Begini Caranya Jual Mobil Dengan Cepat

Desember 07, 2023
By Thomas W
Begini Caranya Jual Mobil Dengan Cepat-otospector

Saat Otofriends mau mengganti mobil, salah satu persoalan yang biasa dihadapi adalah bagaimana cara jual mobil dengan cepat. Rasanya wajar kalau dalam hal ini Anda bingung tentang cara jual mobil bekas. Maklum, Anda bukan orang yang biasa melakukan ini sehari-hari alias bukan pedagang.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Memang tak ada ilmu yang baku tentang cara menjual mobil bekas dengan cepat. Apalagi Anda bukan belajar untuk menjadi penjual mobil profesional.

Namun Anda bisa mempraktikkan cara menjual mobil secara langkah demi langkah seperti di bawah ini. Jika kamu memutuskan untuk menjual mobil, dan ingin laku cepet, ini beberapa tipsnya.

Mari kita lihat dan perhatikan caranya jual mobil secara cepat berikut ini:

#1: Bersihkan dan Perbaiki Mobil

jual mobil dengan cepat

Sumber: canadiangearhead.com

Langkah pertama yang bijaksana adalah mempersiapkan mobil sebaik mungkin. Jangan karena kepingin buru-buru  ganti mobil, lalu kita tidak peduli.

Cuci bersih, poles bodi, bersihkan interior, ganti oli dan ban, periksa mesin dan kelistrikan, dan perbaiki kerusakan-kerusakan kecil yang dapat mengurangi nilai jual.

Mobil yang terawat dan tidak bermasalah akan menarik lebih banyak calon pembeli dan cepat laku.

#2: Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

jual mobil dengan cepat

Sumber: carmudi

Persiapkan kelengkapan dokumennya seperti BPKB, STNK, faktur, kuitansi, surat pernyataan, dll. Segala dokumen ini menandai kepemilikan sah dan tidak ada masalah hukum pada kendaran.

Saat jual beli, Otofriends juga bisa meminta pembeli menandatangani surat perjanjian. Isinya detail transaksi, seperti harga, cara pembayaran, tanggung jawab, dll. Surat ini akan berguna manakala ada masalah sengketa di kemudian hari.

Baca juga: 4 Harga Mobil Carry Bekas Dari Tiap Generasi

#3: Cari Tahu Harga Pasaran Dan Tentukan Harga Jual Mobil Serasional Mungkin

jual mobil dengan cepat

Sumber: gridoto.com

Harga mobil bekas di pasaran mobil bekas yang sesuai merek, model, tahun dan kondisi mobil, bisa Otofriends lihat di situs-situs jual beli mobil bekas secara online atau jual mobil online.  

Bandingkan juga harga mobil sejenis yang dijual di daerah sekitar Anda.

Harga jual sebaiknya jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena akan mengurangi minat calon pembeli.

Jangan menetapkan harga terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena akan mengurangi minat calon pembeli.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Buat Iklan yang Menarik tapi Tetap Jujur

jual mobil dengan cepat

Sumber: time.news

Salah satu cara menjual secara cepat adalah secara online di situs-situs jual beli mobil bekas atau di media sosial.

Di platform tersebut kita memerlukan kata-kata yang menarik dengan memakai kata-kata yng menonjolkan keunggulan mobil, seperti ““mobil baru”, “pajak panjang”, “kilometer rendah”, “full orisinil”, “tangan pertama”, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk menyertakan foto-foto mobil dari berbagai sudut, eksterior maupun interior. Foto yang bagus dan detail akan menarik perhatian calon pembeli. Tetap tampilkan kondisi mobil apa adanya, jangan direkayasa.  

Jujurlah selalu soal spesifikasi, fitur, dan riwayat mobil, termasuk kekurangan-kekurangannya. Salah satu keuntungan dari kejujuran ini adalah munculnya kepercayaan calon pembeli.

#5: Berkomunikasilah secara Baik dengan Calon Pembeli

jual mobil dengan cepat

Sumber: hoblitchevy.com

Biasanya setelah iklan ditayangkan, bakal banyak pertanyaan dan tawaran datang. Berkomunikasilah dengan calon pembeli secara ramah dan jawab dengan jujur tentang kondisi mobil.

Tawaran jangan ditolak tanpa proses negosiasi. Harga jual mobil bisa dinaikkan sedikit agar ada ruang bernegosiasi. Kalau ada tawaran yang sesuai harapan, jangan ragu untuk menerimanya.

Beri kesempatan calon pembeli untuk melihat mobil, bahkan test drive. Biarkan mereka menilai secara objektif, seperti melibatkan mekanik atau inspektor. Akan lebih baik kalau Anda melibatkan jasa inspeksi mobil bekas seperti Otospector untuk menujukkan penilaian dari pihak ketiga.

Jika kebetulan belum ada kesepakatan dengan calon pembeli, jangan lupa untuk tetap mengucapkan terima kasih.

Baca juga: Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2023

Bagaimana caranya memastikan bahwa mobil bekas yang mau kita beli kondisinya layak?

Membeli mobil bekas memang susah-susah gampang. Susahnya, kalau kita bukanlah orang yang ahli dalam bidang otomotif. Pasti bingung untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan, apalagi pada bagian mesin.

Sedangkan gampangnya, kita sebenarnya tidak perlu repot untuk memeriksa sendiri. Cukup dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas, maka urusan inspeksi mobil jadi mudah dan cepat.

 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut