Penyebab Link Stabilizer Suspensi Mobil Rusak

Oktober 14, 2024
By Getan Metodius
Penyebab Link Stabilizer Suspensi Mobil Rusak-otospector

Semua produsen mobil biasanya membekali mobil yang diproduksi yaitu terdapat komponen penting supaya mobil bisa melaju dengan baik dan aman, karena sudah terdapat link stabilizer.

Dengan adanya link stabilizer yang terbuat dari logam yang cukup kuat, yang bisa menahan beban pada mobil, yang berfungsi agar mobil tetap dalam kondisi yang seimbang. 

Biasanya komponen ini terletak pada bagian kaki mobil yang akan terhubung dengan suspensi kiri dan kanan mobil. Tapi, tak sedikit pengendara mobil yang mengetahui apa sih fungsi dari link stabilizer pada mobil serta apa ciri-ciri kerusakannya. 

Berikut ini ada beberapa fungsi dari link stabilizer pada mobil :

#1: Untuk Menstabilkan Mobil Dari Segala Kondisi.

nyetir stabil

Sumber: tvone

Seperti yang kita ketahui bawasannya fungsi dari link stabilizer adalah untuk menstabilkan mobil pada saat sedang dikendarai, baik dalam kondisi jalanan yang buruk atau pada saat kondisi jalan yang bagus. 

Oleh sebab itu, kestabilan saat berkendara sangat penting, karena mobil bisa saja tergelincir saat melewati jalan yang berkelok atau jalan yang licin. 

#2: Membantu Mengurangi Kemiringan Pada Mobil.

link stabilizer

Sumber: Ombro

Fungsi yang kedua yaitu dapat membantu untuk mengurangi kemiringan pada mobil. Nah, pada saat sedang melewati jalan yang berkelok maka otomatis pengemudi akan berbelok untuk tetap mengikuti jalan. Lalu akan menimbulkan rasa limbung pada pengemudi dan penumpang mobil. 

Nah, untuk mengurangi efek tersebut maka mobil membutuhkan stabilizer link, yang berfungsi untuk mengatur tekanan di suspensi maka dapat membuat mobil tidak terlalu miring pada saat sedang berbelok. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#3: Membantu Meredam Pada Sedang Terjadi Guncangan.

Pada saat kamu sedang mengendarai mobil, kamu pasti pernah merasakan guncangan yang lumayan, bukan? Tapi, jika kamu mengaktifkan link stabilizer pada mobil kamu, maka guncangan tersebut akan segera diredam seolah-olah tidak ada guncangan. 

Baca juga: Pakai Ban Mobil Beda Merek? Boleh, Asalkan …

#4: Daya Cengkram Ban Mobil yang Meningkat.

Link stabilizer ingin juga bisa meningkatkan daya cengkram ban pada saat bermanuver lho. Karena pada umumnya tumpuan daya cengkram mobil bisa melaju di aspal adalah ban.

Karena setiap ban mobil itu diciptakan dengan motif-motif yang tertentu supaya mobil tidak tergelincir pada saat sedang melaju di atas aspal atau di jalan raya. Nah, dengan kamu mengaktifkan link stabilizer maka yang akan terjadi adalah daya cengkram yang akan meningkatkan menjadi lebih baik lagi. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Mengoptimalkan Kerja Dari Stabilizer Bar.

Untuk mengoptimalkan kerja pada link stabilizer bar supaya shock absorber bisa mengikut sudut roda yang sedang berbelok secara maksimal. 

Setelah penjelasan diatas, berikut ini adalah tanda-tanda yang akan kamu rasakan jika link stabilizer mobil kamu sudah rusak: 

#1: Mobil Akan Menjadi Tidak Stabil.

Pada saat mobil sedang melaju maka mobil akan menjadi tidak stabil dengan baik dan saat melaju dijalanan yang lurus dan berbelok. 

#2: Akan Muncul Suara Kasar dari Bagian Bawah Mobil.

Muncul suara di bagian bawah mobil seperti terdengar suara gredek-gredek pada bagian bawah mobil ketika sedang melewati jalan yang kurang merata atau rusak. 

#3: Mobil Menjadi Limbung.

Tanda yang terakhir adalah ketika kamu sedang bermanuver maka mobil akan terasa sensitif dan limbung terhadap guncangan, padahal untuk bagian suspensi tidak bermasalah. 

Itu dia beberapa penyebab dari link stabilizer mobil rusak dan juga pemahaman akan fungsi link stabilizer suspensi mobil. Bagikan artikel ini ke temen-temen kamu biar banyak yang tahu tentang link stabilizer.

Baca juga: Oli Mesin Mobil Habis? Awas Komponen Ini Bisa Rusak! 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi 5 Aki Mobil Terbaik Tahun 2024

Juli 23, 2024
Aki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sumber aliran listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, klakson, dan perangkat elektronik lainnya di mobil. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memilih aki mobil yang bagus dan berkualitas, agar tidak mengalami masalah saat berkendara. Dari aki yang lama hanya menggunakan air aki sampai tidak menggunakan air
Baca Lebih Lanjut

Apa Saja yang Harus Kita Cek Saat Beli Mobil Bekas?

Juli 16, 2024
Seperti yang kita ketahui jika nilai kendaraan mobil cenderung akan terus menurun walaupun usia kendaraan tersebut masih kondisi baru atau belum lama dimiliki oleh tangan pertama. Maka sebagian orang jika membeli mobil baru bukanlah sebuah keharusan yang dimiliki.  Berikut ini ada beberapa tips buat kamu jika ingin membeli mobil yang bekas, kamu harus perhatikan dan
Baca Lebih Lanjut

Mortal Kombat Pelek Kaleng vs Pelek Alloy Mobil

Juli 15, 2024
Membicarakan “mortal kombat” antara pelek kaleng vs pelek alloy mobil rasanya seperti ga ada habisnya. Soalnya, di tengah banyaknya pemakaian pelek alloy terutama di mobil-mobil baru, pemakaian pelek kaleng ternyata masih tetap ada. Bahkan para pemilik mobil lama, tetap mempertahankan pelek kaleng di mobilnya. Pemakaian pelek kaleng pada mobil-mobil tertentu, membuktikan bahwa masing-masing jenis bahan
Baca Lebih Lanjut