Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
By Thomas W
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!-otospector

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya.

Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris, penambahan part, atau bahkan perubahan di sektor mesin.

Masalahnya, tak semua modifikasi digarap dengan baik. Sehingga bisa menimbulkan risiko, bahkan kerugian andai terjadi gangguan.

Nah, berikut beberapa fakta tentang pentingnya orisinalitas mobil

#1: Kadang sulit mencari spare part

Shockbreaker mobil

Semakin tua usia mobil, biasanya spare part juga semakin sulit didapat. Bisa karena memang sudah jarang di pasaran, atau malah sudah tidak diproduksi lagi. Padahal, kita membutuhkannya seandainya ingin mengembalikan mobil ke kondisi orisinil.

Cara mendapatkan spare part yang sudah jarang, tak ada pilihan selain mencari dengan sabar. Bisa ke toko-toko yang masih menyimpan, atau mungkin tempat penjualan barang-barang bekas. Soal harga tentu saja tidak standar lagi. 

#2: Risiko komponen  diubah

Aki Mobil

Bisa terjadi, modifikasi kendaraan dilakukan secara kurang bertanggung jawab. Akibatnya risiko keselamatan jadi tinggi. Terutama kalau dilakukan perubahan pada kelistrikan atau mesin.

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, sebaiknya kita harus menyerahkan pengerjaannya kepada mekanik yang mengerti. Atau kepada bengkel resmi.

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai

#3: Harga mobil menjadi tidak standar

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Dengan adanya modifikasi, maka biasanya pemilik sebelumnya menambahkan biaya modifikasi tadi terhadap harga jual. Akibatnya, harga menjadi tidak standar. Sulit untuk menghitung harga normalnya.

Jika memang modifikasi tidak dibutuhkan, sebaiknya pembeli meminta agar kendaraan dikembalikan dulu ke kondisi orisinil. Karena belum tentu hasil modifikasi cocok dengan keinginan pembeli.

#4: Mobil sudah jauh dari fungsi semula

Warna Asap Knalpot Hitam

Tak jarang orang melakukan modifikasi terlalu ekstrem. Akibatnya mobil sudah jauh menyimpang dari fungsi semula. Manfaatnya juga jadi tidak optimal.

Padahal pembeli selalu punya ekspektasi terhadap mobil incarannya. Misalnya, mobil pikap semestnya masih bisa untuk mengangkut barang. Bukan dimodifikasi sehingga manfaatnya berkurang.  

#5: Ada kemungkinan menyalahi aturan

Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil

Modifikasi yang terlalu ekstrem sebenarnya juga berpotensi menyalahi aturan dari kepolisian. Misalnya soal warna, bentuk, penambahan peranti tertentu atau perubahan mesin.

Pastikan dulu bahwa modifikasi tersebut memang sesuai dengan aturan yang ada. Jika tidak, maka pembeli yang akan menanggung akibatnya jika tiba saatnya harus mengurus surat-surat.

Baca juga: Jual Mobil Ini Siap-siap Ditawar Dengan Harga Cukup Rendah!

Apa yang sebaiknya kita pertimbangan?   

Memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak selalu mulus. Karena itu kita harus cermat dalam memilih, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.

Seandainya ada kesulitan dalam mengecek kondisi mobil bekas, kita bisa minta bantuan tenaga inspeksi yang profesional dan terpercaya. Dengan hasil inspeksi yang independen, kita dapat memastikan kondisi mobil pilihan kita.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Sabar Dulu, Ini Mobil Yang Boleh Pakai  Pertalite

Juni 06, 2024
Mobil yang boleh pakai Pertalite memang menjadi isu yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir. Isu ini terus bergulir terutama setelah ada wacana tentang pembatasan penjualan BBM bersubsidi, di mana ada jenis-jenis mobil dan sepeda motor tertentu yang boleh serta tidak boleh menggunakannya. Yang dimaksud BBM bersubdisi adalah BBM yang dijual oleh Pertamina, di mana
Baca Lebih Lanjut

Jadwal Samsat Keliling Kota Tangerang Update 2024

Juni 04, 2024
Bagi warga Kota Tangerang, salah satu informasi yang penting diketahui adalah tentang jadwal Samsat Keliling Tangerang. Pasalnya, untuk urusan perpanjangan STNK tahunan, ada sebagian warga yang menginginkan punya banyak alternatif tempat. Karena itulah mereka ingin melakukannya di Samsat Keliling karena faktor jarak dan pelayanan yang relatif cepat.  Untuk urusan memperpanjang STNK tahunan, memang semestinya kita
Baca Lebih Lanjut

Fakta Seputar Bayar Tol Tanpa Berhenti MLFF

Juni 03, 2024
Wacana pemberlakuan bayar tol tanpa berhenti, sepertinya semakin dekat dengan realisasinya. Kepastian ini didapat setelah selama setahun kemarin sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau dikenal dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah diuji di beberapa pintu tol, di Jawa dan Bali. Dengan sistem MLFF ini, nantinya mobil tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol
Baca Lebih Lanjut