;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Cara Kerjanya

Desember 29, 2020
By Thomas W
Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Cara Kerjanya-otospector

Banyak orang mengira AC mobil akan terus bekerja sepanjang masa, sehingga mereka tak merasa perlu melakukan servis AC mobil berkala.

Padahal, pemeliharaan AC seharusnya rutin dilakukan setidaknya setiap 10.000 km (6 bulan), 20.000 km (1 tahun), serta 40.000 km (2 tahun). Di dalam tiap tahapan, ada pekerjaan penyegaran, pemeliharaan sampai pergantian part sekiranya ada yang aus atau rusak.

Lalai dalam merawat rutin AC, risikonya bisa timbul masalah mendadak. Misalnya tiba-tiba AC tidak dingin, embusan angin lemah, timbul bunyi-bunyian, atau malah mati sama sekali. Kalau sudah bermasalah seperti ini, biaya servis jadi sangat besar.

Saat servis AC mobil, Otofriends memang tidak akan ikut turun tangan sendiri. Tapi ada baiknya kita tahu beberapa hal menyangkut sistem kerja dan komponen di dalam AC mobil berikut ini:

#1: Mekanisme Kerja AC Mobil

Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Hal-Hal Ini

Banyak orang penasaran beda AC rumah dengan AC mobil. Kalau soal struktur kerjanya, memang sama. Bedanya pada kapasitas saja, karena luas ruangan atau kabin yang disasar juga berbeda.

Perbedaan juga ada pada putaran kompresor. Pada AC mobil sifatnya lebih dinamis karena mengikuti putaran mesin (RPM) mobil. Semakin cepat putaran mesin, kompresor bekerja lebih cepat sehingga kabin lebih cepat dingin. Sedangkan kompresor AC rumah sifatnya statis, mengikuti pengaturan yang dipilih.

Mekanisme kerja AC dimulai dari kompresor yang menyedot freon dalam tekanan rendah, kemudian memompanya menjadi gas tekanan tinggi menuju kondensor. Di kondensor, gas yang juga bersuhu tinggi itu mengalami kondensasi hingga berubah cair.

Cairan hasil kondensasi kemudian disaring oleh receiving dryer sehingga kotoran-kotoran akan tertinggal. Cairan bersih lalu disalurkan ke expansion valve di mana suhu freon akan diturunkan jadi dingin. Evaporator dibantu dengan blower akan mengembuskan suhu dingin ke dalam kabin mobil melalui kisi-kisi AC.

Freon dingin di evaporator kemudian diisap lagi oleh kompresor untuk diubah menjadi tekanan tinggi dan suhu panas kembali. Proses kembali dari awal dan terus berulang.

#2: Kompresor AC Sebagai Jantungnya

Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Hal-Hal Ini

Dari mekanisme kerja AC di atas, jelas keberadaan kompresor jadi sangat penting. Ibaratnya, “jantung” dalam tubuh manusia, kompresor mengisap dan menekan freon agar bersirkulasi.

Menurut mekanisme kerjanya, kompresor terbagi dua jenis yaitu yang bekerja menggunakan piston di dalam silinder kompresor (kompresor piston), serta yang menggunakan gerakan rotor dari dalam stator kompresor (kompresor rotari).

Kompresor piston bekerja lebih ringan sehingga tidak membebani mesin dan irit bahan bakar. Karena itulah kompresor ini banyak dipakai pada mobil-mobil terbaru, bahkan mobil LCGC sekalipun. 

Kalau berdasarkan mereknya, ada beberapa merek kompresor yang biasa digunakan di Indonesia seperti Denso, Sanden, Keihin, Behr, Delphi, dll.

Merek-merek mobil Jepang yang populer seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, dll. biasanya menggunakan Denso dan Sanden. Karena banyak digunakan, maka spare part-nya juga melimpah, harganya juga menjadi relatif murah.

Baca juga: Seperti pada AC Rumah, Freon AC Mobil Juga Bisa Habis. Ayo, Kenali Tandanya!

#3. Freon Atau Refrigerant Sebagai Darahnya

Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Hal-Hal Ini

Jika ada “jantung” pada AC, maka “darahnya” adalah freon. Freon menjadi fluida yang digunakan untuk menyerap panas dari udara pada ruangan kabin, sehingga suhunya menjadi rendah atau dingin. Karena itu freon terus bersirkulasi, diisap dan disalurkan.

Setidaknya ada 3 jenis freon yang lazim dipakai di Indonesia yakni R-12, R-22, dan R-134 A. Dua jenis freon yang pertama yaitu R-12 dan R-22 biasanya dipakai untuk mobil-mobil produksi di bawah tahun 1995. Namun dua freon tersebut tidak ramah lingkungan sehingga sudah ditinggalkan.

