Kita tahu, jika sering melintas di jalan keriting alias jelek, maka korbannya adalah kaki kaki mobil. Apalagi kalau pengemudi kurang berhati-hati dan main hajar saja.
Seiring pemakaian rutin saja, kaki kaki mobil bisa aus. Apalagi jika diperlakukan kasar, kerusakan bisa lebih parah. Padahal komponen-komponen kaki kaki harganya tidak murah.
Nah, coba simak dulu tip agar kaki kaki mobil tetap awet meski kondisi jalan yang dilalui umumnya jelek:
Bukan berarti selama ini Otofriends kami anggap tidak berkonsentrasi, ya! Tapi mengingatkan sekali lagi agar selalu perhatian terhadap kondisi dari rute yang dilalui.
Dengan berkonsentrasi, pengemudi akan lebih cepat mengantisipasi kondisi jalan rusak. Meski jalan itu mungkin rute sehari-hari, namun konsentrasi tetap perlu untuk menghindari titik-titik kerusakan.
Ketika bertemu dengan jalan rusak, pengemudi punya dua opsi: lewat atau menghindar. Jika masih bisa dilewati, perhatikan selalu ground clearance kendaraan, agar tidak menimbulkan kerusakan.
Jika lubang terlalu dalam, upayakan untuk mencari area yang tidak terlalu dalam. Pastikan juga seluruh ban masuk sepenuhnya ke dalam lubang untuk menghindari kerusakan ban.
Jika harus melewati lubang, pastikan ban masuk merata ke dalam. Tujuannya agar ban tidak tergesek pinggiran lubang.
Dinding ban tidak dirancang sekuat tapak ban. Karena itu jika pinggirannya tergesek, kemungkinan terluka semakin besar, sehingga membuat ban rusak.
Jika kebetulan Otofriends melihat ada permukaan jalan yang rusak, sebaiknya kurangi kecepatan. Jangan biarkan ban menghantam kuat area lubang.
Saat mengurangi kecepatan menjelang lubang, jangan mengerem terlalu kuat. Kalau terlalu kuat, ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.
Saat melintasi jalan dengan kondisi rusak, segera kuangi kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan di depan. Jika terlalu rapat, risikonya terjadi benturan ketika mobil di depan mengerem mendadak.
Dengan menjaga jarak, pengemudi juga bisa leluasa memperhatikan kondisi jalan yang dilewati. Sehingga keberadaan lubang bisa diantisipasi.
Kaki kaki mobil memang dikenal rawan rusak. Selain karena pemakaian, usia komponen juga bisa mempengaruhi kondisinya. Apalagi jika pengemudi sebelumnya tidak memperhatikan pemakaiannya.
Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi di 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.
Bagikan