5 Cara Kaki Kaki Mobil Tetap Awet Meski Jalanan Keriting

Desember 09, 2021
By Thomas W
5 Cara Kaki Kaki Mobil Tetap Awet Meski Jalanan Keriting-otospector

Kita tahu, jika sering melintas di jalan keriting alias jelek, maka korbannya adalah kaki kaki mobil. Apalagi kalau pengemudi kurang berhati-hati dan main hajar saja.

Seiring pemakaian rutin saja, kaki kaki mobil bisa aus. Apalagi jika diperlakukan kasar, kerusakan bisa lebih parah. Padahal komponen-komponen kaki kaki harganya tidak murah.

Nah, coba simak dulu tip agar kaki kaki mobil tetap awet meski kondisi jalan yang dilalui umumnya jelek:

#1: Selalu Berkonsentrasi

Ciri Tabrakan: Tidak Stabil Berkendara

Bukan berarti selama ini Otofriends kami anggap tidak berkonsentrasi, ya! Tapi mengingatkan sekali lagi agar selalu perhatian terhadap kondisi dari rute yang dilalui.

Dengan berkonsentrasi, pengemudi akan lebih cepat mengantisipasi kondisi jalan rusak. Meski jalan itu mungkin rute sehari-hari, namun konsentrasi tetap perlu untuk menghindari titik-titik kerusakan.

#2: Ukur Kedalaman Lubang

Penyebab Ban Rusak 1

Ketika bertemu dengan jalan rusak, pengemudi punya dua opsi: lewat atau menghindar. Jika masih bisa dilewati, perhatikan selalu ground clearance kendaraan, agar tidak menimbulkan kerusakan.

Jika lubang terlalu dalam, upayakan untuk mencari area yang tidak terlalu dalam. Pastikan juga seluruh ban masuk sepenuhnya ke dalam lubang untuk menghindari kerusakan ban.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

#3: Menghindari Pinggiran Lubang 

Semakin Murah, Berikut Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta

Jika harus melewati lubang, pastikan ban masuk merata ke dalam. Tujuannya agar ban tidak tergesek pinggiran lubang.

Dinding ban tidak dirancang sekuat tapak ban. Karena itu jika pinggirannya tergesek, kemungkinan terluka semakin besar, sehingga membuat ban rusak. 

#4: Kurangi Kecepatan

Cek Harga Innova Bekas Di Bawah 100 Juta, Ada Yang Diesel

Jika kebetulan Otofriends melihat ada permukaan jalan yang rusak, sebaiknya kurangi kecepatan. Jangan biarkan ban menghantam kuat area lubang.

Saat mengurangi kecepatan menjelang lubang, jangan mengerem terlalu kuat. Kalau terlalu kuat, ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.

#5: Selalu Jaga Jarak

Berkendara Konstan

Saat melintasi jalan dengan kondisi rusak, segera kuangi kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan di depan. Jika terlalu rapat, risikonya terjadi benturan ketika mobil di depan mengerem mendadak.

Dengan menjaga jarak, pengemudi juga bisa leluasa memperhatikan kondisi jalan yang dilewati. Sehingga keberadaan lubang bisa diantisipasi.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Langkah Memeriksa Kaki-Kaki Mobil Bekas

Bagaimana memastikan kaki kaki mobil bekas yang hendak kita beli dalam kondisi baik?

Kaki kaki mobil memang dikenal rawan rusak. Selain karena pemakaian, usia komponen juga bisa mempengaruhi kondisinya. Apalagi jika pengemudi sebelumnya tidak memperhatikan pemakaiannya.

Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi di 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua. Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Deretan Mobil Terlaris 2024

Maret 08, 2024
Deretan mobil terlaris 2023 merupakan daftar yang benar-benar menarik disimak. Bagaimana tidak, dalam daftar yang dikeluarkan berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ada beberapa catatan khusus. Otofriends tentu juga ingin mengetahuinya, bukan? Catatan khusus itu antara lain soal total penjualan tahunan, produk yang masih disukai konsumen padahal menjelang dihapuskan dari pasar, serta
Baca Lebih Lanjut