Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan

Januari 25, 2024
By Getan Metodius
Selain Belang, Ini Tanda Lain Kalau Mobil Bekas Dempulan-otospector

Mobil bekas menjadi salah satu pertimbangan yang sangat selektif, seperti yang kita ketahui bahwa mobil bekas biasanya telah mengalami proses cat berulang kali atau biasa dibilang dengan sebutan dempulan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kondisi mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang kali atau dempulan biasanya kondisi mobil sudah pernah mengalami kecelakaan. Baik kecelakaan yang besar atau pun hanya kecelakaan kecil.

Hanya beberapa orang yang susah sekali mengenali kondisi tersebut. Nah, berikut ini adalah ciri–ciri mobil bekas yang sudah melalui proses cat ulang atau dempulan.

#1: Belangnya warna cat

cat mobil belang

Sumber: Tokopedia

    Tanda pertama yaitu belangnya warna cat mobil. Jika sebuah mobil sudah bekas maka akan mengalami cat berulang atau dempul yang sudah sangat kelihatan. Bodi dari mobil bekas ada beberapa bagian yaitu seperti atas, pintu, atau kap mobil.

    Perhatikanlah beberapa komponen tersebut, maka kamu pasti bisa melihat perbedaan warna mobil yang sudah tidak kontras pada bagian komponen tersebut. Jika kamu sudah bisa melihat perbedaan tersebut makan kemungkinan mobil itu sudah mengalami proses pengecetan ulang atau dempulan.

    Baca juga: Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

    #2: Suara tidak nyaring saat bodi mobil diketok

    mobil penyok

    Sumber: Liputan6

    Nah, ini adalah salah satu tergampang yang udah dikenali pada mobil bekas yang sudah mengalami proses cat ulang atau dempulan adalah dengan cara mengetok bagian bodi mobil.

    Jika mobil yang belum mengalami cat ulang atau dempulan akan menghasilkan suara yang nyaring saat diketok bodi nya. Dan jika mobil yang sudah melalui proses cat berulang biasanya suaranya akan lebih berat.

    Tapi, cara ini juga tidak selalu berhasil kesemua jenis mobil ya. Apa lagi dengan mobil keluaran terbaru, atau mobil yang berasal dari Eropa, karena mobil Eropa mempunyai bodi yang tidak bisa menghasialkan suara yang nyaring.

    beli mobil bekas di tokopedia

    #3: Hasil cat yang tidak rapi atau bergelombang

    cat mobil

    Sumber: Clicks.id

    Berikut ini adalah cara yang bisa dipakai secara visual. Biasanya mobil bekas yang sudah mengalami cat berulang akan mempunyai cat yang tidak rapi atau bergelombang.

    Biasanya di bagian bodi mobil yang sudah di cat akan terdapat bintik–bintik cat atau terlihat seperti beruntusan, dan akan terdapat cat yang tidak rapih mengenai bagian lis karet, kap mesin, pintu mobil. Dan bahkan jika proses cat ulang atau dempul tidak rapi maka biasanya akan terlihat gelombang cat yang tidak merata seperti ada bentol pada permukaan cat nya.

    Garansi Mobil Bekas Otospector
    Garansi Mobil Bekas Otospector

    #4: Tidak rapi saat memasang bodi

    dempulan mobil

    Sumber: Tribun Jogja

    Pada saat pihak bengkel hendak ingin cat ulang mobil, maka biasanya akan dilakukan pelepasan beberapa bagian bodi mobil. Nah, pada saat pemasangan kembali sering kali tidak dilakukan dengan rapi atau asal–asalan. Misalnya seperti ada terdapat celah di antara bagian mobil yang satu dengan bagian mobil yang lainnya.

    #5: Ada keretakan pada bagian cat

    cat mobil retak

    Sumber: Radium

    Ini yang seling terjadi dan mudah untuk dikenali ketika mobil sudah mengalami proses cat ulang akan menimbulkan keterakan pada cat. Biasa nya ini terjadi karena mobil tersebut sudah digunakan dalam waktu lama.

    Jika kamu sudah menemukan tanda ini maka ada kemungkinan mobil tersebut sudah mengalami proses dempulan.

    Baca juga: Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini 5 Keuntungan Dan Kerugiannya Update 2024

    Beli mobil bekas jangan yang bekas dempulan:

    Pastikan beli mobil bekas yang sehat, mulai dari eksterior termasuk cat. Menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector bakal bantu kamu dapat mobil yang berkualitas mulai dari eksterior sampai interior termasuk juga mesin dan transmisi.

    Bagikan

    Baca Artikel Lainnya

    Baca Artikel Lainnya

    Apa Penyebab RPM Mobil Matic Naik Turun?

    Mei 19, 2024
    RPM mobil matic yang naik turun adalah tanda adanya ketidakberesan pada mesin atau sistem idle speed control. Pengemudi yang peduli kepada mobilnya, tentu bakal terganggu  dengan kondisi ini. Tetapi sebenarnya, yang lebih parah lagi kondisi ini bakal menyebabkan performa mobil yang tidak optimal bahkan mengakibatkan kerusakan. Kondisi RPM mobil matic yang naik turun bisa menyebabkan
    Baca Lebih Lanjut

    Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

    Mei 18, 2024
    Seperti yang kita ketahui, kaca film merupakan komponen yang sangat penting, karena berfungsi sebagai untuk penolak panas ketika kita di kabin mobil dan juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang. Di zaman sekarang ini banyak sekali merek kaca film yang mudah ditemui baik itu asli atau palsu. Tapi kalau nggak hati-hati kamu bisa dapetin yang aspal,
    Baca Lebih Lanjut

    Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

    Mei 16, 2024
    Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
    Baca Lebih Lanjut