Koleksi Mobil Anies Baswedan

Februari 13, 2024
By Thomas W
Koleksi Mobil Anies Baswedan-otospector

Dari tiga calon presiden yang akan berlaga dalam Pemilu 2024 salah satu nama adalah Anies Baswedan. Di tengah masyarakat, tokoh ini dikenal sebagai calon presiden yang berlatar belakang akademisi. Kariernya banyak dihabiskan dalam dunia pendidikan, baik dalam gerakan sosial masyarakat, akademisi, sampai menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Menjelang Pemilu 2024, setiap calon presiden memang akan dicermati soal visi dan misi, rekam jejak politik, dan hasil debat. Namun di samping itu yang juga disoroti masyarakat adalah soal harta kekayaan di mana salah satunya adalah soal kendaraan.

Apa saja koleksi kendaraan dari Anies Baswedan? Yuk kita lihat fakta-faktanya berikut ini:

#1: Sumber Informasi Daftar Koleksi Kendaraan Anies Baswedan

Koleksi Mobil Anies Baswedan

Sumber: Pajak.com

Daftar kendaraan ini diambil berdasarakan catatan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), pada 18 Oktober 2023.

Seluruh calon presiden wajib melaporkan daftar harta terbarunya.

Ini sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa setiap calon wajib melaporkan kekayaannya kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan kekayaan.

Ada juga peraturan yang menyebutan KPU akan mengumumkan nilai kekayaan calon dan KPK akan mengunggah data kekayaan capres dan cawapres pada situs e-LHKPN jika telah diumumkan oleh KPU.

Baca juga: Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

#2: Kendaraan Berupa Mobil

  • Honda Odyssey 2016 (hasil sendiri) Rp450.000.000
Koleksi Mobil Anies Baswedan

Sumber: Gridoto.com

Satu-satunya mobil yang tercatat sebagai milik Anies Baswedan adalah Honda Odyssey 2016 ini.

Odyssey dikenal sebagai mobil yang tampilannya elegan dan dewasa. Namun di samping itu, mobil ini juga punya sentuhan desain yang sangat muda dan kenyamanannya ala mobil-mobil mewah.

Masuk ke area kabin, tampak Odyssey memang didesain untuk kenyamanan, di mana jok baris kedua captain seat dengan jok berlapis kulit.

Honda Odyssey dibekali mesin 2.400cc 4-silinder VTEC dengan tenaga 175 PS dengan torsi maksimal 225 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT.

Dalam LHKPN, pemilik mengisi harga pasaran Odyssey adalah Rp450 juta. Namun sebenarnya di pasaran mobil bekas, Odyssey RC dibanderol mulai Rp320 juta sampai Rp400 jutaan.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Kendaraan Berupa Sepeda Motor

  • Motor Vespa Sprint 1968 (hibah tanpa akta) Rp50.000.000
Koleksi Mobil Anies Baswedan

Sumber: Kompas.com

Vespa ini terasa istimewa karena merupakan warisan dari orangtua Anies Baswedan.

Menurut cerita, Vespa ini adalah kendaraan bermotor pertama keluarga Anies yang dibeli bekas pada tahun 1974. Dengan adanya Vespa, maka ayahnya yang sebelumnya naik sepeda onthel saat ke kantor, bisa naik sepeda motor.

Saat Anies bersekolah di SMA, Vespa ini diserahkan ke Anies dan menjadi alat transportasi sampai dengan saat berkuliah.

  • Motor Kawasaki EX250V 2018 (hasil sendiri) Rp50.000.000
Koleksi Mobil Anies Baswedan

Sumber: Kawasaki-Motor.co.id

Keberadaan sepeda motor ini memang agak mengejutkan, karena motor ini adalah motor sport. Di jalanan, sepeda motor “Ninja 250” ini dikenal sebagai sepeda motor yang cukup bergengsi.

Kawasaki Ninja 250 punya mesin 250cc 2-silinder segaris dengan tenaga 39 PS dan torsi maksimal 23,5 Nm. Transmisinya manual 6 percepatan.

Dalam LHKPN, pemilik menuliskan harganya adalah Rp50 juta. Sementara saat ini harga barunya adalah Rp66,5 juta hingga Rp78,9 juta.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Jadwal SIM Keliling di Jakarta Update 2024

Apakah surat-surat bisa sekalian dicek saat inspeksi mobil bekas?

Jika Otofriends ragu dengan kelengkapan surat-surat sebuah mobil bekas, maka sebaiknya gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Petugas inspeksi akan memeriksa kelengkapan surat-surat dan memastikan apakah sudah sesuai dengan kendaraan yang diinspeksi.

Namun jika Otofriends ingin mengetahui keabsahan surat-surat, maka silakan saja langsung ke Kantor Samsat. Pengecekan keabsahan surat-surat masuk dalam ranah Samsat atau Kepolisian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Mlongo Koleksi Mobil Raffi Ahmad Sampai 2024

Januari 29, 2024
Raffi Ahmad merupakan salah satu artis dan pengusaha yang sukses di tanah air. Selain dikenal sebagai presenter, aktor, dan produser, Raffi juga memiliki bisnis di berbagai bidang seperti kuliner, fashion, properti, dan media seperti kanal Youtube. Raffi juga menjadi brand ambassador dari beberapa produk ternama seperti Samsung, Indomie, dan Shopee. Tak heran kalau Raffi menjadi
Baca Lebih Lanjut

Pahami, Inilah Fungsi Karburator Mobil 2024

Januari 29, 2024
Wajar jika para pengemudi mobil zaman sekarang agak asing dengan karburator. Maklum, komponen ini memang sudah ketinggalan zaman. Mobil-mobil zaman sekarang umumnya menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya. Antara sistem injeksi dengan karburator tentu punya banyak perbedaan mendasar yang berpengaruh pada performas mesin. Agar Otofriends memahami peran karburator di masa lalu, ada baiknya kita mengenal
Baca Lebih Lanjut

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut