;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
By Thomas W
Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!-otospector

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya.

Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris, penambahan part, atau bahkan perubahan di sektor mesin.

Masalahnya, tak semua modifikasi digarap dengan baik. Sehingga bisa menimbulkan risiko, bahkan kerugian andai terjadi gangguan.

Nah, berikut beberapa fakta tentang pentingnya orisinalitas mobil

#1: Kadang sulit mencari spare part

Semakin tua usia mobil, biasanya spare part juga semakin sulit didapat. Bisa karena memang sudah jarang di pasaran, atau malah sudah tidak diproduksi lagi. Padahal, kita membutuhkannya seandainya ingin mengembalikan mobil ke kondisi orisinil.

Cara mendapatkan spare part yang sudah jarang, tak ada pilihan selain mencari dengan sabar. Bisa ke toko-toko yang masih menyimpan, atau mungkin tempat penjualan barang-barang bekas. Soal harga tentu saja tidak standar lagi. 

#2: Risiko komponen  diubah

Aki Mobil

Bisa terjadi, modifikasi kendaraan dilakukan secara kurang bertanggung jawab. Akibatnya risiko keselamatan jadi tinggi. Terutama kalau dilakukan perubahan pada kelistrikan atau mesin.

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, sebaiknya kita harus menyerahkan pengerjaannya kepada mekanik yang mengerti. Atau kepada bengkel resmi.

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Berapa Ya Umur Mobil Layak Pakai

#3: Harga mobil menjadi tidak standar

Dengan adanya modifikasi, maka biasanya pemilik sebelumnya menambahkan biaya modifikasi tadi terhadap harga jual. Akibatnya, harga menjadi tidak standar. Sulit untuk menghitung harga normalnya.

Jika memang modifikasi tidak dibutuhkan, sebaiknya pembeli meminta agar kendaraan dikembalikan dulu ke kondisi orisinil. Karena belum tentu hasil modifikasi cocok dengan keinginan pembeli.

#4: Mobil sudah jauh dari fungsi semula

Warna Asap Knalpot Hitam

Tak jarang orang melakukan modifikasi terlalu ekstrem. Akibatnya mobil sudah jauh menyimpang dari fungsi semula. Manfaatnya juga jadi tidak optimal.

Padahal pembeli selalu punya ekspektasi terhadap mobil incarannya. Misalnya, mobil pikap semestnya masih bisa untuk mengangkut barang. Bukan dimodifikasi sehingga manfaatnya berkurang.  

#5: Ada kemungkinan menyalahi aturan

Modifikasi yang terlalu ekstrem sebenarnya juga berpotensi menyalahi aturan dari kepolisian. Misalnya soal warna, bentuk, penambahan peranti tertentu atau perubahan mesin.

Pastikan dulu bahwa modifikasi tersebut memang sesuai dengan aturan yang ada. Jika tidak, maka pembeli yang akan menanggung akibatnya jika tiba saatnya harus mengurus surat-surat.

Baca juga: Jual Mobil Ini Siap-siap Ditawar Dengan Harga Cukup Rendah!

Apa yang sebaiknya kita pertimbangan?   

Memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan kita memang tidak selalu mulus. Karena itu kita harus cermat dalam memilih, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Salah satunya, pertimbangan soal orisinalitas.

Seandainya ada kesulitan dalam mengecek kondisi mobil bekas, kita bisa minta bantuan tenaga inspeksi yang profesional dan terpercaya. Dengan hasil inspeksi yang independen, kita dapat memastikan kondisi mobil pilihan kita.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!

Mei 03, 2018
Mobil irit BBM menjadi salah satu tipe kendaraan roda empat yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia. Bila pada umumnya mobil dapat menempuh 9-11 km/liter, mobil paling irit disebut bisa berjalan hingga 30 km/liter. Siapa yang tidak mau sih punya mobil irit yang bikin kantong tidak jebol seperti itu? Itu sebabnya cukup banyak orang yang berminat membeli
Baca Lebih Lanjut

5 Kesalahan Membeli Mobil Bekas yang Berujung Kerugian. Anda Perlu Tahu!

April 23, 2018
Banyak hal yang harus dicek dan dipertimbangkan saat akan membeli sebuah mobil bekas. Tidak hanya bagian luar dan dalam saja lho, keadaan pasar pun tak boleh luput dari pengecekan. Agar tidak rugi di kemudian hari, hindarilah untuk melakukan kesalahan membeli mobil bekas berikut ini: #1: Tak Memeriksa Detail Iklan Apa pun merek dan tipe mobil
Baca Lebih Lanjut

Keraguan yang Membuat Orang Takut Membeli Mobil Bekas. Ada Solusinya!

April 12, 2018
Saat seseorang ingin membeli sebuah mobil, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk beli mobil keluaran baru dibandingkan dengan membeli mobil bekas. Ternyata hal ini dipicu oleh keraguan para pembeli dengan kualitas mobil bekas ketika sudah dibeli. Masalahnya, banyak orang yang membeli mobil bekas mengalami masalah setelah pembelian. Melihat fakta tersebut, keraguan para calon pembeli
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Termudah untuk Melindungi Mesin Mobil dari Kerusakan

April 01, 2018
Sebagian orang masih ada yang tidak memperhatikan kondisi mesin kendaraan miliknya. Tiba-tiba suatu saat terdengar suara aneh dari dalam ruang mesin. Baru deh mereka ketar-ketir, takut bila mobilnya mengalami kerusakan. Inilah mengapa melindungi mesin mobil perlu dijadikan perhatian. Perlindungan dan maintenance mesin perlu dilakukan secara reguler untuk menjaga kondisinya tetap prima. Untuk membantu Anda melindungi
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya