Download Aplikasi OTOS
Install

Oli Mesin Mobil Habis? Awas, Komponen Ini Bisa Rusak!

Oktober 08, 2024
By Thomas W
Oli Mesin Mobil Habis? Awas, Komponen Ini Bisa Rusak!-otospector

Salah satu kejadian yang harus dicegah oleh para pemilik mobil adalah kehabisan oli mesin mobil. Amit-amit, deh!

Di dalam mesin, oli berfungsi sebagai pelumasan yang menjamin agar gesekan antar komponen bisa diminimalkan, sehingga mesin dapat bekerja lancar.

Jika volume cairan pelumas berkurang atau malah kering sama sekali, akan timbul gesekan yang berlebihan. Akibatnya juga timbul panas yang berlebihan, sehingga ujung-ujungnya mesin bakal jebol! Waduh, semua itu urusannya repot dan juga pakai duit yang tidak sedikit, ya Bro!

Nah, kira-kira komponen apa saja yang bakal rusak, kalau sampai oli mesin berkurang banyak atau malah habis sama sekali? Yuk, kita lihat fakta-faktanya!

#1: Tanda-tanda Volume Oli Jauh Berkurang

Sumber: Pawikaautomotive.com

Ada beberapa tanda, namun yang paling jelas terlihat adalah lampu indikator menyala. Artinya, level oli mesin sudah sangat rendah.

Biasanya bunyi mesin juga ikut jadi kasar, tetapi bunyinya terdengar tidak merata. Suhu mesin juga akan meningkat yang terlihat dari indikator suhu.

Kalau kita berada di dekat mesin, juga akan tercium bau gosong yang berasal dari gesekan berlebih antar komponen.

Asap putih juga muncul dari knalpot. Asap ini sebenarnya adalah oli terbakar karena merembes ke ruang bakar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Komponen Yang Berisiko Mengalami Kerusakan

Sumber: Mobilmo

Bushing dan Bearing. Bantalan ini berfungsi menjamin agar poros atau komponen bergerak lancar. Kalau oli mengering, komponen ini akan cepat aus.

Noken As. Komponen ini membuka dan menutup katup mesin. Tanpa oli, akan terjadi keausan parah.

Klep Mesin. Fungsinya mengatur aliran udara dan bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang bakar. Kalau sampai noken as rusak, katup mesin juga ikut kena akibatnya.

Dinding Silinder. Yang dimaksud dinding adalah permukaan dalam blok mesin, tempat bergeraknya piston. Tanpa pelumasan, dinding bakal tergores, dan kompresi akan turun.

Piston dan Ring. Piston berfungsi menghasilkan tenaga dan dalam bekerja dilindungi oleh ring yang mencegah kebocoran kompresi dan kebocoran oli. Kalau tidak ada oli, komponen ini akan aus dan lecet.

Kruk As. Fungsinya mengubah gerakan naik-turun dari piston menjadi rotasi. Jika sampai bermasalah, maka mesin tidak berfungsi optimal.

Baca juga: Tips Stop And Go Mobil Manual Di Jalan Menanjak

#3: Efek Lain Dari Habisnya Oli

Sumber: Suzuki Indonesia

Selain kerusakan komponen, ada beberapa kondisi lain yang timbul. Antara lain terjadi overheat atau panas tinggi akibat gesekan berlebihan antar komponen.

Akibat gesekan yang tinggi, mesin bisa saja saling mengunci. Kondisi ini bakal sangat merepotkan, karena harus bongkar total alias turun mesin.

Oli yang kering juga mempengaruhi kerja pompa oli. Gara-gara tidak ada oli, justru pompa akan bekerja terlalu keras sehingga akan rusak.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Mencegah Oli Mesin Jadi Kering

Sumber: North Cost Auto

Tidak ada pilihan lain selain Otofriends harus selalu menjaga kualitas oli mesin dengan pengecekan rutin. Cek volume oli setidaknya seminggu sekali, dilakukan sebelum menggunakan kendaraan.

Langkah lain yang tak kalah penting adalah selalu mengecek kondisi kendaraan. Jika ada gejala-gejala seperti pada poin 1 di atas, maka Otofriends harus waspada pada berkurangnya volume oli.

Mencegah oli mesin kering jelas jauh lebih mudah, dibanding harus memperbaiki mesin yang rusak karena kehabisan oli. Karena urusannya bukan cuma waktu, melainkan juga biaya.

Baca juga: Benarkah Semir Ban Mobil Bikin Ban Jadi Awet?

Apakah knalpot yang berasap menandakan adanya kerusakan mesin?

Tidak semua asap yang keluar dari knalpot adalah tanda ketidakberesan. Ada juga asap tipis yang normal terjadi, terutama pada saat mesin baru saja dihidupkan pada pagi hari.

Asap baru perlu diwaspadai jika jumlahnya banyak atau warnanya pekat, seperti hitam atau kebiruan.

Namun untuk memastikan kondisi mesin, Otofriends sebaiknya memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk mengetahui kondisi mesin yang sebenarnya.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara profesional akan membuat kita mendapat gambaran yang tepat tentang kondisi mobil sesungguhnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Kapan Sih, Waktunya Ban Mobil Dispooring?

April 17, 2025
Tak sedikit pemilik kendaraan yang bingung, kapan waktunya ban mobil dispooring? Tiap berapa kilometer? Apa saja yang jadi tanda ban mobil sudah waktunya dilakukan spooring? Melakukan spooring (dan biasanya juga disertai balancing) secara rutin sangatlah penting untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan mobil. Jangan menunggu sampai ada keluhan di kaki-kaki dan mengganggu kenyamanan Anda berkendara. Secara
Baca Lebih Lanjut

Dari Besar dan Kecil Mobil Bekas 300 Jutaan Ada Di Sini

April 16, 2025
Pilihan mobil bekas 300 jutaan tentu bukan mobil sembarangan. Ada beragam pilihan dengan jaminan kualitas yang bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih. Menariknya, dengan budget sebesar ini, kita leluasa  mendapatkan mobil-mobil yang masih di bawah 10 tahun. Dari sisi kualitas tentu akan banyak pilihan bodi dan mesin yang kondisinya baik. Apalagi di harga barunya, mobil-mobil
Baca Lebih Lanjut

Tips Aman Istirahat di Mobil Saat Jalan Jauh

April 09, 2025
Biasanya untuk melakukan perjalanan yang sangat jauh menggunakan mobil menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan, bukan? Tapi pasti juga sangat melelahkan jika pengendara tidak bergantian untuk mengendarai mobil tersebut. Nah, untuk tetap menjaga keselamatan saat berkendara adalah mengantuk jadwal istirahat dengan menggunakan metode tips aman saat berkendara dengan jarak tempuh yang jauh.  Dengan istirahat yang
Baca Lebih Lanjut