Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
By Thomas W
Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya-otospector

Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan katup throttle kepada Engine Control Unit (ECU) atau komputer yang mengontrol sistem injeksi bahan bakar.

Masih rada bingung? Nah, biar jelas, mari kita perdalam penjelasan tentang sensor TPS pada mobil serta fungsi sensor tps di bawah ini:

#1: Apa Fungsi Utama Sensor TPS?

Sensor TPS Pada Mobil

Sumber: Lifepal.co.id

Sebenarnya fungsi utama sensor TPS adalah untuk mengenali mode dan kondisi kendaraan. Misalnya saat kendaraan akselerasi, deselerasi, idle, atau cruise.

Sensor TPS yang mengetahui mode dan kondisi kendaraan segera melapor kepada ECU sehingga ECU akan mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan injektor ke ruang bakar mesin.

Dengan adanya sistem yang pintar ini, tentu konsumsi BBM bisa optimal dan emisi gas buang juga bisa ditekan serendah mungkin.

Baca juga: Selain Untuk Pembeda, Ini Alasan Kenapa Air Radiator Berwarna

#2: Bagaimana Cara Kerjanya?

Sensor TPS Pada Mobil

Sumber: Astra Daihatsu.id

Sensor TPS bekerja pakai prinsip potensiometer, yaitu alat yang mengubah perubahan posisi menjadi perubahan tegangan listrik.

Sensor TPS berhubungan dengan katup throttle lewat sebuah poros. Kalau katup throttle bergerak, sensor TPS juga ikutan bergerak dan menghasilkan tegangan output sesuai sudut bukaan katup throttle. Tegangan output inilah yang dikirimkan ke ECU untuk sinyal masukan.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Bagaimana Contoh Pengaplikasiannya?

Sensor TPS Pada Mobil

Sumber: Suara.com

Sebenarnya ada banyak aplikasi dari sensor TPS terhadap sistem injeksi bahan bakar. Salah satunya untuk mengontrol fuel cut atau kondisi di mana ECU mematikan injektor agar penyemprotan bahan bakar ke dalam mesin dihentikan.

Gambarannya di lapangan adalah pada saat mobil ada dalam kondisi deselerasi atau overrun, yaitu saat pedal gas dilepas dan kecepatan kendaraan masih tinggi.

Pada kondisi seperti itu, ECU menggunakan informasi dari sensor TPS dan sensor lainnya, seperti sensor kecepatan kendaraan dan sensor oksigen untuk melakukan fuel cut.

Injektor akan dimatikan secara otomatis oleh ECU saat sensor TPS menunjukkan bahwa katup throttle terbuka setengah atau kurang, sensor kecepatan menunjukkan kecepatan yang melewati batas tertentu, dan sensor oksigen menunjukkan campuran yang terlalu kaya antara udara dan bahan bakar.

#4: Apakah Semua Mobil Punya Sensor TPS?

Sensor TPS Pada Mobil

Sumber: istockphoto

Tidak semua kendaraan atau mobil punya sensor TPS. Soalnya sensor ini cuma digunakan untuk  mobil yang memakai sistem injeksi bahan bakar elektronik (EFI) sebagai pengganti karburator.

Mobil yang masih menggunakan karburator tidak butuh sensor TPS, karena buka tutupnya katup throttle diatur secara mekanis oleh pedal gas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Apa Saja Jenis-jenis Sensor TPS?

Sensor TPS Pada Mobil

Sumber: Lowe Automobil

Paling tidak ada empat jenis sensor TPS yang masing-masing punya cara kerja berbeda.

Tipe Variabel Resistor, sensor TPS yang bekerja memanfaatkan resistor sebagai perubah besar kecilnya sinyal tegangan output sensor.

Tipe Sensor Tipe Kontak Point, sensor TPS yang memiliki dua jenis signal yaitu IDL dan PSW. Tipe IDL digunakan untuk menghentikan aliran BBM sedangkan PSW untuk menginjeksi bahan bakar.

Tipe Induksi, sensor TPS yang memanfaatkan sensor di posisi induksi. Pendeteksian dilakukan dengan memanfaatkan elemen IC.

Tipe Hall Effect, sensor TPS yang bekerja memanfaatkan hall effect yakni komponen untuk menghasilkan tegangan yang bervariasi dan menjadi respons magnet.

Baca juga: Begini Caranya Jual Mobil Dengan Cepat

Bagaimana cara memilih mobil bekas yang tidak boros bensin?

Membeli mobil bekas memang tidak semudah membeli mobil baru. Selain harus jeli dalam memilih, kita juga dituntut untuk memahami risiko merawat mobil yang kondisinya tidak baru. Salah satunya adalah borosnya konsumsi BBM.

Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM adalah performa mesin. Karena itu jangan ambil risiko, inspeksi dulu mobil bekas sebelum dibeli dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi yang cermat dan prosedur yang ketat, maka Otofriends akan mendapat gambaran tentang performa mobil dan tentunya konsumsi BBM nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Alasan Pilih Honda Mobilio Bekas Dibanding Avanza

November 10, 2023
Kondisi perekonomian dan bursa otomotif yang belakangan sedikit meredup akibat pandemi, berimbas pula pada harga Honda Mobilio bekas di pasaran. Situasinya, di berbagai bursa mobil bekas seputar Jabodetabek, LMPV unggulan Honda ini harus bersaing ekstra ketat untuk merebut hati konsumen, termasuk harus menurunkan harga. Padahal di masa lalu kita mengenal Honda Mobilio sebagai produk yang
Baca lebih lanjut

Ini Dia 5 Rekomendasi SUV Bekas Dibawah 100 Juta

November 10, 2023
SUV bekas dibawah 100 juta memang selalu jadi isu yang menarik di dalam bursa mobil bekas. Maklum, banyak orang yang sebenarnya berminat terhadap mobil yang tangguh di segala medan ini. Tapi sayang, harganya masih terus tinggi, sehingga seperti tidak akan mampu terbeli. Mobil-mobil SUV bekas dibawah harga 100 juta atau dengan harga yang sudah sangat
Baca lebih lanjut

Tips Jual Mobil Bekas Agar Cepat Laku

November 10, 2023
Ada kalanya Otofriends berniat untuk menjual mobil bekas setelah ada rencana untuk beli sebuah mobil baru. Atau mungkin juga sedang mencoba-coba jualan mobil bekas untuk menjadi salah satu peluang bisnis demi menambah penghasilan. Masalahnya, tidak semua orang merasa dengan gampang bisa menjual mobil bekas atau menguasai cara jual mobil bekas yang efektif. Setidak-tidaknya jika mereka
Baca lebih lanjut