Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan

Agustus 01, 2019
By Thomas W
Inilah 5 Keuntungan Membeli Mobil Bekas Perusahaan-otospector

Dalam membeli mobil bekas, ternyata tidak semua orang memilih mobil bekas perorangan. Ada juga sebagian yang lebih memilih mobil bekas perusahaan atau organisasi.

Mereka tentu punya alasan tersendiri sehingga membeli mobil bekas yang sering diistilahkan sebagai “eks mobil kantor” ini. Padahal di sisi lain, ada sebagian masyarakat lagi punya pandangan tersendiri soal mobil bekas perusahaan. Mereka justru sengaja menghindarinya, karena menganggap kondisi mobil semacam ini sudah tidak kondisi prima.

Alasan mereka yang tidak anti mobil bekas perusahaan, masuk akal juga sih. Karena logikanya mobil semacam ini tentu dipakai dalam operasional harian. Pemegangnya juga berbagai jenis orang.

Salah satu alasan utama dari para pemburu mobil bekas perusahaan tentu saja soal harga. Memang sebuah kenyataan, mobil-mobil perusahaan harganya lebih “miring” alias lebih murah dibandingkan mobil bekas perorangan.

Bandingkan saja, misalnya, Toyota Avanza tahun 2011, di sebuah situs penjualan mobil bekas dihargai Rp110 juta. Sementara mobil bekas perusahaan dengan jenis dan tahun yang sama, bisa dibanderol Rp95 jutaan.

Selisih harga tersebut tentu saja cukup berarti bagi sebagian orang. Terutama bagi mereka yang anggarannya terbatas atau alasan-alasan lain terkait kemampuan finansial.

Nah, jikalau Anda juga ingin mempertimbangkan, setidaknya terdapat 5 keuntungan bila membeli mobil bekas perusahaan.  

#1: Harga Lebih Murah

Serah Terima Mobil Bekas

Harga murah terjadi karena adanya anggapan bahwa mobil perusahaan punya catatan perjalanan yang panjang. Karena biasanya digunakan dalam operasional harian, tentu saja penggunaannya lebih sering.

Namun kalau kita mau cermati betul, kondisi ini sebenarnya tidaklah mutlak. Tetap saja ada kemungkinan sebaliknya. Mobil perusahaan tidak selalu beroperasi terus setiap hari. Terutama mobil-mobil yang dipakai oleh para atasan di kantor.

#2: Pajak lebih murah

Perhitungan Pajak Mobil Bekas

Biaya untuk memperpanjang masa aktif pajak mobil bekas perusahaan ternyata bisa lebih murah dibandingkan dengan mobil bekas perorangan. Terutama jikalau pembeli bisa memperpanjang pajak tahunan tanpa harus melalui proses balik nama surat-surat kendaraan dari perusahaan. Bagi sebagian orang, tentu hal ini sebuah keuntungan tersendiri.

Baca juga : Ciri-ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

#3: Surat-surat lebih pasti

Surat Mobil Bekas

Sebagus apapun kendaraan, semurah apapun harganya, percuma saja kalau surat-suratnya tidak lengkap. Salah satu kepastian yang bisa didapat dari mobil bekas perusahaan adalah kelengkapan surat serta legalitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Di sisi lain, ini juga berarti, kita tentu harus lebih berhati-hati dalam hal legalitas surat-surat kendaraan jika membeli mobil bekas perorangan.

#4: Lebih terawat

Perawatan Mobil Bekas

Ada sebagian orang beranggapan, mobil bekas perusahaan kondisinya relatif kurang baik. Padahal faktanya, sebagian besar perusahaan memiliki aturan ketat soal pemeliharaan kendaraan operasionalnya. Terutama pada perusahaan-perusahaan besar.

Perusahaan pada umumnya juga menyerahkan perawatan kendaraan mereka pada bengkel-bengkel resmi. Tentu saja soal perawatan dan suku cadang jadi lebih terjamin. 

#5: Asuransi masih ada

Asuransi Perlindungan Mobil Bekas

Pada umumnya perusahaan mengasuransikan kendaraan operasionalnya. Tak jarang, saat mobil berpindah tangan atau dijual, asuransi tersebut ternyata masih berlaku.

Tentu saja hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi pembeli mobil bekas perusahaan. Apalagi kalau jangka waktunya masih cukup lama.

Baca juga : Plus Minus Membeli Mobil Bekas Perorangan

Mobil-mobil perusahaan tentu bisa menjadi alternatif pilihan mobil bekas asalkan kita benar-benar mengetahui secara pasti tentang riwayat dan kondisi mobil yang jadi incaran. Karena faktanya, tidak semua mobil perusahaan kurang baik.

Namun jikalau Otofriends masih kurang yakin dengan kondisi suatu mobil, maka manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas yang independen dan terpercaya.   

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut

Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2024

Januari 15, 2024
Toyota Agya merupakan salah satu produk low cost green car (LCGC) kerjasama Toyota dan Daihatsu yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Agya dapat dikatakan sebagai mobil yang ideal untuk penggunaan pribadi atau keluarga kecil. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, Toyota Agya terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020. Meski begitu mobil ini tetap ada berbagai
Baca Lebih Lanjut

Inilah 5 Harga Mobil Suzuki Bekas 2024 Pada Kisaran Rp 50 Juta

Januari 15, 2024
Buat yang mau beli mobil Suzuki, di bursa mobil bekas, harga mobil Suzuki sangat ditentukan oleh popularitas dan kualitas produk tersebut saat dipasarkan. Beberapa jenis mobil harganya cukup stabil. Namun ada pula yang terdepresiasi cukup banyak, meski kualitasnya bersaing bahkan lebih baik dibanding kompetitor. Cari yuk Suzuki lama, harga mulai 50 juta. Sejak kehadirannya di
Baca Lebih Lanjut