Saat ini pabrikan otomotif lazim menggunakan freon jenis R-134A. Selain tidak merusak lapisan ozon karena tidak mengandung unsur chloro, freon tidak menyebabkan korosi dan struktur kimianya stabil.

Yang perlu dipahami, freon R-134A dibuat dari bahan yang berbeda dengan freon R-12 atau R-22. Sehingga masing-masing tidak bisa dicampur atau ditambahkan jika berkurang.

#4: Gangguan Pada Sistem Kerja AC

Mau Servis AC Mobil? Pahami Dulu Hal-Hal Ini
Oli kompresor yang sifat asamnya sudah tinggi

Karena fungsinya yang vital, kita wajib memperhatikan kinerja kompresor. Alat ini biasanya rusak karena berbagai persoalan, seperti kompresor macet, magnetic clutch rusak, elektrik rusak, atau gangguan pada sensor-sensor. Indikasinya terasa pada AC yang terasa panas.

Seiring pemakaian, oli pada kompresor akan bersifat semakin asam. Akibatnya bisa mengakibatkan korosi dari dalam, bisa di pipa, evaporator, atau kondensator. Tingkat kerusakan oli bisa terlihat dari warnanya. Karena itu oli harus diganti saat servis AC mobil tahunan atau 20.000 km.

Perawatan kompresor mutlak diperlukan, karena jika rusak biaya servisnya cukup lumayan. Apalagi kalau sampai perlu ganti kompresor. Harga kompresor mobil buatan Jepang saat ini berkisar antara Rp1,5 juta  sampai Rp4 juta.   

AC juga bisa bermasalah jika freon bocor. Terjadinya bisa di selang, kompresor, evaporator, atau kondensor.

Sifat freon yang mudah menguap membuat kebocoran agak sulit terdeteksi. Bocor kecil saja bisa menguras semua freon. Apalagi saat AC dinyalakan, biasanya semua terasa bekerja normal. Hanya saja temperaturnya tidak menjadi dingin walau sudah dimaksimalkan.

Baca juga : Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya!

Bagaimana Memastikan Kesehatan AC Mobil?

AC mobil yang bermasalah tentu akan mengganggu kenyamanan saat berkendara serta bisa mengganggu kesehatan. Karena itu sebelum memakai mobil, pastikan dulu kondisi AC bekerja sempurna dengan perawatan berkala.

Nah, bagi Otofriends yang sudah saatnya perlu melakukan perawatan, mobilnya bisa langsung dibawa ke Dokter Mobil, salah satu bengkel rekanan Otospector yang spesialis di servis AC mobil. Selain bisa menangani semua masalah AC mobil seperti tidak dingin atau bau tidak sedap, Dokter Mobil juga bisa melakukan cuci AC, ganti oli mesin dan tune up, jadi Otofriends bisa sekaligus memastikan mobilnya dalam kondisi prima.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Daftar Mobil Bekas Tidak Layak Beli. Ada Pilihan Anda?

November 28, 2018
OtoFriends, apakah Anda tengah berencana membeli mobil bekas sebagai kendaraan pribadi? Sebelum memilih, Anda wajib tahu dulu mobil bekas tidak layak beli yang ada di pasaran. Hmmhh.. kira-kira mengapa ya? Bukan hanya karena kualitas yang buruk, mobil-mobil bekas ini tak disarankan dibeli karena berbagai alasan. Beberapa hal tersebut antara lain susah dirawat, kurang nyaman digunakan,
Baca Lebih Lanjut

Bukan Hanya karena Aki, Ini 5 Penyebab Lain Mengapa Mobil Susah Distarter

November 16, 2018
Saat mobil susah distarter, orang-orang cenderung mengira bahwa ada masalah pada aki. Ketika dilakukan pemeriksaan, tahu-tahu aki mobil masih dalam keadaan bagus dan prima. Lantas, kalau bukan aki yang rusak, apa penyebab mobil jadi tak bisa distarter? Selain aki, ternyata banyak penyebab lain mengapa mobil susah distarter. Agar ke depannya tidak panik saat menghadapai masalah
Baca Lebih Lanjut

7 Pilihan Mobil Bekas 50 Jutaan yang Menarik Dilirik

November 08, 2018
Beli mobil dengan budget Rp50 juta-an, bisa enggak ya? Tentu bisa-bisa saja kok, OtoFriends! Ada banyak pilihan mobil bekas 50 jutaan yang bisa dijadikan pilihan. Asal dipilih dengan tepat, diperiksa secara cermat, maka Anda pun bisa punya mobil seken bekas namun berkualitas. Anda sendiri ingin mobil seperti apa OtoFriends? City car, sedan, atau SUV? Sebelum
Baca Lebih Lanjut

Biar Makin Irit, Ikuti Cara Menghemat BBM Ini untuk Mobil Anda

Oktober 30, 2018
Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan! Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya