Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
By Getan Metodius
Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor-otospector

Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu bisa menyumbat mesin sehingga tenaga jadi loyo. Yuk kita bahas apa aja sih dampaknya kalau filter udara mobil kotor?

#1: Mesin jadi tidak bertenaga.

mesin mobil

Sumber: Daihatsu

Paling pertama terasa adalah mesin jadi lemes atau loyo. Tarikan mobil nggak enteng lagi, karena udara atau oksigen dalam mesin jadi tersumbat. Berdampak pada proses pembakaran dan performa yang memburuk.

Jika ini udah terjadi, dan menurut mekanik filter udara sudah sangat kotor, jangan dibersihkan, tapi langsung saja diganti dengan yang baru. Filter udara memang bisa dibersihkan, tetapi jika sudah termakan waktu dan tidak maksimal jika dibersihkan, langsung diganti demi kembalinya performa mesin mobil.

Baca juga: Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini 5 Keuntungan Dan Kerugiannya Update 2024

#2: Berdampak pada numpuknya kerak.

mesin mobil

Sumber: suzukidealercab

Tidak sampai pada menurunnya performa saja otofriends, filter atau saringan udara mobil yang sudah sangat kotor bisa berdampak juga pada komponen pembakaran mesin mobil. Filter udara kotor yang masih saja dipakai bisa menimbulkan kerak karbon.

Dan kerak ini bisa membuat fuel burning jadi nggak optimal. Jadinya bensin mobil jadi lebih boros dari biasanya. Ini sama saja ya, meskipun mobil kamu berbahan bakar diesel atau bensin semuanya sama berlakunya.

Jika ini terjadi, udara segar nggak bisa masuk, malahan debu yang ada malah akan menempel dan terhisap burner. Nah komponen yang kena masalah adalah busi, klep, piston dan bisa bikin mesin lemes.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Warna knalpot jadi hitam.

knalpot mobil hitam

Sumber: Liputan6

Dampak selanjutnya yang paling mudah terasa adalah asap knalpot jadi hitam. Filter udara yang kotor tadi bisa membuat kotoran mudah sekali masuk. Jadinya ruang bakar nggak bisa memberikan proses yang bagus, jadinya asap knalpot menjadi hitam. Asap ini juga bisa menjadi tanda kalau ada masalah pada sistem permesinan mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Catat! Biaya Cat Mobil Dipengaruhi 5 Faktor Ini

Filter yang bersih dan sehat bikin mobil enak dikendarai:

Selain mobil jadi enak dikendarai, mesin jadi lebih awet dan juga sehat otofriends. Maka dari itu jangan luput melakukan pemantauan pada filter udara mobil kamu yah. Terutama saat masuk musim mudik lebaran, komponen ini perlu kamu pantau sebelum otw.

Buat yang mau beli mobil bekas berkualitas disarankan melakukan inspeksi mobil dulu ya. Cek mobil bekas incaran kamu dengan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Supaya tidak beli kucing dalam karung, dan malah keluar banyak duit hanya untuk perbaikan disana-sini.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

2 Tipe Avanza Terbaik Untuk Dibeli Update 2024

Maret 06, 2024
Mobil Toyota Avanza bisa dikatakan sebagai salah satu mobil primadona di Indonesia. Penjualan mobil ini selalu menempati posisi 3 besar tiap tahun. Harga sparepart yang murah, perawatan yang simpel, mesin awet dan tahan banting, serta kapasitas penumpang yang sangat luas menjadi kelebihan Toyota Avanza sehingga banyak diminati masyarakat Indonesia. Jika Otofriends sedang mencari mobil Toyota
Baca Lebih Lanjut

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut