Oli Mesin Mobil Habis? Awas, Komponen Ini Bisa Rusak!

Oktober 08, 2024
By Thomas W
Oli Mesin Mobil Habis? Awas, Komponen Ini Bisa Rusak!-otospector

Salah satu kejadian yang harus dicegah oleh para pemilik mobil adalah kehabisan oli mesin mobil. Amit-amit, deh!

Di dalam mesin, oli berfungsi sebagai pelumasan yang menjamin agar gesekan antar komponen bisa diminimalkan, sehingga mesin dapat bekerja lancar.

Jika volume cairan pelumas berkurang atau malah kering sama sekali, akan timbul gesekan yang berlebihan. Akibatnya juga timbul panas yang berlebihan, sehingga ujung-ujungnya mesin bakal jebol! Waduh, semua itu urusannya repot dan juga pakai duit yang tidak sedikit, ya Bro!

Nah, kira-kira komponen apa saja yang bakal rusak, kalau sampai oli mesin berkurang banyak atau malah habis sama sekali? Yuk, kita lihat fakta-faktanya!

#1: Tanda-tanda Volume Oli Jauh Berkurang

Sumber: Pawikaautomotive.com

Ada beberapa tanda, namun yang paling jelas terlihat adalah lampu indikator menyala. Artinya, level oli mesin sudah sangat rendah.

Biasanya bunyi mesin juga ikut jadi kasar, tetapi bunyinya terdengar tidak merata. Suhu mesin juga akan meningkat yang terlihat dari indikator suhu.

Kalau kita berada di dekat mesin, juga akan tercium bau gosong yang berasal dari gesekan berlebih antar komponen.

Asap putih juga muncul dari knalpot. Asap ini sebenarnya adalah oli terbakar karena merembes ke ruang bakar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Komponen Yang Berisiko Mengalami Kerusakan

Sumber: Mobilmo

Bushing dan Bearing. Bantalan ini berfungsi menjamin agar poros atau komponen bergerak lancar. Kalau oli mengering, komponen ini akan cepat aus.

Noken As. Komponen ini membuka dan menutup katup mesin. Tanpa oli, akan terjadi keausan parah.

Klep Mesin. Fungsinya mengatur aliran udara dan bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang bakar. Kalau sampai noken as rusak, katup mesin juga ikut kena akibatnya.

Dinding Silinder. Yang dimaksud dinding adalah permukaan dalam blok mesin, tempat bergeraknya piston. Tanpa pelumasan, dinding bakal tergores, dan kompresi akan turun.

Piston dan Ring. Piston berfungsi menghasilkan tenaga dan dalam bekerja dilindungi oleh ring yang mencegah kebocoran kompresi dan kebocoran oli. Kalau tidak ada oli, komponen ini akan aus dan lecet.

Kruk As. Fungsinya mengubah gerakan naik-turun dari piston menjadi rotasi. Jika sampai bermasalah, maka mesin tidak berfungsi optimal.

Baca juga: Tips Stop And Go Mobil Manual Di Jalan Menanjak

#3: Efek Lain Dari Habisnya Oli

Sumber: Suzuki Indonesia

Selain kerusakan komponen, ada beberapa kondisi lain yang timbul. Antara lain terjadi overheat atau panas tinggi akibat gesekan berlebihan antar komponen.

Akibat gesekan yang tinggi, mesin bisa saja saling mengunci. Kondisi ini bakal sangat merepotkan, karena harus bongkar total alias turun mesin.

Oli yang kering juga mempengaruhi kerja pompa oli. Gara-gara tidak ada oli, justru pompa akan bekerja terlalu keras sehingga akan rusak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Mencegah Oli Mesin Jadi Kering

Sumber: North Cost Auto

Tidak ada pilihan lain selain Otofriends harus selalu menjaga kualitas oli mesin dengan pengecekan rutin. Cek volume oli setidaknya seminggu sekali, dilakukan sebelum menggunakan kendaraan.

Langkah lain yang tak kalah penting adalah selalu mengecek kondisi kendaraan. Jika ada gejala-gejala seperti pada poin 1 di atas, maka Otofriends harus waspada pada berkurangnya volume oli.

Mencegah oli mesin kering jelas jauh lebih mudah, dibanding harus memperbaiki mesin yang rusak karena kehabisan oli. Karena urusannya bukan cuma waktu, melainkan juga biaya.

Baca juga: Benarkah Semir Ban Mobil Bikin Ban Jadi Awet?

Apakah knalpot yang berasap menandakan adanya kerusakan mesin?

Tidak semua asap yang keluar dari knalpot adalah tanda ketidakberesan. Ada juga asap tipis yang normal terjadi, terutama pada saat mesin baru saja dihidupkan pada pagi hari.

Asap baru perlu diwaspadai jika jumlahnya banyak atau warnanya pekat, seperti hitam atau kebiruan.

Namun untuk memastikan kondisi mesin, Otofriends sebaiknya memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mengetahui kondisi mesin yang sebenarnya.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara profesional akan membuat kita mendapat gambaran yang tepat tentang kondisi mobil sesungguhnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 City Car Murah Harga 70 Jutaan Per 2024

Juli 10, 2024
Di pasaran mobil bekas, mobil city car murah masih jadi pencarian favorit bagi calon pembeli yang cermat dan punya anggaran terbatas. Mereka biasanya mencari mobil yang ekonomis, desain menarik, perawatan mudah, dan performa cukup baik. Adanya program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah sejak tahun 2013 memang memberi konsumen lebih banyak pilihan city car
Baca Lebih Lanjut

Siapin Segini Buat Beli Mobil Rubicon Bekas

Juli 10, 2024
Mobil Rubicon bekas masih menarik minat para pencinta mobil-mobil SUV, sehingga tidak heran kalau harga bekasnya masih terus menarik untuk dipantau. Maklum saja, dengan segala fitur dan kemampuannya, mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil “sultan”, dan menempati kasta tertinggi di kelasnya. Dengan semakin bervariasinya trim Rubicon yang ada di pasaran Indonesia, harga mobil Rubicon bekas
Baca Lebih Lanjut

Selain Pakai Ban Asimetris, Simak Tips Aman Nyetir Saat Hujan Lainnya

Juli 09, 2024
Berkendara di musim hujan juga harus lebih waspada, karena saat berkendara di musim hujan dapat membuat pandangan tidak terlalu jelas, apalagi jika di posisi hujannya pada saat malam hari membuat visibilitas ke jalan pastinya akan berkurang drastis. Sesungguhnya mau musim hujan atau bukan, kita sebagai pengemudi haruslah berkendara dengan aman, namun bedanya saat berkendara di
Baca Lebih Lanjut