Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
By Thomas W
Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil-otospector

Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil ini memang bukan hal yang biasa dilakukan. Jadi harus benar-benar cermat diperhitungkan biayanya.

Nah, agar Otofriends paham apa itu flushing AC mobil dan biayanya, yuk kita simak fakta-faktanya:

#1: Pengertian Flushing AC Mobil

Flushing AC Mobil

Sumber: oto.com

Flushing AC mobil pada dasarnya adalah proses pembersihan seluruh sistem AC mobil menggunakan mesin khusus yang terkomputerisasi.

Proses ini sangat sederhana karena cuma tinggal colok selang high dan low pressure. Selebihnya, mesin akan bekerja sendiri mengganti oli AC mobil beserta kotoran-kotoran yang menghambat fungsi kompresor .

Jika tidak menggunakan mesin flushing, pembersihan bisa saja dilakukan secara manual dengan membongkar seluruh komponen di dalam AC mobil. Perbedaannya yang langsung bisa dirasakan adalah soal waktu pengerjaannya.

Pembersihan dengan proses flushing memakan waktu maksimal sekitar 1,5 jam saja. Sementara jika dibongkar manual, bisa memakan waktu sekitar 8 jam.

Baca juga: Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Cara Kerjanya

#2: Keuntungan Memilih Proses Flushing

Flushing AC Mobil

Sumber: OLX

Proses flushing dirasa sangat efisien karena tidak perlu membongkar mesin dan komponen AC mobil sama sekali. Selain masalah waktu, proses bongkar pasang mesin AC ini juga berisiko jika tidak ditangani ahlinya.

AC mobil juga terhindar dari bahan-bahan pembersih yang bisa menyebabkan pencemaran sekunder. Contohnya pemakaian bensin, minyak tanah, thinner, dll., yang biasa dilakukan pada pembersihan dengan cara manual.  

Bahan-bahan seperti ini bisa saja mengontaminasi sistem AC mobil yang bisa menyebabkan kerusakan atau korosi pada komponen.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Keuntungan Penggunaan Mesin Dalam Flushing  

Flushing AC Mobil

Sumber: Blibli.com

Alat flushing pada umumnya dilengkapi kemampuan-kemampuan seperti flushing, recovery, vacuum, dan charging.

Fungsi-fungsi itu antara lain membuat penggantian dan pengurasan oli bisa efektif. Volume oli bisa lebih akurat, karena keluar dan masuknya oli diperhitungkan dengan komputer.

Dalam hal kebersihan, segala kotoran dan residu dari komponen-komponen yang aus juga bisa dibersihkan tuntas.

Menariknya lagi, mesin ini juga bisa mendeteksi kebocoran pada sistem AC mobil. Kemurnian freon juga dapat diketahui secara mudah. 

Tentunya dengan segala kemampuan ini, segala kerusakan AC mobil di masa depan bakal bisa diantisipasi lebih dini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Biaya Flushing AC Mobil

Flushing AC Mobil

Sumber: montecarlobengkel.com

Biaya flushing AC mobil sangatlah bervariasi, tergantung pada lokasi bengkel, fasilitas bengkel, jenis AC mobil, jenis mobil, ada tidaknya pergantian komponen, dan biaya jasanya.

Sekadar gambaran, untuk daerah Jabodetabek biayanya berkisar Rp500 ribu untuk flushing saja (belum termasuk oli) hingga Rp1,5 juta untuk flushing dan penggantian oli kompresor.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Seputar Filter AC Mobil

Bagaimana cara memastikan kinerja filter-filter di mobil bekas?

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, tentu penting untuk memastikan apakah filter-filter di mobil tersebut masih berfungsi baik. Kondisi berbagai filter di dalam kendaraan pada akhirnya memang berhubungan dengan kinerja mesin. Salah satunya adalah filter AC.

Untuk memastikan kinerja mesin sebuah mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur inspeksi yang detail dan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil bekas secara keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut