Tips Sewa Mobil yang Aman dan Nyaman

September 08, 2023
By Thomas W
Tips Sewa Mobil yang Aman dan Nyaman-otospector

Sewa mobil adalah salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin bepergian dengan nyaman dan fleksibel, terutama di kota besar. Sewa mobil bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang tidak memiliki mobil, bahkan akan terasa lebih sederhana dan praktis. Sewa mobil untuk keperluan liburan misalnya menjadi pilihan utama daripada harus memutuskan untuk nyetir selama berjam-jam.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akan tetapi tidak semua jasa sewa mobil bisa memberikan pelayanan yang memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum Otofriends memilih rental mobil yang akan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips sewa mobil yang aman dan nyaman, cari tahu disini:

#1: Pesan Jauh Hari

Tips Sewa Mobil

Tips sewa mobil yang penting salah satunya adalah memesan mobil yang akan digunakan jauh hari. Hal ini berguna untuk menghindari keterbatasan stok mobil, kenaikan harga, atau penipuan.

Selain itu, Otofriends juga bisa mendapatkan harga atau biaya sewa yang lebih murah dan lebih banyak pilihan jenis mobil jika pemeasanan dilakukan lebih awal. Waktu sewa juga bisa lebih fleksibel, karena sudah direncanakan sejak awal

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

#2: Pilih Jenis Mobil yang Sesuai

Tips Sewa Mobil
Young couple talking to a sales person in a car showroom

Otofriends harus menyesuaikan jenis mobil yang akan Anda sewa dengan kebutuhan dan jumlah penumpang. Misalnya, bepergian satu keluarga atau rombongan, pilihlah mobil berukuran besar seperti MPV atau SUV. Jika bepergian sendiri atau berdua, bisa pilih mobil berukuran kecil seperti city car atau hatchback.

Otofriends juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti bahan bakar, fitur keselamatan, dan kenyamanan saat mengemudi.

#3: Pilih Opsi Lepas Kunci atau Dengan Supir

Tips Sewa Mobil
transportation and ownership concept – customer and salesman with car key

Opsi lepas kunci adalah opsi sewa mobil di mana Otofriends bisa mengemudikan sendiri mobil yang disewa tanpa harus didampingi supir dari jasa rental mobil.

Opsi ini cocok untuk Anda yang ingin lebih bebas dan mandiri dalam berpergian. Namun, opsi ini juga memiliki risiko seperti tanggung jawab atas kerusakan atau kecelakaan, biaya parkir dan tol, serta kemungkinan tersesat di jalan.

Opsi dengan supir adalah opsi sewa mobil di mana Otofriends akan didampingi oleh supir dari jasa rental mobil yang akan mengantarkan ke tempat tujuan.

Opsi kedua ini cocok kalau ingin lebih santai dan nyaman dalam berpergian. Namun, opsi ini juga memiliki kekurangan seperti biaya tambahan untuk supir, kurangnya privasi, dan ketergantungan pada jadwal supir.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Periksa Kondisi Mobil

Tips Sewa Mobil

Sebelum menggunakan mobil yang akan disewa, Otofriends harus memeriksa kondisi fisik dan fungsional mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil tidak memiliki kerusakan atau cacat yang bisa mengganggu kinerja atau keselamatan saat mengemudi.

Periksa juga kelengkapan dokumen dan perlengkapan mobil seperti STNK, SIM, ban cadangan, dongkrak, kunci roda, dll. Jika ada masalah atau ketidaksesuaian dengan kondisi mobil yang dipesan, segera laporkan kepada pihak rental mobil dan mintalah penggantian atau perbaikan.

#5: Pilih Jasa Rental Mobil yang Terpercaya

Tips Sewa Mobil

Cari informasi tentang reputasi, layanan, testimoni, dan harga dari berbagai jasa rental mobil yang ada di daerah tujuan Anda. Gunakan internet, media sosial, atau rekomendasi dari teman atau keluarga.

Terakhir, bacalah syarat dan ketentuan sewa mobil dengan teliti sebelum menandatangani kontrak atau membayar uang muka.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

Bagaimana cara mengetahui mobil SUV bekas dalam kondisi layak pakai?

Meski usia sudah tidak bisa dibilang muda, namun mobil-mobil SUV umumnya masih dipakai harian. Apalagi jika mobil tersebut selalu dirawat. Paling-paling masalahnya ada pada kaki-kaki, karena usia dan penggunaannya.

Untuk memastikan kondisi mobil SUV bekas, Otofriends bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dari detail hasil laporan inspeksi, Otofriends akan punya gambaran utuh tentang kondisinya. Referensi ini bikin kita bisa mengambil keputusan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut