Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
By Thomas W
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!-otospector

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya.

Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris, penambahan part, atau bahkan perubahan di sektor mesin.

Masalahnya, tak semua modifikasi digarap dengan baik. Sehingga bisa menimbulkan risiko, bahkan kerugian andai terjadi gangguan.

Nah, berikut beberapa fakta tentang pentingnya orisinalitas mobil

#1: Kadang sulit mencari spare part

Shockbreaker mobil

Semakin tua usia mobil, biasanya spare part juga semakin sulit didapat. Bisa karena memang sudah jarang di pasaran, atau malah sudah tidak diproduksi lagi. Padahal, kita membutuhkannya seandainya ingin mengembalikan mobil ke kondisi orisinil.

Cara mendapatkan spare part yang sudah jarang, tak ada pilihan selain mencari dengan sabar. Bisa ke toko-toko yang masih menyimpan, atau mungkin tempat penjualan barang-barang bekas. Soal harga tentu saja tidak standar lagi. 

#2: Risiko komponen  diubah

Aki Mobil

Bisa terjadi, modifikasi kendaraan dilakukan secara kurang bertanggung jawab. Akibatnya risiko keselamatan jadi tinggi. Terutama kalau dilakukan perubahan pada kelistrikan atau mesin.

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, sebaiknya kita harus menyerahkan pengerjaannya kepada mekanik yang mengerti. Atau kepada bengkel resmi.

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai

#3: Harga mobil menjadi tidak standar

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun

Dengan adanya modifikasi, maka biasanya pemilik sebelumnya menambahkan biaya modifikasi tadi terhadap harga jual. Akibatnya, harga menjadi tidak standar. Sulit untuk menghitung harga normalnya.

Jika memang modifikasi tidak dibutuhkan, sebaiknya pembeli meminta agar kendaraan dikembalikan dulu ke kondisi orisinil. Karena belum tentu hasil modifikasi cocok dengan keinginan pembeli.

#4: Mobil sudah jauh dari fungsi semula

Warna Asap Knalpot Hitam

Tak jarang orang melakukan modifikasi terlalu ekstrem. Akibatnya mobil sudah jauh menyimpang dari fungsi semula. Manfaatnya juga jadi tidak optimal.

Padahal pembeli selalu punya ekspektasi terhadap mobil incarannya. Misalnya, mobil pikap semestnya masih bisa untuk mengangkut barang. Bukan dimodifikasi sehingga manfaatnya berkurang.  

#5: Ada kemungkinan menyalahi aturan

Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil

Modifikasi yang terlalu ekstrem sebenarnya juga berpotensi menyalahi aturan dari kepolisian. Misalnya soal warna, bentuk, penambahan peranti tertentu atau perubahan mesin.

Pastikan dulu bahwa modifikasi tersebut memang sesuai dengan aturan yang ada. Jika tidak, maka pembeli yang akan menanggung akibatnya jika tiba saatnya harus mengurus surat-surat.

Baca juga: Jual Mobil Ini Siap-siap Ditawar Dengan Harga Cukup Rendah!

Apa yang sebaiknya kita pertimbangan?   

Memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak selalu mulus. Karena itu kita harus cermat dalam memilih, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.

Seandainya ada kesulitan dalam mengecek kondisi mobil bekas, kita bisa minta bantuan tenaga inspeksi yang profesional dan terpercaya. Dengan hasil inspeksi yang independen, kita dapat memastikan kondisi mobil pilihan kita.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Agar Interior Mobil Tidak Berjamur

April 08, 2024
Agar interior mobil tidak berjamur memang perlu dilakukan dalam perawatan kendaraan. Alasannya, karena jamur bukan cuma merusak keindahan, tapi juga merugikan kesehatan. Interior juga lama kelamaan akan rusak. Bagi pengemudi dan penumpang, ada lagi alasan lain yakni munculnya aroma tidak sedap alias kabin jadi berbau. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu perjalanan. Suasana kabin jadi
Baca Lebih Lanjut

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut