Trik Atur Keuangan Selama Kredit Mobil Bekas

Desember 03, 2021
By Thomas W
Trik Atur Keuangan Selama Kredit Mobil Bekas-otospector

Kredit mobil bekas memang jadi salah satu pilihan untuk memiliki mobil idaman. Karena sama-sama kredit, maka proses dan sistemnya kurang lebih sama dengan kredit mobil baru.

Saat akan mengajukan kredit, justru yang harus dipersiapkan adalah si debitur alias si peminjam. Maklum, kredit mobil butuh komitmen jangka panjang. Sebab debitur harus menyediakan sejumlah dana secara konsisten selama sekian waktu. Karena itu dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik.

Berikut trik pengelolaan keuangan semasa kredit mobil bekas:

#1: Hitung Pengeluaran

Asuransi Mobil Bekas 5

Paling dasar adalah menghitung jumlah pengeluaran Otofriends setiap bulannya. Ketahui berapakah angka pasti yang akan menjadi pengeluaran tetap. Lalu tetapkan angkanya secara pasti.  

Menetapkan angka pengeluaran ini bermanfaat untuk menghindari pengeluaran yang tidak dibutuhkan atau tidak mendesak.

#2: Tentukan Jumlah Utang Maksimal

Perhitungan Pajak Mobil Bekas

Berutang boleh-boleh saja, namun besaran utang tetap harus diperhitungkan terhadap penghasilan. Idealnya jumlah utang tidak bisa melebihi 30% dari jumlah total penghasilan, karena nantinya akan mempengaruhi keseimbangan keuangan secara keseluruhan.

Kaitannya dengan kredit mobil, pastikan bahwa cicilan kredit dan utang-utang lainnya masih dalam hitungan 30% dari penghasilan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Pahami Dulu Aturan-aturan Resminya

#3: Tetap Menabung

Kredit Mobil Bekas

Meski ada utang, namun kewajiban menabung tetap harus dijalankan. Besaran tabungan minimal mencapai 10% dari total penghasilan setiap bulannya.

Manfaat tabungan adalah untuk mengantisipasi terhadap segala macam risiko keuangan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Uang tabungan menjadi dana cadangannya.

#4: Pisahkan Rekening

Mobil Bekas Manual atau Matic

Rekening tabungan harus dipisahkan dengan rekening cicilan utang dan rekening biaya hidup sehari-hari. Hal ini akan membantu Anda untuk membatasi pengeluaran dan mengelola keuangan dengan lebih bijak serta teratur.

Untuk rekening cicilan cobalah untuk memakai sistem pembayaran otomatis (autodebet). Cara ini akan meminimalkan risiko lupa membayar yang akan menimbulkan denda.

#5: Hemat dan disiplin

Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Saat Otofriends punya cicilan atau utang, tentu saja hidup harus hemat dan cermat dalam mengelola keuangan. Tentu saja pengelolaan keuangan ini butuh pengorbanan untuk mendahulukan pengeluaran untuk kebutuhan yang benar-benar penting.   

Kedisiplinan juga diperlukan untuk pembayaran cicilan agar kredit yang berjalan tidak bermasalah.

Jual Santai Otospector

Baca juga: Punya Rencana Kredit Mobil Bekas? Coba Simak Dulu 5 Langkah Ini

Bagaimana cara memastikan kredit mobil bekas bisa bermanfaat secara maksimal?

Cara termudah adalah memastikan bahwa mobil bekas yang kita beli dalam kondisi yang baik atau istilahnya tidak banyak “PR”. Karena itulah kita perlu mencari mobil bekas yang berkualitas dari dealer terpercaya.

Untuk mendapat mobil semacam itu, Otofriends bisa mencarinya di OTOS – Aplikasi Mobil Bekas Online dari Otospector. Di aplikasi ini Otofriends bisa mendapatkan ribuan mobil yang dijamin berkualitas karena sudah lulus inspeksi Otospector. Yang istimewa, mobil-mobil juga mendapat garansi setahun, sehingga pemilik tidak perlu was was saat nanti digunakan sehari-hari,.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat yang baru mengenal mobil asal Jerman ini.   Mobil ini
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahaat Saat Mudik

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunuya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang ingin menggunakan kendaraan pribadi. Ini emang paling asik otofriends,
Baca Lebih Lanjut