Beli Mobil Bekas, Gaul Juga Dong Sama Komunitas

Agustus 05, 2019
By Thomas W
Beli Mobil Bekas, Gaul Juga Dong Sama Komunitas-otospector

Komunitas atau klub pemakai kendaraan ini bisa dicari di media sosial. Di sanalah mereka biasanya saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Jangan pernah ragu, karena komunitas ini sangat terbuka terhadap anggota-anggota baru.  

Dari satu buah merek kendaraan, biasanya akan ada beberapa komunitas yang terbentuk. Terutama pada mobil-mobil yang populer di pasaran. Di sinilah kita punya keleluasaan untuk mengenal mereka terlebih dulu sebelum memutuskan untuk bergabung.  

Nah, kira-kira keuntungan apa yang kira-kira bisa didapat dari pergulan dengan para anggota komunitas?

#1: Bertukar pengalaman dengan sesama pengguna

Komunitas Mobil Bekas

Dengan menyimak pengalaman para pemilik kendaraan sebelumnya, bisa diketahui keunggulan dan kelemahan dari mobil kita. Testimoni dari para pengguna ini pada umumnya akan lebih komprehensif, karena mereka sudah merasakan menjadi pemilik selama sekian waktu.

Hal-hal yang baik dari mobil pilihan kita tentu saja akan sangat membanggakan. Namun fakta-fakta yang buruk kadang tak terhindarkan. Di sinilah kita bisa belajar untuk menerima dan mengatasi segala persoalan.  

 #2: Mendapat keahlian dalam mengatasi kendala teknis

koil mobil

Di dalam komunitas, para pemilik kendaraan biasanya akan saling bertukar pengalaman untuk mengatasi kendala teknis. Mulai dari perawatan rutin, masalah-masalah teknis yang biasa terjadi, sampai informasi bengkel terpercaya.

Menariknya, komunitas yang sudah mapan biasanya punya acara klinik perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri. Dalam diskusi sesama anggota juga sering dibicarakan mengenai kendala teknis yang bisa diselesaikan sendiri (istilahnya DIY – do it yourself).

Dari kegiatan semacam ini, tentu kita akan terlatih untuk mengatasi persoalan ringan yang mungkin timbul sehari-hari. Persoalan kecil, tak perlu ke bengkel kan?

Baca juga: Ini Dia 6 Mobil Bekas Langka yang Masih Banyak Dicari Pembeli

#3: Referensi tentang aksesoris dan modifikasi

Menyalakan Audio Tape

Dari pergaulan di dalam komunitas biasanya kita akan banyak referensi tentang aksesoris yang bermanfaat. Bukan hanya sebagai pemanis atau pemuas hobi, barang-barang semacam ini kadang juga sangat diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi kendaraan.

Beberapa barang tambahan itu misalnya sistem audio, perlengkapan lampu, interior kabin, pelumas, sampai urusan pengirit bahan bakar, dll. Apalagi, untuk anggota komunitas, biasanya akan ada banyak program diskon untuk barang-barang tertentu.

#4: Menambah jaringan pertemanan

Komunitas Mobil Bekas 2

Bergaul dengan sesama anggota komunitas, artinya kita akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Di luar dari masalah hobi yang sama, kita tentu mendapat teman-teman baru.

Selain persaudaraan, dari interaksi dengan orang-orang ini, tentu kita akan mendapat banyak berbagai pengalaman baru. Bahkan, bukan tidak mungkin akan menghasilkan peluang dan kesempatan yang lebih luas di bidang-bidang lain. Contohnya, jaringan untuk memperluas bisnis.

Baca juga : Mau Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru? Ini Caranya

Bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang lain memang terpulang kembali kepada kesempatan dan kemauan kita sendiri. Jikalau memang dirasakan banyak manfaatnya, tentu tidak ada salahnya untuk dicoba.

Bergaul dengan komunitas memang menambah pengalaman. Namun jika Anda ingin tahu lebih pasti tentang kondisi mobil yang jadi incaran, manfaatkan saja jasa inspeksi mobil yang independen dan terpercaya. 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mulai Rp50 Jutaan Harga Mobil Toyota Avanza Bekas

Desember 04, 2023
Harga mobil Toyota Avanza bekas bisa dibilang ajaib. Sebab kalau dibandingkan dengan harga mobil bekas lain di kelasnya, harga jual Toyota Avanza bekas bisa dibilang paling stabil. Bahkan meski usianya sudah tidak muda lagi, mobil keluarga ini tetap dicari. Karena sudah diluncurkan sejak 2004, ada beragam pilihan mobil bekas Toyota Avanza di pasaran. Dari sisi
Baca lebih lanjut

Inilah Daftar Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia

November 29, 2023
Tahukah Otofriends, dengan semakin banyaknya populasi kendaraan listrik, semakin banyak pula stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)? SPKLU adalah fasilitas yang menyediakan energi listrik untuk mengisi daya kendaraan listrik seperti mobil listrik dan juga sepeda motor listrik. Kira-kira mirip SPBU pada kendaraan dengan BBM.   Dengan semakin banyaknya SPKLU di berbagai lokasi, para pemilik mobil
Baca lebih lanjut

Cara Merawat Mobil Setelah Coating

November 28, 2023
Kadang sebagai pemilik mobil udah mulai bosan dengan proses pencucian mobil biasanya, maka dari itu kita pengen melakukan coating. Kamu sering coating mobil otofriends? Tentu coating ini perlu dilakukan dan cukup penting ya, agar mobil kita itu tetep fresh dan ganteng alias nggak burem catnya. Coating adalah salah satu cara untuk melakukan perlindungan terhadap cat
Baca lebih lanjut