Mau Kredit Mobil Bekas? Coba Simak Dulu 5 Langkah Ini

Desember 16, 2019
By Thomas W
Mau Kredit Mobil Bekas? Coba Simak Dulu 5 Langkah Ini-otospector

Berbeda dengan pada masa silam, kini mobil sudah menjadi barang yang relatif terjangkau oleh lebih banyak orang. Hal itu sekaligus bukti bahwa mobil memang dibutuhkan, baik untuk mobilitas pribadi maupun kepentingan bisnis.

Hanya saja, tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk beli mobil secara tunai. Atau mungkin dananya ada, tapi memiliki strategi khusus dalam pengelolaan keuangannya, sehingga memilih untuk kredit.

Nah, jika memang Anda hendak mempertimbangkan pembelian secara kredit, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

#1: Pilih mobil sesuai kebutuhan

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Jangan terjebak kepada gaya hidup.  Yakinkan bahwa mobil yang hendak dibeli adalah kebutuhan. Sebab, jika tidak, mobil malah akan kehilangan manfaat dan jadi beban.

Di pasaran, tersedia berbagai merek dan model mobil yang didesain sesuai fungsi dan tujuan masing-masing. Pertimbangkan dulu berbagai aspek sebelum memutuskan seperti: kondisi medan yang dilalui, akan mengangkut berapa orang, aktivitas yang akan dilakukan, dll.

#2: Cari harga yang sesuai

transaksi mobil bekas

Setelah mendapat model yang sesuai, pekerjaan selanjutnya adalah mencari harga terbaik. Lakukan pencarian di beberapa dealer dengan membandingkan penawaran-penawaran spesial. Misalnya diskon, bonus, kemudahan, dll.

Untuk mobil bekas, Anda bisa mencari perbandingan ke beberapa dealer untuk mendapatkan harga dan kondisi yang terbaik. Agak berbeda dengan mobil baru, mobil bekas butuh kejelian dalam memilih.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Gaul Juga Dong Sama Komunitas

#3:  Pelajari calon pemberi kredit

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Ada dua lembaga yang saat ini menyediakan sarana kredit mobil yakni bank serta lembaga pembiayaan. Karakteristik keduanya berbeda.

Bank biasanya lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit bagi individu. Sementara lembaga pembiayaan umumnya punya keterkaitan dengan perusahaan yang berkecimpung di industri otomotif, seperti dealer, maupun Agen Pemegang Merek (APM).

#4: Teliti dulu kreditur yang akan dipilih

Beli Mobil Bekas

Lembaga pembiayaan yang baik akan selalu terbuka dalam menjawab pertanyaan calon debitur. Pahami dulu detail dari ketentuan kreditur ini.

Kreditur yang baik biasanya justru sangat teliti dalam menyaring calon debiturnya. Prosedurnya mungkin rumit, namun ini menandakan, kreditur tersebut juga akan semakin baik melindungi hak-hak calon debiturnya dalam perjanjian kredit.

#5: Perhitungkan uang muka dan angsuran

Asuransi Mobil Bekas 1

Sebelum melakukan akad kredit, sebaiknya Anda sudah melakukan perhitungan uang muka dan cicilan yang sanggup dibayar. Jumlah tersebut tentu memperhitungkan jangka waktu kredit yang direncanakan.

Selain sebagai persiapan bagi Anda, besaran uang muka juga menunjukkan keseriusan di mata kreditur. Sebaiknya tidak terlalu kecil, agar tidak kerepotan membayar cicilan rutin nantinya.

#6: Cari suku bunga terendah

Mobil Bekas Manual atau Matic

Pelajari terlebih dahulu aturan main tentang suku bunga kredit yang ditawarkan. Usahakan untuk memilih suku bunga yang paling rendah.

Ada dua jenis suku bunga kredit, yakni tetap dan mengambang. Tetap, artinya bunganya akan tetap sampai akhir masa kredit. Sedangkan mengambang akan mengikuti suku bunga Sertifikat Bank Indonesia yang terus berubah.

Baca juga: Inilah Seluk Beluk Hingga Cara Mendeteksi Kerusakan pada ECU Mobil

Membeli mobil dengan cara kredit memang butuh kehati-hatian. Apalagi, kredit untuk mobil bekas. Karena bukan hanya segala administrasi kredit tersebut yang harus dipastikan baik, tetapi juga mobilnya.

Untuk kredit yang baik, kita bisa memperlajarinya pelan-pelan. Namun untuk memilih mobil yang baik, kita cukup mempercayakan pada jasa inspeksi mobil yang profesional dan terpercaya.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

Maret 02, 2024
Cari atau membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi kalau Otofriends gak paham tentang otomotif atau mobil, bisa bahaya salah beli mobil. Namun, untuk saat ini bagi mereka awam pun bisa dengan mudah memilih mana mobil yang masuk ke dalam kategori layak dibeli atau tidak. Karena saat ini sudah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut