Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
By Getan Metodius
Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024-otospector

Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan?

Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat. Tidak sedikit karena banyaknya kasus mobil manual yang gagal dalam jalan menanjak, mungkin karena kurangnya momentum atau ancang-ancang, beban mobil terlalu berat atau hal lainnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Memanfaatkan Momentum.

Manfaatkan Momentum Gigi Mobil, Kopling dan Gas
Manfaatkan Momentum Gigi Mobil, Kopling dan Gas

Biasanya sih mereka yang sudah lebih berpengalaman dan sering melewati tanjakan jadi lebih paham dan lebih mudah dalam mendapatkan momentum menanjak menyeimbangkan antara kopling dan juga gas mobil.

Baca juga: 5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

#2: Menunggu Antrian.

Manfaatkan Momentum Gigi Mobil, Kopling dan Gas
Mulai Menanjak Saat Kosong

Ada juga nih yang sengaja menunggu antrian dulu saat menanjak ya Otofriends. Jadi dia menunggu dulu mobil di depannya sukses menanjak terlebih dahulu, baru dia masuk mencari momentum tadi seperti point satu agar tidak terhambat pada stop and go.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Mematikan AC Mobil Saat Tanjakan.

Mematikan AC Mobil
Mematikan AC Mobil

Dua cara di atas bisa dilakukan, namun, begini Otofriends kadang kita menemui kondisi di mana harus stop and go dalam menanjak, agar tetap bisa berjalan baik ada satu cara yang sering digunakan adalah mematikan AC mobil. Head Product Improvement EDER, PT Astra Daihatsu Motor Adm, Bambang Supriadi sependapat dengan tindakan pengemudi yang mematikan AC ketika menghadapi jalan tanjakan.

Menurutnya, mematikan AC mobil saat melewati tanjakan bisa menambah performa kekuatan dari mobil. Pasalnya kompresor AC itu berputar mengikuti putaran mesin, jadi kalau kompresor AC mati, beban mesin mobil jadi lebih ringan.

Apakah Otofriends sependapat juga dengan pendapat ini? Banyak yang beranggapan bahwa kalau mematikan AC mobil sementara hanya saat melewati tanjakan tidak masalah, lagipula kalau sudah melewati tanjakan tadi, AC bisa kembali dinyalakan untuk membuat kondisi kabin lebih sejuk dan tidak panas kembali.

Baca juga: Ini Dia 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Yang Pernah Ada

beli mobil bekas di tokopedia

Pentingnya Membeli Mobil Bekas Yang Bergaransi:

Kalau kendala melibas tanjakan sudah dibahas, kini saatnya mengatasi kendala kalau membeli mobil bekas tapi tanpa garansi. Memang membeli mobil bekas menjadi pilihan bagi sebagian orang, karena berbagai alasan, namun benang merahnya karena budget yang dikeluarkan tidak begitu besar.

Saat ini membeli mobil bekas jauh lebih mudah dalam memilih mana mobil yang perlu di beli dan mana yang perlu dilupakan. Menggunakan Jasa Inspeksi Mobil Bekas Otospector kita bisa terbantu karena akan dilakukan inspeksi menyeluruh lebih dari 150 lebih titik inspeksi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca lebih lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca lebih lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca lebih lanjut