Tips Sewa Mobil yang Aman dan Nyaman

September 08, 2023
By Thomas W
Tips Sewa Mobil yang Aman dan Nyaman-otospector

Sewa mobil adalah salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin bepergian dengan nyaman dan fleksibel, terutama di kota besar. Sewa mobil bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang tidak memiliki mobil, bahkan akan terasa lebih sederhana dan praktis. Sewa mobil untuk keperluan liburan misalnya menjadi pilihan utama daripada harus memutuskan untuk nyetir selama berjam-jam.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Akan tetapi tidak semua jasa sewa mobil bisa memberikan pelayanan yang memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan. Karena itu penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum Otofriends memilih rental mobil yang akan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips sewa mobil yang aman dan nyaman, cari tahu disini:

#1: Pesan Jauh Hari

Tips Sewa Mobil

Tips sewa mobil yang penting salah satunya adalah memesan mobil yang akan digunakan jauh hari. Hal ini berguna untuk menghindari keterbatasan stok mobil, kenaikan harga, atau penipuan.

Selain itu, Otofriends juga bisa mendapatkan harga atau biaya sewa yang lebih murah dan lebih banyak pilihan jenis mobil jika pemeasanan dilakukan lebih awal. Waktu sewa juga bisa lebih fleksibel, karena sudah direncanakan sejak awal

Baca juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas

#2: Pilih Jenis Mobil yang Sesuai

Tips Sewa Mobil
Young couple talking to a sales person in a car showroom

Otofriends harus menyesuaikan jenis mobil yang akan Anda sewa dengan kebutuhan dan jumlah penumpang. Misalnya, bepergian satu keluarga atau rombongan, pilihlah mobil berukuran besar seperti MPV atau SUV. Jika bepergian sendiri atau berdua, bisa pilih mobil berukuran kecil seperti city car atau hatchback.

Otofriends juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti bahan bakar, fitur keselamatan, dan kenyamanan saat mengemudi.

#3: Pilih Opsi Lepas Kunci atau Dengan Supir

Tips Sewa Mobil
transportation and ownership concept – customer and salesman with car key

Opsi lepas kunci adalah opsi sewa mobil di mana Otofriends bisa mengemudikan sendiri mobil yang disewa tanpa harus didampingi supir dari jasa rental mobil.

Opsi ini cocok untuk Anda yang ingin lebih bebas dan mandiri dalam berpergian. Namun, opsi ini juga memiliki risiko seperti tanggung jawab atas kerusakan atau kecelakaan, biaya parkir dan tol, serta kemungkinan tersesat di jalan.

Opsi dengan supir adalah opsi sewa mobil di mana Otofriends akan didampingi oleh supir dari jasa rental mobil yang akan mengantarkan ke tempat tujuan.

Opsi kedua ini cocok kalau ingin lebih santai dan nyaman dalam berpergian. Namun, opsi ini juga memiliki kekurangan seperti biaya tambahan untuk supir, kurangnya privasi, dan ketergantungan pada jadwal supir.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Periksa Kondisi Mobil

Tips Sewa Mobil

Sebelum menggunakan mobil yang akan disewa, Otofriends harus memeriksa kondisi fisik dan fungsional mobil tersebut. Pastikan bahwa mobil tidak memiliki kerusakan atau cacat yang bisa mengganggu kinerja atau keselamatan saat mengemudi.

Periksa juga kelengkapan dokumen dan perlengkapan mobil seperti STNK, SIM, ban cadangan, dongkrak, kunci roda, dll. Jika ada masalah atau ketidaksesuaian dengan kondisi mobil yang dipesan, segera laporkan kepada pihak rental mobil dan mintalah penggantian atau perbaikan.

#5: Pilih Jasa Rental Mobil yang Terpercaya

Tips Sewa Mobil

Cari informasi tentang reputasi, layanan, testimoni, dan harga dari berbagai jasa rental mobil yang ada di daerah tujuan Anda. Gunakan internet, media sosial, atau rekomendasi dari teman atau keluarga.

Terakhir, bacalah syarat dan ketentuan sewa mobil dengan teliti sebelum menandatangani kontrak atau membayar uang muka.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Bekas Rental Ini Wajib Anda Ketahui!

Bagaimana cara mengetahui mobil SUV bekas dalam kondisi layak pakai?

Meski usia sudah tidak bisa dibilang muda, namun mobil-mobil SUV umumnya masih dipakai harian. Apalagi jika mobil tersebut selalu dirawat. Paling-paling masalahnya ada pada kaki-kaki, karena usia dan penggunaannya.

Untuk memastikan kondisi mobil SUV bekas, Otofriends bisa memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dari detail hasil laporan inspeksi, Otofriends akan punya gambaran utuh tentang kondisinya. Referensi ini bikin kita bisa mengambil keputusan terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Honda City 2015 Bekas Per 2024

Januari 25, 2024
Salah satu kelebihan mobil sedan adalah desainnya compact, namun tetap bisa modern dan elegan. Kelebihan-kelebihan inilah yang ada di Honda City 2015 yang masuk dalam generasi keenam. Tak heran jika All New Honda City 2015 bekas ini masih menjadi primadona di pasaran mobil bekas, karena setiap tahun mobil ini terus mendapat penyempurnaan, baik penampilan, mesin,
Baca Lebih Lanjut

Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan. Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan
Baca Lebih Lanjut

Update Mobil Bekas Harga 100 Jutaan Pilihan Terbaik 2024

Januari 25, 2024
Ada berbagai pertimbangan untuk seorang konsumen dalam beli mobil bekas. Bisa keinginan akan merek atau tipe tertentu, kebutuhan sehari-hari, serta yang tidak kalah penting adalah faktor dana yang tersedia. Buat yang lagi nyari kendaraan, simak yuk harga mobil bekas di bawah 100 juta. Maklum, untuk membeli mobil bekas, konsumen harus cermat dalam mengatur anggaran, karena
Baca Lebih Lanjut