Meski sudah banyak mobil sejenis yang ditawarkan di pasaran, Toyota Kijang Innova bekas masih jadi incaran para peminat mobil bekas. Peminat mobil bekas tidak kalah dengan mobil baru.
Pasalnya, selain menyandang nama Toyota sebagai brand yang teratas di industri otomotif di Indonesia, mobil ini sudah menjadi mobil andalan keluarga Indonesia selama bertahun-tahun. Ini terlihat pada penjualannya yang relatif stabil, tak terkecuali harga unit bekasnya
Jika dibedah lebih dalam Toyota Innova memang punya beberapa kelebihan dibanding rivalnya. Hal ini tampak pada kenyamanan, ketangguhan mesin, dan layanan purnajual yang belum tertandingi oleh merek lain. Tak heran kalau harga Toyota Kijang Innova bekas selalu tertinggi di antara mobil bekas lain. Simak harga dan spesifikasi Innova.
Sebelum kita menyimak harga Toyota Kijang Innova bekas, yuk kita lihat beberapa fakta tentang mobil keluarga andalan keluarga Indonesia ini, dan perlu siapkan berapa juta untuk meminangnya.
Nama Toyota Kijang Innova dikenal begitu luas di Tanah Air karena sejarahnya yang panjang dan menjadi salah satu legenda dalam industri otomotif di Indonesia. Mobil ini dianggap sebagai generasi kelima dari Toyota Kijang yang sudah dipasarkan sejak 1977. Karena itulah khusus untuk pemasaran di Indonesia, Innova tetap menyandang nama “Kijang” yang sudah diakrabi konsumen lebih dari 30 tahun.
Pada kenyataannya, sejak generasi Innova, mobil ini menjadi satu dari tiga produk Toyota yang menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) bersama dengan Toyota Hilux dan Toyota Fortuner. Cirinya, menggunakan sasis ladder frame yang dikenal tangguh, di tengah para kompetitornya di kelas medium MPV yang rata-rata memakai sasis monokok.
Kehadiran Innova dengan platform internasional juga sekaligus menggantikan merek-merek lokal di sejumlah negara seperti di India (menggantikan Toyota Qualis), Malaysia dan Singapura (Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Zace Surf), dan Vietnam (Toyota Zace).
Pada awal keberadaan Toyota Kijang, mobil ini sebenarnya didesain sebagai kendaraan niaga. Namun karena kebutuhan dan permintaan masyarakat, Kijang menjelma menjadi mobil angkutan penumpang hingga kemudian sah jadi mobil keluarga. Faktor yang mempengaruhi tentu saja karena daya tempungnya yang optimal yakni 8 orang dewasa tanpa berdesakan.
Ciri khas ini dilanjutkan Innova dengan memperbaiki faktor kenyamanan penumpang. Antara lain dengan memperbesar dimensi mobil ini. Dibanding Kijang generasi keempat atau Kijang Kapsul, Innova dengan dimensi PxLxT; 4.555 mm x 1.770 mm x 1.750 mm, sementara Kapsul yang hanya 4.245 mm x 1.670 mm x 1.770 mm.
Pada Innova Generasi Kedua atau Reborn, dimensi jadi semakin besar yakni 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm. Artinya lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm, dan lebih tinggi 45 mm. Hanya saja sumbu roda tetap 2.750 mm. Dengan dimensi ini, maka kenyamanan Innova semakin optimal.
Salah satu poin keunggulan Toyota Kijang yang diteruskan pada era Innova adalah mesinnya yang dikenal tangguh dan bandel. Pada Innova untuk versi bahan bakar bensin digunakan mesin 1TR-FE VVT-i 16 valve DOHC 2.0 liter (Toyota Kijang Innova 2.0 g) yang menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi 182 Nm. Bandingkan dengan mesin Kijang Kapsul yaitu 7K-E EFI 1.8 liter dengan tenaga 94 PS dan torsi 155 Nm.
Memasuki Innova Generasi Kedua atau Reborn yang hadir pada 2016, mesin kembali di-upgrade dengan penambahan dual VVT-i yang membuat tenaganya terdongkrak naik sampai 140 PS dan torsi menjadi 190 Nm.
Sementara untuk versi mesin diesel, pada Innova Generasi Pertama digunakan mesin 2KD 2.5 liter yang disebut-sebut tenaganya kurang maksimal lantaran hanya memakai turbo dan belum ada intercooler. Baru pada 2016 atau generasi Reborn mesinnya diganti menjadi 2GD 2.5 liter yang lebih sempurna karena memakai teknologi VNT. Kijang innova 2.5 hasilnya tenaga lebih galak, masih mampu minum solar bersubsidi, tapi konsumsi BBM-nya lebih irit.
Menariknya, pada mesin diesel terbaru ini ada pembedaan torsi maksimum, yaitu untuk transmisi matic dengan tenaga 149 ps, torsinya 367 Nm. Sementara pada transmisi manual hanya mengeluarkan torsi maksimum 349 Nm. Untuk konsumsi BBM-nya, pada matic bisa mencapai 13 km per liter untuk dalam kota.
Pada awalnya Toyota Innova tersedia dalam tiga tipe yaitu, Tipe G, Tipe V, dan Tipe Q di mana masing-masing dibedakan dalam fitur. Namun belakangan muncul lagi varian terbaru yakni Venturer yang menjadi tipe tertinggi dengan fitur sangat spesial. Harga fitur Innova makin baik dan makin membuat pecintanya terpukau.
Beberapa fitur yang standar bisa ditemui pada Innova: Tombol audio di setir, Head unit layar sentuh, 6 speaker, Power outlet baris pertama dan di konsol boks, Konsol box tengah, Handgrip model retract, Pengaturan setir tilt dan teleskopik, Spion day/night view, mode berkendara Eco dan Power, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist.
Sedangkan pada Venturer, fitur-fitur tadi masih dilengkapi Air purifier, Head unit 9 inci dengan Miracast, NFC, koneksi smartphone, Rear seat entertainment, Lampu ambiance, Captain seat, 7 airbags, dan Start/stop button.
Harga mobil bekas Toyota Kijang Innova:
Generasi Pertama
Generasi Kedua
Mudah saja, cukup cari di aplikasi OTOS dari Otospector. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan mobil bekas dari ratusan dealer di beberapa kota di Indonesia.
Mencari mobil bekas di OTOS, setidaknya Otofriends akan punya beberapa keuntungan yakni Otofriends tidak perlu pergi keluar rumah untuk memilih dan menawar mobil. Waktu dan tenaga jadi lebih efisien.
Keuntungan lain, mobil-mobil yang dijual di OTOS juga dijamin kualitasnya, karena sudah lulus jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Serta yang lebih penting lagi, semua bergaransi!
Bagikan