Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
By Getan Metodius
Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan-otospector

Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan kecil.

Hanya beberapa orang yang susah sekali mengenali kondisi tersebut. Nah, berikut ini adalah ciri–ciri mobil bekas yang sudah melalui proses cat ulang atau dempulan.

#1: Belangnya warna cat

cat mobil belang

Sumber: Tokopedia

    Tanda pertama yaitu belangnya warna cat mobil. Jika sebuah mobil sudah bekas maka akan mengalami cat berulang atau dempul yang sudah sangat kelihatan. Bodi dari mobil bekas ada beberapa bagian yaitu seperti atas, pintu, atau kap mobil.

    Perhatikanlah beberapa komponen tersebut, maka kamu pasti bisa melihat perbedaan warna mobil yang sudah tidak kontras pada bagian komponen tersebut. Jika kamu sudah bisa melihat perbedaan tersebut makan kemungkinan mobil itu sudah mengalami proses pengecetan ulang atau dempulan.

    Baca juga: Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

    #2: Suara tidak nyaring saat bodi mobil diketok

    mobil penyok

    Sumber: Liputan6

    Nah, ini adalah salah satu tergampang yang udah dikenali pada mobil bekas yang sudah mengalami proses cat ulang atau dempulan adalah dengan cara mengetok bagian bodi mobil.

    Jika mobil yang belum mengalami cat ulang atau dempulan akan menghasilkan suara yang nyaring saat diketok bodi nya. Dan jika mobil yang sudah melalui proses cat berulang biasanya suaranya akan lebih berat.

    Tapi, cara ini juga tidak selalu berhasil kesemua jenis mobil ya. Apa lagi dengan mobil keluaran terbaru, atau mobil yang berasal dari Eropa, karena mobil Eropa mempunyai bodi yang tidak bisa menghasialkan suara yang nyaring.

    beli mobil bekas di tokopedia

    #3: Hasil cat yang tidak rapi atau bergelombang

    cat mobil

    Sumber: Clicks.id

    Berikut ini adalah cara yang bisa dipakai secara visual. Biasanya mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang akan mempunyai cat yang tidak rapi atau bergelombang.

    Biasanya di bagian bodi mobil yang sudah di cat akan terdapat bintik–bintik cat atau terlihat seperti beruntusan, dan akan terdapat cat yang tidak rapih mengenai bagian lis karet, kap mesin, pintu mobil. Dan bahkan jika proses cat ulang atau dempul tidak rapi maka biasanya akan terlihat gelombang cat yang tidak merata seperti ada bentol pada permukaan cat nya.

    Garansi Mobil Bekas Otospector
    Garansi Mobil Bekas Otospector

    #4: Tidak rapi saat memasang bodi

    dempulan mobil

    Sumber: Tribun Jogja

    Pada saat pihak bengkel hendak ingin cat ulang mobil, maka biasanya akan dilakukan pelepasan beberapa bagian bodi mobil. Nah, pada saat pemasangan kembali sering kali tidak dilakukan dengan rapi atau asal–asalan. Misalnya seperti ada terdapat celah di antara bagian mobil yang satu dengan bagian mobil yang lainnya.

    #5: Ada keretakan pada bagian cat

    cat mobil retak

    Sumber: Radium

    Ini yang seling terjadi dan mudah untuk dikenali ketika mobil sudah mengalami proses cat ulang akan menimbulkan keterakan pada cat. Biasa nya ini terjadi karena mobil tersebut sudah digunakan dalam waktu lama.

    Jika kamu sudah menemukan tanda ini maka ada kemungkinan mobil tersebut sudah mengalami proses dempulan.

    Baca juga: Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini 5 Keuntungan Dan Kerugiannya Update 2024

    Beli mobil bekas jangan yang bekas dempulan:

    Pastikan beli mobil bekas yang sehat, mulai dari eksterior termasuk cat. Menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector bakal bantu kamu dapat mobil yang berkualitas mulai dari eksterior sampai interior termasuk juga mesin dan transmisi.

    Bagikan

    Baca Artikel Lainnya

    Baca Artikel Lainnya

    Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

    April 03, 2024
    Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
    Baca Lebih Lanjut

    Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

    Maret 31, 2024
    Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
    Baca Lebih Lanjut

    Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

    Maret 31, 2024
    Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
    Baca Lebih Lanjut