Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Mau Kredit Mobil Bekas? Pahami Dulu Aturan-aturan Resminya

Desember 29, 2019
By Thomas W
Mau Kredit Mobil Bekas? Pahami Dulu Aturan-aturan Resminya-otospector

Selain pembelian secara tunai, saat ini salah satu kemudahan dalam membeli mobil adalah dengan membayar secara cicilan. Kini sudah banyak bank atau lembaga pembiayaan yang menyediakan fasilitas kredit, baik untuk pembelian mobil baru maupun bekas.

Namun sebelum berniat untuk mengajukan kredit, ada baiknya Anda memahami fakta dan aturan resmi yang ditetapkan Pemerintah. Dari sinilah, kita bisa membuat keputusan yang terbaik sebelum meminang mobil idaman. Beberapa fakta itu antara lain:

#1: Pertimbangkan jumlah dana tersedia.

Faktor ini berkaitan erat dengan keputusan yang akan dipilih nantinya, apakah beli mobil bekas atau mobil baru. Jika memang dana mencukupi untuk beli mobil baru, maka hal itu akan lebih baik dibanding membeli mobil bekas.

#2: Usahakan sebaiknya cicilan atau angsurannya tidak lebih dari 50% dari penghasilan.

Biaya Lain Saat Membeli Mobil Bekas

Jika faktor ini diabaikan, maka Anda akan sulit mendapatkan persetujuan dari pihak sarana penyedia kredit (leasing). Di samping itu cicilan yang terlalu besar akan membebani dan mempengaruhi kondisi keuangan Anda sendiri.

Baca juga: Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

#3: Pahami persyaratan dasar pengajuan kredit mobil

Kredit Mobil Bekas

Beberapa persyaratan pengajuan kredit mobil, baik bekas atau baru:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan dengan kartu identitas.
  • Slip gaji
  • Membayar uang muka
  • Tenor atau jangka waktu pelunasan kredit
  • Usia pembeli maksimal 64 tahun saat berakhirnya masa kredit
  • Usia mobil yang dibeli tidak boleh lebih dari 15 tahun (berlaku untuk beberapa kondisi)

Waktu pemeriksaan kelayakan untuk pembelian segala tipe mobil adalah sama, baik mobil bekas maupun baru, yakni 2 hari kerja.

#4: Perbedaan bunga cicilan untuk mobil bekas dan mobil baru

Saat Tepat Beli Mobil Bekas

Untuk bunga cicilan mobil bekas lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil baru. Jika bunga cicilan kredit mobil baru sekitar 3% / tahun, maka bunga cicilan untuk kredit mobil bekas bisa mencapai 6% / tahun.

#5: Memilih lembaga penyedia kredit yang kuat.

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Cicilan per bulan yang harus dibayarkan debitur sesungguhnya tidak lepas dari tingkat suku bunga bank yang ditetapkan BI. Namun lembaga penyedia kredit memiliki kebijakan untuk menahan atau mengikuti suku bunga tersebut yang dipengaruhi kekuatan finansial dari lembaga itu sendiri.

Dengan memilih lembaga yang kuat secara finansial, maka debitur akan terhindar dari setoran angsuran yang mahal. Dealer mobil selaku penjual juga akan tenang dalam melakukan transaksi, karena yakin pada kemampuan lembaga penyedia kredit.

Baca juga: Deretan Mobil Eropa Bekas Murah. Semuanya di Bawah Rp100 Juta!

Mengingat mobil bukanlah barang yang murah, maka perlu kehati-hatian konsumen sebelum memutuskan pembeliannya. Baik menyangkut segi teknis dari mobil tersebut, maupun urusan pembiayaan dan legalitasnya.

Pada kredit mobil bekas, percayakan kepada dealer dan lembaga penyedia kredit yang terpercaya. Sedangkan untuk urusan teknis kondisi mobil, Anda bisa mempercayakannya kepada jasa inspeksi kendaraan.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya