Perawatan Wiper Untuk Mobil Kesayangan

Agustus 19, 2024
By Getan Metodius
Perawatan Wiper Untuk Mobil Kesayangan-otospector

Seperti yang kita ketahui banyak komponen mobil yang harus diperhatikan bagi pemilik mobil, agar tetap memastikan setiap komponen dalam keadaan baik dan aman. 

Tanpa disadari ternyata wiper mobil juga harus diperhatikan dan harus diservis secara rutin juga. Lantaran wiper mobil juga harus tetap berfungsi dengan baik, karena fungsi dari wiper adalah untuk memberikan visibilitas secara optimal pada saat kondisi cuaca sedang buruk.

Berikut ini adalah hal yang harus kamu cek atau yang harus kamu perhatikan ketika sedang servis wiper mobil.

Cek saat perbaiki wiper mobil:

#1: Lengan Wiper

lengan wiper mobil

Sumber: otoklix

Yang pertama kamu harus cek serta pastikan pada bagian lengan wiper agar tidak bengkok, atau tidak patah. Karena lengan yang rusak akan mengganggu gerakan wiper serta dapat mempengaruhi performa pembersihan nya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Motor Wiper dan Koneksi.

motor dari wiper mobil

Sumber: Produsen China

Selanjutnya, yaitu kamu harus periksa koneksi diantara motor wiper dan lengan wiper. Kamu harus pastikan tidak ada masalah atau tidak kendor. Karena jika kendor bisa mempengaruhi gerakan pada wiper mobil. 

#3: Karet Wiper.

karet wiper mobil

Sumber: ShopAndDrive

Jangan lupa untuk perhatikan bagian karet wiper, guna nya untuk memastikan tidak anda keretakan, sobekan, atau tanda-tanda aus yang berlebihan. Maka jika karet wiper sudah mulai rusak, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Ini Bedanya Mobil Matic Biasa dengan Mobil Matic CVT

#4: Kaca Depan Mobil.

kaca mobil depan

Sumber: Tribun

Yang terakhir, jangan lupa untuk memeriksa bagian kaca depan mobil kamu. Serta pastikan kaca depan mobil kamu tidak ada goresan atau tidak ada retak yang signifikan.

Selanjutnya, dibawah ini ada beberapa bahaya jika  kamu tidak melakukan service rutin pada wiper mobil kamu.

#1: Daya Tahan Kaca Depan Akan Ada Penurunan.

Yang pertama, jika kaca depan mobil kamu terus terkena gesekan dari wiper yang sudah rusak, maka akan menyebabkan kerusakan pada bagian kaca depan serta dapat mengakibatkan goresan.

Jika sudah terjadi maka kamu akan mengeruk biaya yang lumayan besar untuk penggantian atau perbaikannya. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Kurangnya Visibilitas.

Untuk wiper mobil yang sudah aus, rusak, atau bermasalah. Biasanya penyebabnya kurangnya visibilitas saat hujan yang deras atau turunnya salju.

Maka hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan dikarenakan pengemudi kesulitan untuk melihat jalanan serta lalu lintas yang berada di depan nya. 

Baca juga: Ternyata Segini Umur Baterai Mobil Hyundai

#3: Cipratan dari  Air yang Mendadak Menghampiri.

Jika wiper mobil kamu tidak berfungsi dengan baik maka akan menyebabkan cipratan air dari kaca depan yang akan mengganggu pengemudi atau juga dapat menyebabkan mengaburkan pada pandangan. Serta membuat ketidaknyamanan serta dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. 

Lalu bagaimana cara untuk merawat wiper Mobil?

Ternyata, tidaklah sulit untuk merawat wiper mobil, dengan kamu melakukan tips dibawah ini, maka wiper mobil kamu akan berfungsi dan bekerja pada semestinya. 

#1: Rutin Membersihkan Karet Wiper Mobil.

Jika karet mobil kamu sudah mulai ada residu atau kotoran, maka segeralah untuk membersihkannya menggunakan kain lap yang bertekstur lembut lalu basahi dengan pembersih kaca atau gunakan air sabun. 

Dan jangan lupa untuk hindari pembersih yang mengandung amonia, karena pembersih yang mengandung amonia dapat menyebabkan kerusakan pada karet wiper. 

#2: Selalu Cek Cairan Washer.

Cairan washer adalah cairan yang untuk pembersih kaca yang dapat membantu untuk membersihkan kaca depan mobil dari debu atau kotoran yang menempel. Maka pastikan kondisi cairan tersebut dalam kondisi yangukup

#3: Ganti Wiper Jika Sudah Rusak.

Jika kamu sudah mulai mengetahui jika wiper sudah rusak, maka segeralah untuk menggantinya dengan wiper yang baru. Karena jika kamu sering menundanya maka akan mengurangi aktivitas ya serta dapat menyebabkan kecelakaan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil

Juli 04, 2024
Untuk menjaga kenyamanan dan performa saat berkendara, ada banyak komponen yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu kampas kopling mobil. Sama seperti komponen lainnya, kampas kopling juga mempunyai usia pakai serta membutuhkan perawatan yang rutin agar kampas kopling dapat bekerja dengan baik dan pengemudi pun bisa berkendara dengan aman.  Maka dari itu, kamu harus mengetahui bagaimana
Baca Lebih Lanjut

Jadwal Samsat Keliling Kota Tangerang Update 2024

Juli 04, 2024
Bagi warga Kota Tangerang, salah satu informasi yang penting diketahui adalah tentang jadwal Samsat Keliling Tangerang. Pasalnya, untuk urusan perpanjangan STNK tahunan, ada sebagian warga yang menginginkan punya banyak alternatif tempat. Karena itulah mereka ingin melakukannya di Samsat Keliling karena faktor jarak dan pelayanan yang relatif cepat.  Untuk urusan memperpanjang STNK tahunan, memang semestinya kita
Baca Lebih Lanjut

Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Juli 03, 2024
Dalam hal kaca film, harus diakui masyarakat Indonesia masih punya kesalahan persepsi tentang kegunaannya. Ada yang menganggap kaca film adalah semata-mata sebagai penolak panas matahari. Jadi semakin gelap kaca filmnya, suhu udara di dalam kabin juga jadi semakin sejuk. Atau ada juga anggapan, kualitas kaca film ditentukan dari harga, dan seterusnya. Kaca film berfungsi menghalangi
Baca Lebih Lanjut