Memilih Mobil untuk Keluarga? Ini 5 Pertimbangannya

Januari 11, 2018
By jandika
Memilih Mobil untuk Keluarga? Ini 5 Pertimbangannya-otospector

Memberikan kendaraan yang nyaman untuk keluarga sebenarnya tidak harus baru. Biarpun bekas, banyak juga lho mobil yang berkualitas baik dan tak mengecewakan. Asalkan dipilih dengan tepat, kenyamanan serta keamanan keluarga juga bisa tetap terjamin.

Selain harga yang pas dengan budget Anda, kira-kira hal apa saja ya yang harus dipertimbangkan saat akan memilih mobil bekas untuk keluarga?

#1: Jumlah Anggota Keluarga VS Tipe Mobil

Mobil Keluarga 1

Kebanyakan keluarga di Indonesia membeli jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) untuk dijadikan family car. Jumlah tempat duduknya mencapai 7-8 orang sehingga muat untuk sebuah keluarga. Bila bagian belakang tak digunakan, kursi dapat dilipat dan dijadikan bagasi.

Bila anggota keluarga hanya terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka tipe hatchback pun dapat dijadikan pilihan. Biarpun kecil, namun tempat duduk bagian belakang tetap nyaman karena hanya diisi oleh dua orang.

Sementara itu bila anggota keluarga lebih dari delapan, sebaiknya pilihlah tipe mobil van. Jumlah tempat duduk di mobil tipe ini lebih banyak. Selain itu kabin mobil pun lebih besar daripada tipe MVP, jadi anggota keluarga tak perlu berdesak-desakan di dalam dan tetap merasa nyaman.

#2: Kehadiran Bagasi

Mobil Keluarga 2

Berkendara bersama keluarga bukan hanya ramai karena jumlah orangnya, namun juga dengan barang-barang yang dibawa. Itu mengapa kehadiran bagasi pada mobil perlu dijadikan pertimbangan juga. Tidak mau ‘kan jalan-jalan bersama keluarga namun mobil jadi sesak karena tidak ada tempat penyimpanan?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil MPV untuk keluarga memang tidak punya ruang bagasi khusus. Akan tetapi ruang duduk di bagian belakang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang, sebab kursinya dapat dilipat.

Lain halnya dengan tipe hatchback atau SUV yang umumnya sudah dilengkapi bagasi cukup besar. Anda yang berniat membeli mobil van harus bisa menata barang bawaan keluarga dengan baik, sebab area penyimpanannya relatif kecil.

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#3: Fitur Keamanan Mobil

Mobil Keluarga 3

Membawa keluarga berkendara itu berarti tanggung jawabnya lebih besar. Agar keselamatan tiap penumpang dapat terjaga, sebaiknya pilihlah mobil bekas untuk keluarga yang dilengkapi sistem keamanan. Fitur paling dasar yang harus ada ialah sabuk pengaman di tiap kursi.

Bila Anda memiliki anak yang masih usia balita, pastikan pula bahwa mobil tersebut memiliki sistem child safety lock. Sistem ini dapat menjaga keamanan anak Anda walaupun mereka bermain dengan handle pintu serta jendela mobil saat kendaraan tengah melaju.

Beberapa sistem keamanan lain yang juga perlu diperhatikan ialah kehadiran air bag dan anti-lock braking system. Bila terjadi kecelakaan, maka potensi penumpang terkena cedera pun dapat terminimalisir.

#4: Irit Bahan Bakar

Mobil Keluarga 4

Mobil bekas untuk keluarga yang nantinya Anda beli mungkin akan sangat sering digunakan. Berwisata di akhir pekan, mengantar anak ke sekolah, mengantar pasangan ke kantor atau ke pasar, dan lainnya. Bila mobil tersebut tidak irit bensin, maka pengeluaran untuk bahan bakar mobil jadi sangat berat!

Maka itu pilihlah mobil keluarga yang menawarkan penggunaan bakar bakar yang hemat. Anda dapat mengukurnya dari jarak kilometer yang dapat ditempuh per liter bensin. Tipe bahan bakar yang digunakan mobil tersebut pun perlu diperhatikan agar tidak boros.

Baca juga: 5 Mobil Keluarga Murah Kelas Premium Harga 200 Jutaan

#5: Fasilitas Hiburan

Mobil Keluarga 5

Pergi bersama keluarga dengan waktu tempuh yang panjang bisa jadi membuat mereka cepat bosan. Anak kecil yang bosan pun bisa cenderung rewel. Maka itu, kehadiran fasilitas hiburan seperti pemutar musik atau bahkan televisi kecil mungkin bisa ditambahkan pada mobil pilihan.

Di pasaran, cukup banyak tersedia mobil bekas untuk keluarga yang sudah dimodifikasi dengan penambahan televisi. Mobil baru yang sudah memiliki fitur demikian pun ada, namun biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal.

Ada satu hal lagi yang tak kalah penting dilakukan sebelum memilih mobil untuk keluarga, yaitu kualitasnya! Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi mobil bekas pilihan Anda sebelum melakukan transaksi jual-beli dengan bantuan OtoSpector. Lebih aman, lebih baik bukan?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut