;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Memilih Mobil untuk Keluarga? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Januari 11, 2018
By jandika
Memilih Mobil untuk Keluarga? Ini yang Harus Dipertimbangkan-otospector

Memberikan kendaraan yang nyaman untuk keluarga sebenarnya tidak harus baru. Biarpun bekas, banyak juga lho mobil yang berkualitas baik dan tak mengecewakan. Asalkan dipilih dengan tepat, kenyamanan serta keamanan keluarga juga bisa tetap terjamin.

Selain harga yang pas dengan budget Anda, kira-kira hal apa saja ya yang harus dipertimbangkan saat akan memilih mobil bekas untuk keluarga?

#1: Jumlah Anggota Keluarga VS Tipe Mobil

Mobil Keluarga 1

Kebanyakan keluarga di Indonesia membeli jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) untuk dijadikan family car. Jumlah tempat duduknya mencapai 7-8 orang sehingga muat untuk sebuah keluarga. Bila bagian belakang tak digunakan, kursi dapat dilipat dan dijadikan bagasi.

Bila anggota keluarga hanya terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka tipe hatchback pun dapat dijadikan pilihan. Biarpun kecil, namun tempat duduk bagian belakang tetap nyaman karena hanya diisi oleh dua orang.

Sementara itu bila anggota keluarga lebih dari delapan, sebaiknya pilihlah tipe mobil van. Jumlah tempat duduk di mobil tipe ini lebih banyak. Selain itu kabin mobil pun lebih besar daripada tipe MVP, jadi anggota keluarga tak perlu berdesak-desakan di dalam dan tetap merasa nyaman.

#2: Kehadiran Bagasi

Mobil Keluarga 2

Berkendara bersama keluarga bukan hanya ramai karena jumlah orangnya, namun juga dengan barang-barang yang dibawa. Itu mengapa kehadiran bagasi pada mobil perlu dijadikan pertimbangan juga. Tidak mau ‘kan jalan-jalan bersama keluarga namun mobil jadi sesak karena tidak ada tempat penyimpanan?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mobil MPV untuk keluarga memang tidak punya ruang bagasi khusus. Akan tetapi ruang duduk di bagian belakang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang, sebab kursinya dapat dilipat.

Lain halnya dengan tipe hatchback atau SUV yang umumnya sudah dilengkapi bagasi cukup besar. Anda yang berniat membeli mobil van harus bisa menata barang bawaan keluarga dengan baik, sebab area penyimpanannya relatif kecil.

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#3: Fitur Keamanan Mobil

Mobil Keluarga 3

Membawa keluarga berkendara itu berarti tanggung jawabnya lebih besar. Agar keselamatan tiap penumpang dapat terjaga, sebaiknya pilihlah mobil bekas untuk keluarga yang dilengkapi sistem keamanan. Fitur paling dasar yang harus ada ialah sabuk pengaman di tiap kursi.

Bila Anda memiliki anak yang masih usia balita, pastikan pula bahwa mobil tersebut memiliki sistem child safety lock. Sistem ini dapat menjaga keamanan anak Anda walaupun mereka bermain dengan handle pintu serta jendela mobil saat kendaraan tengah melaju.

Beberapa sistem keamanan lain yang juga perlu diperhatikan ialah kehadiran air bag dan anti-lock braking system. Bila terjadi kecelakaan, maka potensi penumpang terkena cedera pun dapat terminimalisir.

#4: Irit Bahan Bakar

Mobil Keluarga 4

Mobil bekas untuk keluarga yang nantinya Anda beli mungkin akan sangat sering digunakan. Berwisata di akhir pekan, mengantar anak ke sekolah, mengantar pasangan ke kantor atau ke pasar, dan lainnya. Bila mobil tersebut tidak irit bensin, maka pengeluaran untuk bahan bakar mobil jadi sangat berat!

Maka itu pilihlah mobil keluarga yang menawarkan penggunaan bakar bakar yang hemat. Anda dapat mengukurnya dari jarak kilometer yang dapat ditempuh per liter bensin. Tipe bahan bakar yang digunakan mobil tersebut pun perlu diperhatikan agar tidak boros.

#5: Fasilitas Hiburan

Mobil Keluarga 5

Pergi bersama keluarga dengan waktu tempuh yang panjang bisa jadi membuat mereka cepat bosan. Anak kecil yang bosan pun bisa cenderung rewel. Maka itu, kehadiran fasilitas hiburan seperti pemutar musik atau bahkan televisi kecil mungkin bisa ditambahkan pada mobil pilihan.

Di pasaran, cukup banyak tersedia mobil bekas untuk keluarga yang sudah dimodifikasi dengan penambahan televisi. Mobil baru yang sudah memiliki fitur demikian pun ada, namun biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal.

Ada satu hal lagi yang tak kalah penting dilakukan sebelum memilih mobil untuk keluarga, yaitu kualitasnya! Jangan ragu untuk memeriksakan kondisi mobil bekas pilihan Anda sebelum melakukan transaksi jual-beli dengan bantuan OtoSpector. Lebih aman, lebih baik bukan?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya. Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris,
Baca Lebih Lanjut

Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya

September 29, 2019
Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan. Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus
Baca Lebih Lanjut

Inilah 5 Rekomendasi Mobil Bekas Untuk Wanita

September 27, 2019
Konon kabarnya, memilih mobil untuk wanita, agak-agak sedikit ribet. Sebab pertimbangan utamanya katanya bukanlah soal teknis belaka. Melainkan juga soal rasa aman, praktis, dan tentu saja modelnya yang harus “cantik”. Menariknya, pengetahuan tentang mobil untuk wanita ini bukan hanya harus diketahui wanita saja. Namun termasuk juga pasangan atau orang tua, yang mungkin akan membelikan mobil
Baca Lebih Lanjut

Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Komponen Ini Wajib Ditengok.

September 20, 2019
Karena mobil yang akan Anda beli bukan mobil baru lagi, maka wajar jika sudah terjadi penurunan kinerja. Penyebabnya, tak lain karena beberapa komponen sumber kelistrikan sudah cukup berumur. Contohnya seperti aki, alternator, maupun segala macam kabel. Kelistrikan yang mulai bermasalah ditandai dengan ketidakstabilan beberapa komponen saat dipergunakan. Misalnya, lampu utama, AC mobil, atau wiper yang
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya