Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
By Getan Metodius
Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil-otospector

Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil.

Pada pembahasan kali ini, kita akan menggali arti dari banyaknya lampu indikator yang paling umum di dashboard mobil dan mengapa penting untuk kamu memahaminya ya otofriends.

Dashboard mobil merupakan layar penting yang memberikan informasi kepada kamu sebagai pengemudi tentang kondisi mobil. Lampu indikator di dalamnya punya peran sebagai pemberi sinyal yang akan memperingatkan tentang masalah potensial atau peringatan rutin.

Ini mirip dengan bahasa yang digunakan mobil Kamu untuk berkomunikasi dengan Kamu, catat ya, memahaminya adalah kunci untuk menjaga mobil kamu tetap dalam kondisi terbaik.

#1: Lampu Dari Check Engine (Mesin).

lampu indikator check engine mobil

Sumber: hsrwheel

Lampu ini mungkin adalah yang paling dikenal di antara semua lampu indikator. Jika lampu ini menyala, itu menunjukkan adanya masalah dengan mesin mobil Kamu. Ini bisa berarti sesuatu yang sederhana seperti sistem pengapian atau sesuatu yang lebih serius seperti masalah yang ada pada sensor oksigen. Segera lakukan pemeriksaan di bengkel untuk kamu mengidentifikasi dan memperbaiki masalahnya.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

#2: Lampu Oli.

lampu indikator

Sumber: Otofemale

Lampu indikator ini bisa menunjukkan bahwa tekanan minyak mesin sedang rendah. Ini bisa disebabkan oleh banyak masalah, mulai dari kebocoran sampai kurangnya pelumasan yang memadai. Jangan mengabaikan lampu ini tekanan minyak yang rendah bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada mesin.

#3: Lampu Suhu.

suhu mesin mobil

Sumber: gridoto

Lampu ini akan menyala ketika mesin mobil terlalu panas. Hal ini bisa disebabkan juga oleh berbagai faktor seperti kebocoran cairan pendingin atau juga masalah pada sistem pendingin. Segera hentikan mobil dan biarkan mesin mendingin sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

#4: Lampu Baterai.

indikator baterai

Sumber: suara.com

Jika lampu ini menyala, itu menunjukkan adanya masalah pada sistem pengisian baterai. Ini bisa berarti alternator rusak atau aki lemah. Sebaiknya periksa sistem pengisian dan baterai mobil segera untuk menghindari mogok di jalan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

#5: Lampu Rem.

indikator lampu rem mobil

Sumber: gridoto

Lampu ini menunjukkan masalah pada sistem rem mobil. Ini bisa menjadi indikasi bahwa kampas rem aus atau ada kebocoran pada sistem rem, bisa juga cairan rem sedikit sampai tekanan rem tidak seimbang. Periksa sistem rem Kamu segera karena rem yang buruk dapat membahayakan keselamatan Kamu.

#6: Lampu ABS.

Lampu ABS (Antilock Braking System) akan menyala jika ada masalah dengan sistem rem anti terkunci. Ini menunjukkan bahwa mobil mungkin tidak memiliki fitur pengereman yang optimal pada situasi darurat. Perbaikan segera diperlukan untuk menjaga keselamatan berkendara Kamu.

#7: Lampu Airbag.

Lampu ini menunjukkan masalah dengan sistem airbag mobil Kamu. Ini adalah indikator penting untuk diperhatikan karena airbag yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengurangi perlindungan dalam kecelakaan.

Kesimpulan:

Lampu indikator di dashboard mobil adalah jendela ke kesehatan mobil Kamu. Memahami arti dari setiap lampu indikator memungkinkan Kamu untuk merespons dengan cepat terhadap masalah yang mungkin terjadi pada mobil.

Dengan demikian, Kamu dapat menjaga mobil Kamu dalam kondisi terbaik dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan berkendara Kamu. Jangan pernah abaikan lampu indikator; mereka adalah cara mobil Kamu berbicara dengan Kamu.

Jika kamu mau beli mobil bekas, perlu juga pastiin hal ini nggak ada masalah. Lebih menghemat waktu dan bisa berpeluang dapetin mobil berkualitas lebih tinggi, mending pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector aja deh.

Inspeksi mobil pertama dan terbaik di Indonesia, kamu bisa punya keputusan yang lebih bagus buat beli mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Radiator Mobil Pakai Air Mineral?

April 17, 2024
Bolehkah Radiator mobil pakai air mineral? Begitu pertanyaan klasik dari para pemilik mobil yang peduli dengan perawatan kendaraan terutama radiator. Maklum, radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Jangan sampai mesin jadi overheat cuma gara-gara radiator bermasalah. Tapi masalahnya, masih banyak juga orang yang mencoba mencari alternatif cairan pengisi radiator. Alasannya cuma ingin praktis saja.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

April 16, 2024
Sudah ada yang tahu belum? Kalau sekarang sedang dirancang aturan pembatasan untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dan akan segera diberlakukan lho. Jadi, dengan adanya aturan ini akan diberlakukan pelarangan menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Sebetulnya wacana ini udah dari lama bang min denger, cuma baru mulai ramai dibahas dan digodog beberapa pekan terakhir
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah
Baca Lebih Lanjut