Dampak Jika Terlalu Sering Angkat Wiper Saat Parkir

Mei 22, 2024
By Getan Metodius
Dampak Jika Terlalu Sering Angkat Wiper Saat Parkir-otospector

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memiliki mobil, maka kamu pun harus mengetahui cara merawat setiap komponen yang berada di mobil tersebut. Sangatlah penting jika kamu mengetahui setiap fungsi komponennya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seperti wiper salah satunya, wiper merupakan komponen yang ada di mobil. Dan cara merawatnya pun sangat sederhana dan mudah. Namun masih ada beberapa orang yang sering menyepelekan hal tersebut, dan salah satunya adalah terlalu sering angkat wiper ketika sedang parkir, tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi jika terlalu sering angkat wiper.

#1: Ini Yang Akan Terjadi Jika Sering Angkat Wiper Ketika Sedang Parkir.

wiper mobil

Sumber: Freepik

Memang jika kamu sering melakukan angkat wiper ketika sedang parkir akan membuat karet wiper menjadi lebih awet. Seperti yang diketahui bahwa wiper berbahan karet, sudah pasti karet tidak boleh terlalu sering kena terkena sinar matahari, atau panas yang langsung dari mediator.

Tapi dengan mengakat wiper ketika sedang parkir mobil sudah pasti akan membuat wiper menjadi lebih awet. Karena ketika karet wiper tersebut terkena panas yang berlebihan maka akan menyebabkan karet wiper menjadi mudah getas.

beli mobil bekas di tokopedia

#2: Efek Negatifnya.

pegas wiper mobil

Sumber: Autochem

Namun akan ada dampak negatif jika kamu terlalu sering angkat wiper. Kamu harus perhatikan batang wiper nya ada komponen berupa pegas. Nah, pegas tersebut akan otomatis langsung tertarik ketika wiper mobil kamu diangkat.

Dan ketika wiper sudah terlalu sering diangkat dalam waktu yang lumayan lama, maka yang akan terjadi kondisi pegas nya akan tertarik. Dan jika terlalu sering ditarik, maka konstruksi serta kekuatan pegas kinerjanya akan menurun kekuatannya. Jika pegas sudah mulai menurun kekuatannya maka akan berdampak pada penekan wiper.

Untuk wiper yang sudah tidak mempunyai daya tekanan yang kuat, maka bisa dikatakan kalau wiper sudah mulai rusak. Jika wiper sudah mulai rusak untuk proses pergantian nya akan menjadi rumit. Karena tidak banyak toko suku cadang atau aksesoris mobil yang menyediakan pegas wiper. Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam perawatan pada wiper.

Baca juga: 5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

#3: Ini Cara Untuk Merawat Wiper.

wiper mobil

Sumber: Momobil

Cara untuk merawat wiper mobil supaya tidak cepat rusak, baik itu komponen pegas nya ataupun pada bagian karetnya. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya.

Kamu bisa menggunakan kertas atau juga bisa menggunakan penyangga wiper yang sudah dilapisi dengan kain microfiber, lalu letakkan di antara kaca mobil dengan karet wiper nya. 

Dengan cara tersebut kamu bisa tetap menjaga kondisi wiper mobil supaya lebih awet serta tahan lama. Sehingga karet wiper tidak cepat getas, serta pegas ya pun tidak cepat mengalami penurunan kekuatan. Bagaimana? Mudah bukan untuk perawatan wiper nya?

Satu lagi cara yang mudah untuk merawat wiper, yaitu kamu bisa angkat wiper ketika kondisi matahari sudah mulai terik di kondisi mobil kamu parkir dalam keadaan terkena matahari langsung. Namun jika kamu mendapatkan tempat parkir mobil ditempat yang teduh jangan angkat wiper mobilnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Rekomendasi Merek Wiper Yang Bagus

Merawat mobil mulai dari hal yang paling mudah.

Kenapa kita merawat mobil dari hal yang paling mudah, karena mobil itu punya banyak sekali komponen otofriends. Mereka saling bekerjasama untuk menghasilkan satu benda besar yaitu mobil sampai kita bisa menggunakannya sehari-hari.

Seperti perawatan wiper ini, ada poin plus dan minusnya, jadi kamu perlu imbangi dengan penggunaan yang tepat ya. Seperti beli mobil bekas juga harus cermat dan tepat, jangan sampai salah pilih.

Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector biar kamu nggak capek cek satu per satu detailnya. Inspeksi mobil Otospector udah jadi pionir di Indonesia dalam inspeksi dan garansi mobil bekas. Buruan hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mobil Bekas 30 Jutaan Yang Bagus

Juni 13, 2024
Sering ada pertanyaan, mobil bekas 30 jutaan yang bagus, kira-kira apa pilihannya? Jujur saja, pertanyaan semacam ini sebenarnya sangat sulit dijawab. Karena pengertian “bagus”, memang sangat sifatnya sangat subyektif, tergantung pada selera masing-masing calon pembeli. Perlu juga dipahami, dengan anggaran 30 jutaan, tentu saja pilihannya adalah mobil yang usianya sudah cukup tua atau di atas
Baca Lebih Lanjut

Honda Brio Bekas 70 Juta

Juni 12, 2024
Update terbaru dari pasar mobil bekas, Honda Brio bekas 70 juta! Ya, serius nih. Asalkan Otofriends cukup sabar dan rajin cari-cari informasi seputar harga-harga mobil bekas, saat ini Honda Brio angkatan pertama yang dirakit di dalam negeri, harganya sudah semakin terjangkau. Di pasar, orang mengenal Brio sebagai salah satu produk yang salah satu modelnya ada
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi. Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut. Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di
Baca Lebih Lanjut