Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

April 04, 2024
By Thomas W
Tips Mudik Pakai Mobil Listrik-otospector

Mudik pakai pakai mobil listrik memang belum jadi kelaziman. Pasalnya, mobil listrik saat ini masih terhitung eksklusif karena harganya memang masih mahal. Selain itu, masih jarang orang berani berpergian jauh pakai mobil listrik, apalagi untuk mudik.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Padahal mudik pakai mobil listrik sebenarnya sama saja dengan mobil konvensional. Asalkan, Otofriends bisa mempersiapkan dan merencanakan segala sesuatunya sebelum keberangkatan. Bahkan, mudik pakai mobil listrik jelas akan lebih hemat biaya dibandingkan mobil berbahan bakar BBM.

Apa saja tips mudik pakai mobil listrik dan persiapan yang bisa dilakukan? Berikut kita paparkan fakta-faktanya:

#1: Rencanakan Rute dan Jarak Tempuh

Mudik Pakai Mobil Listrik

Sumber: Daily Genius

Pastikan Otofriends mengetahui jarak tempuh yang akan dilalui sampai ke kota tujuan dengan kapasitas baterai dari mobil listrik.

Dengan memakai aplikasi peta digital, coba cari informasi jarak dan lokasi-lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang rute. Carilah SPKLU yang mudah diakses dan waktu tunggunya singkat.

Jangan lupa, perhitungkan juga waktu pengisian baterai di SPKLU dalam estimasi waktu perjalanan total sampai di tempat tujuan.

Baca juga: Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

#2: Persiapkan Kendaraan

Mudik Pakai Mobil Listrik

Sumber: Wiise

Sebelum berangkat, pastikan mobil dalam kondisi prima. Lakukan servis rutin dan pastikan komponen seperti rem, wiper, dan tekanan ban bekerja dengan baik.

Meski mungkin sudah beberapa waktu punya mobil listrik, tapi tidak ada salahnya Otofriends memastikan sudah paham betul cara kerja mobil listrik yang baik dan benar. Terutama cara mengoptimalkan penggunaan baterai dan teknik mengemudi yang hemat energi.

Bawa juga berbagai perlegkapan darurat seperti kabel charger portabel, power bank, dan peralatan tambal ban.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Pahami Cara Mengemudi Hemat Energi

Mudik Pakai Mobil Listrik

Sumber: Motoringelectric.com

Saat berpergian dengan jarak jauh adalah saatnya Otofriends memahami cara mengemudi hemat energi. Karena di sini bisa membandingkan langsung jarak tempuh dengan konsumsi energi baterai.

Cara mudahnya adalah dengan berkendara stabil yakni menghindari akselerasi dan pengereman mendadak. Gunakan pula mode Eco.

Jika memang memungkinkan, matikan fitur-fitur yang tidak perlu seperti AC, head unit, dan fitur yang tidak mendesak untuk menghemat baterai.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kumpulkan Informasi Tentang Keberadaan SPKLU

Mudik Pakai Mobil Listrik

Sumber: Kompas.com

Carilah informasi yang pasti titik-titik lokasi SPKLU di rute yang akan dilewati.

Informasi ini bisa didapat lewat aplikasi PLN Mobile, call center atau website PLN yang dapat diakses 24 jam.

Sekadar informasi, dalam arus mudik 2024 ini PLN sudah mempersiapkan 1.124 unit SPKLU di seluruh Indonesia. Jadi tidak perlu takut kekurangan ya!

Baca juga: Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Mobil bekas apakah aman dibawa jalan jauh?

Mobil bekas tentu kondisinya tidak sama dengan mobil baru. Namun jika kondisinya masih memungkinkan, tidak ada salahnya dibawa perjalanan jauh seperti mudik.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail saat inspeksi mobil, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Ngiler Inilah 5 Mobil Tercepat di Dunia 2024

Februari 14, 2024
Bagi penggemar mobil dengan performa terbaik dan kecepatan tertinggi, prestasi berupa kecepatan maksimal atau top speed, selalu jadi bahan pembicaraan yang seru. Pasalnya, banyak produsen mobil dunia yang berlomba-lomba untuk mencatatkan produknya sebagai yang tercepat. Tentu saja mobil dengan kecepatan di atas rata-rata ini tidak selalu dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan justru adalah untuk performa
Baca Lebih Lanjut

10 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Update 2024

Februari 13, 2024
Ketika Otofriends memikirkan tentang beli mobil, salah satu pertimbangan yang seringkali menjadi prioritas adalah membeli mobil bekas murah yang tetap dapat memenuhi kebutuhan transportasi. Mobil bekas murah seringkali menjadi alternatif yang bijak untuk mendapatkan kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, terlebih lagi pada tahun 2023 di mana perekonomian masih belum menentu. Berikut adalah
Baca Lebih Lanjut

Koleksi Mobil Anies Baswedan

Februari 13, 2024
Dari tiga calon presiden yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 salah satu nama adalah Anies Baswedan. Di tengah masyarakat, tokoh ini dikenal sebagai calon presiden yang berlatar belakang akademisi. Kariernya banyak dihabiskan dalam dunia pendidikan, baik dalam gerakan sosial masyarakat, akademisi, sampai menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan. Menjelang Pemilu 2024, setiap calon presiden memang akan
Baca Lebih Lanjut