5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil

November 25, 2023
By Thomas W
5 Langkah Cara Merawat Karet Wiper Mobil-otospector

Saat musim hujan mulai tiba, yaitu ketika masuk bulan Oktober sampai Maret, pemilik mobil mulai perhatian tentang cara merawat karet wiper. Karet wiper memang vital fungsinya untuk membersihkan kaca mobil dari hujan, debu dan kotoran lain yang bisa menghalangi pandangan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Karet wiper yang baik seharusnya bersifat elastis, lembut dan tidak meninggalkan bercak air ketika menyapu kaca. Namun masalahnya, ternyata karet wiper rentan terhadap kerusakan karena berbagai faktor. Karena itu Otofriends harus tahu cara merawat karet wiper.

Nah, bagaimana cara merawat karet wiper yang baik dan benar. Mari kita lihat langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan sendiri sehari-hari:

#1: Kaca Harus Selalu Bersih

cara merawat karet wiper

Sumber: canadiangearhead.com

Agar karet wiper selalu bisa berfungsi dengan baik, kuncinya ada pada kondisi kaca yang selalu bersih dari debu, kotoran, atau benda-benda kecil lainnya.  

Sebab saat bekerja, karet wiper akan bergerak menyapu kaca. Jika ada benda-benda kecil, apalagi bila bentuknya tajam, maka akan dapat merusak karet wiper.

Jangan biarkan pula wiper bergerak tanpa adanya air di permukaan kaca, karena akan merusak permukaan karet sekaligus permukaan kaca.

Baca juga: Inilah Jenis Kaca Film Mobil Dan Fungsinya

#2: Hindari Parkir Di Tempat Panas

cara merawat karet wiper

Sumber: miracleagc.com

Kondisi yang juga bisa merusak karet wiper adalah ketika kaca mobil dalam kondisi panas. Penyebabnya tentu kaca yang menyerap pancaran sinar matahari jika parkir di luar ruangan pada siang hari.

Ada yang menyarankan agar jika mobil terpaksa parkir di tempat panas, wiper harus diangkat atau diganjal agar tidak bersentuhan dengan kaca. Saran ini bisa dipraktikkan, meski juga ada risiko lain yaitu kendurnya per pada batang wiper.

#3:  Karet Harus Selalu Dibersihkan

cara merawat karet wiper

Sumber: autocarehq.com

Bukan cuma kaca mobil, karet wiper juga harus selalu dibersihkan agar tidak ditempeli debu dan benda-benda lainnya. Saat terbaik membersihkannya adalah pada saat mencuci mobil.

Untuk mencuci karet wiper, cukup gunakan air bersih dan lap lembut, tanpa harus menggunakan sabun. Jangan pula menggunakan bahan kimia yang bisa merusak lapisan pelindung karet. Selesai dicuci, cukup dikeringkan dengan menegakkan wiper.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4:  Pakai Cairan Khusus Wiper

cara merawat karet wiper

Sumber: aufenberg.com

Pemakaian cairan pembersih kaca mobil juga bisa merawat karet wiper. Karena cairan ini berfungsi untuk membersihkan permukaan kaca sehingga terasa licin dan wiper tidak tersendat.

Cairan pembersih kaca mobil ini diisi ke dalam tangki khusus di dalam ruang mesin. Campurkan dengan perbandingan tertentu yang disarankan dari produsen cairan tersebut.  

Dengan cairan pembersih kaca, maka kotoran-kotoran yang membandel bisa lebih mudah dibersihkan. Kaca juga terhindar dari goresan.

#5: Rutin Ganti Karet Wiper

cara merawat karet wiper

Sumber: wrench.com

Bagaimanapun juga, karet wiper tetap punya usia pakai. Menurut teori, karet ini hanya bisa berfungsi optimal pada usia pakai 6 bulan sampai 1 tahun. Artinya setiap kali masuk musim hujan, karet harusnya diganti.

Karet yang sudah tidak layak bisa terlihat dari adanya bercak air di kaca, bunyi decit, atau bentuknya melengkung saat dipakai.

Agar lebih awet dan berfungsi optimal, sebaiknya pilih karet wiper yang berkualitas. Tentu merek dan harga ikut menentukan kualitasnya.

Baca juga: Ini Dia 3 Penyebab Terjadinya Karat di Mobil

Tips memastikan sistem wiper dari mobil bekas bekerja optimal

Mobil bekas yang sudah berusia cukup tua atau mungkin telah menjadi mobil “operasional” tentu memiliki komponen-komponen yang sudah bekerja keras. Salah satunya adalah fungsi wiper, mulai dari karet, tangkai, motor penggerak tangkai, sampai pompa penyemport cairan pembersih kaca.

Untuk memastikan fungsi dari sistem pembersih kaca, Otofriends jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi yang cermat, Otofriends bisa memastikan kondisi mobil bekas secara keseluruhan dari laporan hasil inspeksi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut

5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Maret 12, 2024
Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik. Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun
Baca Lebih Lanjut