Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Update 2024

Februari 18, 2024
By Thomas W
Gak Cuma Esemka Ini 10 Merek Mobil Buatan Indonesia Update 2024-otospector

Meski menjadi salah satu pasar otomotif yang cukup besar di dunia, ternyata merek mobil buatan Indonesia malah tidak ada yang berumur panjang. Beberapa merek mobil memang pernah diupayakan hadir oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, namun kelanjutannya malah dipertanyakan.

Walau belum ada mobil nasional, industri otomotif Indonesia sudah mampu mengekspor mobil dan suku cadang ke berbagai belahan dunia. Ini terbukti puluhan ribu unit mobil buatan Indonesia laris antara lain ke sejumlah negara di Timur Tengah.

Salah satu mobil buatan indonesia yang laris salah satu contohnya adalah Daihatsu Grand Max. Seiring berjalannya waktu Gran Max yang dibuat di pabrik Daihatsu di Indonesia mendapat kepercayaan.

Apa saja merek mobil buatan Indonesia yang pernah ada. Berikut ini ada 10 merek yang sempat terdengar kiprahnya:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Esemka

mobil indonesia esemka
Esemka

Mobil yang diambil dari nama tingkatan sekolah (SMK) ini, merupakan produk dari PT Solo Manufaktur Kreasi yang pabriknya di Solo, Jawa Tengah. Mobil ini memang dibuat langsung oleh para siswa SMK dan resmi diluncurkan pertama kali pada 2019. Namun

Saat diluncurkan, Esemka punya dua varian mobil yaitu Esemka Bima 1.2L dan Bima 1.3L. Harga jualnya dimulai dari Rp95 juta. Meski sudah dijual resmi, mobil ini rupanya belum masuk dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Meski diproduksi di Indonesia, Esemka tidak disebut sebagai mobil nasional karena sepenuhnya dikelola swasta. Kapasitas produksinya 12.000 unit per tahun di mana setiap bulan Esemka mampu memproduksi 10 unit SUV dan mini truck.

#2: Timor

mobil indonesia timor
Timor

Mobil nasional yang berhasil dijual massal adalah Timor produksi dari PT Timor Putra Nasional. Timor atau “Teknologi Industri Mobil Rakyat” pertama kali diperkenalkan pada 1996 dan merupakan rebadge dari KIA Sephia yang dirakit lokal dengan komponen lokal.

PT Timor yang sebagian besar sahamnya dipegang oleh Tommy Soeharto, putra presiden saat itu, mempunyai fasilitas bebas pajak dan biaya-biaya lain. Tak heran kalau harga jual Timor saat itu tergolong murah dan laku ribuan unit.

Proyek pembuatan mobil ini direncanakan jadi modal pembangunan industri mobil nasional  di mana didanai dengan sangat besar. Namun karena adanya protes dari industri otomotif dunia serta adanya krisis moneter dan turunnya Presiden Soeharto, proyek ini akhirnya berhenti.

Baca juga: 6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik

#3: Maleo

maleo mobil indonesia
Maleo

Mobil ini merupakan salah satu proyek dari Menteri Riset dan Teknologi saat itu, BJ Habibie. Mobil yang dirilis pada 1993 ini merupakan hasil kerja sama antara PT Industri Pesawat Terbang Nusantara dengan Rover, perusahaan otomotif asal Inggris.

Maleo dirancang sebagai mobil sedan harga terjangkau yakni Rp30 jutaan. Mesinnya 1.200 cc 3 silinder, 2 tak, dan berteknologi injeksi. Teknologinya memang diambil dari Rover, tetapi pemakaian komponennya murni disuplai asal Indonesia.

Maleo sempat punya 11 rancangan, hingga akhirnya terbentur proyek Timor. Akhirnya benar-benar hilang setelah krisis moneter Indonesia pada 1998.

#4: Kancil

mobil asal indonesia kancil
Kancil

Selain sebagai mobil pribadi, Kancil dihadirkan untuk menggantikan bajaj dan bemo yang diharapkan kalah dari Kancil atau gabungan Industri Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Kancil ini hadir pada 1999 dipasarkan serta dibuat oleh PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari. Harga jualnya cukup murah, sekitar Rp17 jutaan atau setara harga sepeda motor. Mobil ini cocok untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Mesinnya 404 cc yang hanya menghasilkan torsi 28 Nm, namun tetap cocok untuk kendaraan sehari-hari. Pada awalnya Kancil sempat tidak lulus uji dari Kementerian Perhubungan, namun akhirnya diterima dan berhak menyandang plat hitam.   

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Mahesa

mobil buatan indonesia mahesa
Mahesa

Mahesa adalah mobil khusus petani di desa yang dibuat oleh Sukiyat. Mobil yang dikatakan sebagai pengganti Esemka ini hadir dengan tiga tipe bodi, yaitu pick up, double cabin, dan pertanian. Harga jualnya mulai harga Rp50 jutaan.

