5 Cara Kaki Kaki Mobil Tetap Awet Meski Jalanan Keriting

Desember 09, 2021
By Thomas W
5 Cara Kaki Kaki Mobil Tetap Awet Meski Jalanan Keriting-otospector

Kita tahu, jika sering melintas di jalan keriting alias jelek, maka korbannya adalah kaki kaki mobil. Apalagi kalau pengemudi kurang berhati-hati dan main hajar saja.

Seiring pemakaian rutin saja, kaki kaki mobil bisa aus. Apalagi jika diperlakukan kasar, kerusakan bisa lebih parah. Padahal komponen-komponen kaki kaki harganya tidak murah.

Nah, coba simak dulu tip agar kaki kaki mobil tetap awet meski kondisi jalan yang dilalui umumnya jelek:

#1: Selalu Berkonsentrasi

Ciri Tabrakan: Tidak Stabil Berkendara

Bukan berarti selama ini Otofriends kami anggap tidak berkonsentrasi, ya! Tapi mengingatkan sekali lagi agar selalu perhatian terhadap kondisi dari rute yang dilalui.

Dengan berkonsentrasi, pengemudi akan lebih cepat mengantisipasi kondisi jalan rusak. Meski jalan itu mungkin rute sehari-hari, namun konsentrasi tetap perlu untuk menghindari titik-titik kerusakan.

#2: Ukur Kedalaman Lubang

Penyebab Ban Rusak 1

Ketika bertemu dengan jalan rusak, pengemudi punya dua opsi: lewat atau menghindar. Jika masih bisa dilewati, perhatikan selalu ground clearance kendaraan, agar tidak menimbulkan kerusakan.

Jika lubang terlalu dalam, upayakan untuk mencari area yang tidak terlalu dalam. Pastikan juga seluruh ban masuk sepenuhnya ke dalam lubang untuk menghindari kerusakan ban.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Cara Periksa Komponen Kaki-Kaki Mobil

#3: Menghindari Pinggiran Lubang 

Semakin Murah, Berikut Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta

Jika harus melewati lubang, pastikan ban masuk merata ke dalam. Tujuannya agar ban tidak tergesek pinggiran lubang.

Dinding ban tidak dirancang sekuat tapak ban. Karena itu jika pinggirannya tergesek, kemungkinan terluka semakin besar, sehingga membuat ban rusak. 

#4: Kurangi Kecepatan

Cek Harga Innova Bekas Di Bawah 100 Juta, Ada Yang Diesel

Jika kebetulan Otofriends melihat ada permukaan jalan yang rusak, sebaiknya kurangi kecepatan. Jangan biarkan ban menghantam kuat area lubang.

Saat mengurangi kecepatan menjelang lubang, jangan mengerem terlalu kuat. Kalau terlalu kuat, ban dan velg akan menerima benturan yang kuat dari pinggir lubang.

#5: Selalu Jaga Jarak

Berkendara Konstan

Saat melintasi jalan dengan kondisi rusak, segera kuangi kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan di depan. Jika terlalu rapat, risikonya terjadi benturan ketika mobil di depan mengerem mendadak.

Dengan menjaga jarak, pengemudi juga bisa leluasa memperhatikan kondisi jalan yang dilewati. Sehingga keberadaan lubang bisa diantisipasi.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 4 Langkah Memeriksa Kaki-Kaki Mobil Bekas

Bagaimana memastikan kaki kaki mobil bekas yang hendak kita beli dalam kondisi baik?

Kaki kaki mobil memang dikenal rawan rusak. Selain karena pemakaian, usia komponen juga bisa mempengaruhi kondisinya. Apalagi jika pengemudi sebelumnya tidak memperhatikan pemakaiannya.

Untuk tahu kondisi kaki kaki mobil bekas, jangan ragu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi di 150 titik, Otofriends akan dapat gambaran tentang kondisi mobil secara keseluruhan. Hasilnya jadi referensi dalam pengambilan keputusan pembelian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat yang baru mengenal mobil asal Jerman ini.   Mobil ini
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih, Tarif Tol Trans-Jawa? Update 2024

Maret 31, 2024
Informasi tentang tarif Tol Trans-Jawa harus diketahui oleh para calon pemudik yang berencana melewatinya. Keberadaan jalan tol yang saat ini sudah mencapai 1.065,50 km dari mulai Merak hingga Probolinggo ini memang sangat dirasakan manfaatnya oleh para pemudik karena mempersingkat waktu tempuh menuju tempat tujuan. Salah satu yang harus disadari para calon pengemudi jalan tol, untuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Menentukan Waktu Untuk Istirahat Saat Mudik Lebaran

Maret 31, 2024
Mudik adalah hajat tiap tahun masyarakat Indonesia, saat waktunya tiba bakalan banyak sekali orang-orang yang balik ke kampung halaman. Apalagi mudik ke Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi dua lokasi langganan pemudik terbanyak. Perjalanan mudik sangat penting untuk mereka yang merantau. Orang bisa bebas mudik dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Tapi masih banyak banget yang
Baca Lebih Lanjut