.600 rpm. Artinya, lebih besar dari Fortuner dan Pajero.
Meski cocoknya untuk mobil lapangan, tetapi untuk pemakaian personal, oke-oke saja. Cuma konsekuensinya minim fitur canggih dan desain tidak luwes. Tetapi fitur-fitur esensial seperti ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HSA, hingga HDC (Hill Descent Control) tetap ada.
Tersedia dalam satu varian, transmisi matic, harga Rp320 juta – Rp360 juta.
Sumber: Blibli
Cocok untuk mencoba petualangan dengan mobil bernuansa sporty. Mulai dari desain eksteriornya yang serba tajam, mesin turbo bertransmisi CVT, serta wheelbase panjang yang nyaman. Mesinnya terkesan kecil, 1.500 cc, 4 silinder, VTEC, turbo; tetapi tenaganya 173 Hp, torsi 220 Nm.
Soal keamanan juga jempolan, karena test tabrak NCAP-nya bintang 5, dan dilengkapi Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, dan Road Departure Warning.
Tersedia dalam dua varian, transmisi matic, harga Rp310 juta – Rp380 juta.
Sumber: Olx
Hadir dalam dua varian yakni 2.4 liter dan 3.5 liter. Secara desain dan fitur, keduanya tentu menyesuaikan dengan target marketnya masing-masing. Namun keduanya sama-sama punya bahasa desain eksterior dan kemewahan interior yang relatif sama.
Perbedaan signifikan terlihat pada tenaga mesin dan torsi yaitu antara 170 dk / 224 Nm (2.4 L), dan 276 dk / 330 Nm (3.5 L). Menariknya, varian 2.4 sudah pakai transmisi Super CVT-i 7 percepatan yang begitu halus. Pengendalian juga ringan, meski bodi bongsor. Karena itu pilihan terbaik ada di varian ini.
Tersedia dalam dua varian, transmisi AT, Rp290 juta – Rp340 juta.
Sebenarnya istilah “mobil keluarga” tidak dikenal di dunia otomotif. Pengertian mobil keluarga di sini sebenarnya merujuk kepada mobil yang bisa menampung banyak orang, seperti minibus atau MPV.
Di pasar otomotif Indonesia, mobil dengan kapasitas 7 penumpang, biasanya akan mendapat sambutan yang baik. Meski tidak semua mobil dengan kapasitas begitu sebenarnya layak untuk mengangkut 7 penumpang dewasa.
Untuk memastikan apakah sebuah mobil keluarga masih layak pakai untuk mengangkut banyak orang, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Melalui inspeksi mobil secara cermat, sebuah mobil keluarga dapat diketahui riwayatnya. Dengan kinerja yang baik, maka daya angkutnya juga bisa maksimal.
Bagikan