Sayangnya proyek mobil ini menggunakan mesin diesel, namun tergolong cukup baik. Mesinnya menggunakan mesin diesel 1 piston berkapasitas 650 cc, dengan konsumsi bahan bakar mencapai 30 km/liter. Meski begitu, kecepatan maksimalnya bisa 55 km/jam.

Dengan menggunakan sistem power take off (PTO) yang langsung terkoneksi dengan mesin pertanian, Mahesa sangat berguna dalam memudahkan petani untuk membajak sawah. Tersedia tiga varian yakni double cabin, pick up, dan kendaraan pertanian.

#6: GEA

gea mobil indonesia
GEA

GEA atau singatan dari Gulirkan Energi Alternatif merupakan mobil yang diciptakan oleh PT INKA. Mesinnya menggunakan Rusnas (Riset Unggulan Strategi Nasional) yang merupakan proyek dari BPPT.

Mesinnya bensin berkapasitas 640 cc dengan 2 silinder. Sejak awal GEA dirancang sebagai city car dengan harga Rp45 juta – Rp50 juta. Harga yang sangat kompetitif, namun akhirnya namanya tidak terdengar lagi.

#7: Tawon

tawon mobil indonesia
GEA

Tawon atau artinya adalah lebah yang besar ini dibuat oleh PT Super Grasindo Jaya pada tahun 2010. Awalnya mobil yang dibuat di Rangkasbitung Banten ini dibuat sebagai alternatif angkutan di pedesaan.

Mesinnya 650 cc dengan efisiensi bahan bakar yang cukup baik, seperti mobil LCGC saat ini. Saat meluncur, harganya ditawarkan Rp43 juta hingga Rp65 juta.

Beberapa varian yang ditawarkan di pasaran adalah Trafo Tawon, Tawon AutoGas, Metro Tawon, Taksi Tawon Niga dan Perawatan Kesehatan Keliling. Namun sejak 2017 rupanya Tawon sudah tidak terdengar lagi bunyinya.

#8: AMMDes

AMMDes mobil dari indonesia
AMMDES

AMMDes atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan merupakan salah satu mobil buatan Indonesia yang sudah diekspor. Konsepnya adalah mobil pedesaan yang tangguh di segala medan.

Sejak diperkenalkan pada 2018, AMMDes sudah diekspor lebih dari 10.000 unit dalam kurun waktu 5 tahun. Mobil ini diekspor ke berbagai negara, termasuk Afrika dan Nigeria.

Kemampuan off-road AMMDes ditunjang oleh mesin diesel bertenaga 14 tenaga kuda dengan torsi besar yang disalurkan ke penggerak roda belakang. AMMDes mampu mengangkut beban hingga 700 kg.

#9: Tucuxi

tucuxi mobil buatan indonesia
Tucuxi

Tucuxi menjadi salah satu mobil listrik Indonesia yang mempunyai bentuk bak hypercar. Pertama kali diperkenalkan pada 2012, mobil ini merupakan karya Danet Suryatama, alumni ITS Surabaya dan University of Michigan. Ia juga seorang mantan pegawai Chrysler.

Mobil ini hadir atas pesanan menteri BUMN pada saat itu, Dahlan Iskan. Tucuxi menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) yang bisa menempuh jarak sejauh 321km. Mesinnya dapat menghasilkan tenaga sebesar 268hp.

#10: Selo

selo mobil buatan indonesia
Selo

Selain Tucuxi, di Indonesia juga pernah lahir sebuah supercar bernama Selo. Mobil yang dirancang oleh Ricky Nelson ini diperkenalkan pada 2013. Eksteriornya yang super mewah mengingatkan kita akan Ferrari dan Lamborghini.

Mobil ini menggunakan tenaga penggerak motor listrik yang mampu menghasilkan daya sebesar 182 tk. Selo mampu menempuh jarak hingga 250 km/jam dengan pengisian daya baterai yang butuh waktu sekitar 4 jam.

Baca juga: Mobil-mobil Bekas Harga Kisaran 30 Juta. Simak Daftarnya!

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan mobil-mobil bekas buatan Indonesia masih dalam kondisi prima?

Meski mobil-mobil termasuk jarang di pasaran mobil bekas, namun adakalanya Otofriends akan menemui beberapa unit yang dijual, baik itu di dealer maupun perorangan. Namun bagaimana memastikan kondisinya, mengingat mobil ini tidak sering kita temui di jalanan?

Agar Otofriends dapat memastikannya, jangan ragu untuk memakasi jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan inspeksi yang cermat di lebih dari 150 titik pemeriksaan serta dilakukan oleh tenaga profesional yang andal, maka Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil yang tengah diincar.

Dengan mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya, Otofriends akan dapat memperkirakan harga terbaik saat transaksi jual-beli.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Mei 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal. Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut,
Baca Lebih Lanjut