Dampak Jika Terlalu Sering Angkat Wiper Saat Parkir

Mei 22, 2024
By Getan Metodius
Dampak Jika Terlalu Sering Angkat Wiper Saat Parkir-otospector

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memiliki mobil, maka kamu pun harus mengetahui cara merawat setiap komponen yang berada di mobil tersebut. Sangatlah penting jika kamu mengetahui setiap fungsi komponennya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seperti wiper salah satunya, wiper merupakan komponen yang ada di mobil. Dan cara merawatnya pun sangat sederhana dan mudah. Namun masih ada beberapa orang yang sering menyepelekan hal tersebut, dan salah satunya adalah terlalu sering angkat wiper ketika sedang parkir, tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi jika terlalu sering angkat wiper.

#1: Ini Yang Akan Terjadi Jika Sering Angkat Wiper Ketika Sedang Parkir.

wiper mobil

Sumber: Freepik

Memang jika kamu sering melakukan angkat wiper ketika sedang parkir akan membuat karet wiper menjadi lebih awet. Seperti yang diketahui bahwa wiper berbahan karet, sudah pasti karet tidak boleh terlalu sering kena terkena sinar matahari, atau panas yang langsung dari mediator.

Tapi dengan mengakat wiper ketika sedang parkir mobil sudah pasti akan membuat wiper menjadi lebih awet. Karena ketika karet wiper tersebut terkena panas yang berlebihan maka akan menyebabkan karet wiper menjadi mudah getas.

beli mobil bekas di tokopedia

#2: Efek Negatifnya.

pegas wiper mobil

Sumber: Autochem

Namun akan ada dampak negatif jika kamu terlalu sering angkat wiper. Kamu harus perhatikan batang wiper nya ada komponen berupa pegas. Nah, pegas tersebut akan otomatis langsung tertarik ketika wiper mobil kamu diangkat.

Dan ketika wiper sudah terlalu sering diangkat dalam waktu yang lumayan lama, maka yang akan terjadi kondisi pegas nya akan tertarik. Dan jika terlalu sering ditarik, maka konstruksi serta kekuatan pegas kinerjanya akan menurun kekuatannya. Jika pegas sudah mulai menurun kekuatannya maka akan berdampak pada penekan wiper.

Untuk wiper yang sudah tidak mempunyai daya tekanan yang kuat, maka bisa dikatakan kalau wiper sudah mulai rusak. Jika wiper sudah mulai rusak untuk proses pergantian nya akan menjadi rumit. Karena tidak banyak toko suku cadang atau aksesoris mobil yang menyediakan pegas wiper. Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam perawatan pada wiper.

Baca juga: 5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

#3: Ini Cara Untuk Merawat Wiper.

wiper mobil

Sumber: Momobil

Cara untuk merawat wiper mobil supaya tidak cepat rusak, baik itu komponen pegas nya ataupun pada bagian karetnya. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya.

Kamu bisa menggunakan kertas atau juga bisa menggunakan penyangga wiper yang sudah dilapisi dengan kain microfiber, lalu letakkan di antara kaca mobil dengan karet wiper nya. 

Dengan cara tersebut kamu bisa tetap menjaga kondisi wiper mobil supaya lebih awet serta tahan lama. Sehingga karet wiper tidak cepat getas, serta pegas ya pun tidak cepat mengalami penurunan kekuatan. Bagaimana? Mudah bukan untuk perawatan wiper nya?

Satu lagi cara yang mudah untuk merawat wiper, yaitu kamu bisa angkat wiper ketika kondisi matahari sudah mulai terik di kondisi mobil kamu parkir dalam keadaan terkena matahari langsung. Namun jika kamu mendapatkan tempat parkir mobil ditempat yang teduh jangan angkat wiper mobilnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Rekomendasi Merek Wiper Yang Bagus

Merawat mobil mulai dari hal yang paling mudah.

Kenapa kita merawat mobil dari hal yang paling mudah, karena mobil itu punya banyak sekali komponen otofriends. Mereka saling bekerjasama untuk menghasilkan satu benda besar yaitu mobil sampai kita bisa menggunakannya sehari-hari.

Seperti perawatan wiper ini, ada poin plus dan minusnya, jadi kamu perlu imbangi dengan penggunaan yang tepat ya. Seperti beli mobil bekas juga harus cermat dan tepat, jangan sampai salah pilih.

Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar kamu nggak capek cek satu per satu detailnya. Inspeksi mobil Otospector udah jadi pionir di Indonesia dalam inspeksi dan garansi mobil bekas. Buruan hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut

6 Tips Ampuh Biar Mobil RWD Lebih Awet

Juni 08, 2024
Mobil RWD adalah mobil dengan penggerak roda belakang, dan sudah punya fans setia di tanah air. Bang min rasa ini udah jadi mobil favorit bagi pengemudi, terutama yang biasanya selalu mengutamakan performa serta sensasi dalam berkendara yang lebih sporty.  Tapi gini otofriends, untuk merawat mobil RWD supaya tetap di kondisi maksimal dan prima dalam berkendara,
Baca Lebih Lanjut

4 Cara Cek Kerusakan Transmisi Manual

Juni 08, 2024
Bagi Otofriends yang ingin meminang mobil bekas bertransmisi manual, perlu mengetahui sekilas tentang cara cek kerusakan transmisi manual. Meski mobil bertransmisi manual ini dikenal tangguh dan mudah perawatannya, namun tetap ada kemungkinan transmisi bermasalah.  Masalah pada transmisi manual semakin besar, jika pemilik sebelumnya tidak merawat transmisi dengan benar. Bisa juga tambah rusak, jika penggunaan transmisi
Baca Lebih Lanjut