Ketahui! 7 Tanda Kopling Mobil Harus Diganti Segera

Mei 14, 2023
By Getan Metodius
Ketahui! 7 Tanda Kopling Mobil Harus Diganti Segera-otospector

Ketika menggunakan mobil, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi komponen-komponen penting kendaraan tersebut, termasuk tanda-tanda kopling mobil harus diganti. Tanda kopling adalah salah satu bagian mobil yang sangat penting dalam sistem transmisi dan berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan transmisi.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seiring dengan penggunaan mobil yang terus-menerus, tanda kopling dapat mengalami kerusakan atau aus sehingga dapat memengaruhi performa mobil. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui tanda-tanda bahwa tanda kopling harus diganti. Artikel ini akan membahas tanda-tanda tersebut agar pemilik mobil dapat melakukan perawatan yang tepat pada kendaraannya.

Seperti komponen mobil lainnya yang perlu diganti jika sudah aus, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kopling mobil Anda harus segera diganti:

#1: Pedal Kopling Menjadi Tampak Lebih Tinggi

kopling terlalu tinggi

Jika pedal kopling tampak lebih tinggi dari posisi semula, kemungkinan besar ada masalah pada sistem kopling mobil Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh keausan pada komponen kopling, misalnya cakram kopling atau tekanan kopling yang sudah habis. Pada kondisi seperti ini, sebaiknya segera mengganti komponen yang rusak untuk memastikan mobil dapat beroperasi dengan baik.

Baca juga: Penyebab Bau Kopling Pada Mobil, Ini 5 Faktanya  

#2: Akselerasi Mesin Menurun

kecepatan mesin menurun

Akselerasi mesin yang menurun juga menjadi tanda bahwa kopling mobil Anda harus diganti. Hal ini terjadi karena kopling yang sudah mulai slip, sehingga daya tarik pada roda tidak maksimal. Anda mungkin merasa mobil Anda bergerak lebih lambat dari biasanya, bahkan ketika mesin sudah bekerja keras. Ini menandakan bahwa kopling harus segera diganti untuk mengembalikan kinerja mobil seperti semula.

#3: Timbul Bau Hangus

bau kopling

Bau hangus yang muncul dari mobil Anda mungkin disebabkan oleh gesekan yang berlebihan pada komponen kopling. Kondisi ini dapat menyebabkan komponen kopling menjadi terlalu panas dan mengeluarkan bau hangus yang tidak sedap. Jika Anda mencium bau hangus yang kuat saat mengendarai mobil, segera periksakan keadaan kopling dan lakukan penggantian jika diperlukan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Mesin Mudah Cepat Panas

mesin mobil cepat panas

Kopling mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat mesin bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga mesin menjadi cepat panas. Kondisi ini menunjukkan bahwa kopling mobil harus diperiksa dan diganti jika diperlukan. Jika mesin mobil terus panas meskipun telah dilakukan perawatan rutin, maka periksalah kondisi kopling mobil dan lakukan penggantian jika diperlukan.

Baca juga: Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan?

#5: Terasa Berat Saat Pindah Persneling

pindah gigi mobil

Pindah persneling yang terasa berat dapat menunjukkan bahwa kopling mobil perlu diganti karena komponen kopling yang telah aus. Keausan ini mengakibatkan daya tarik pada roda tidak optimal. Jika mengalami kesulitan dalam mengganti persneling mobil, segera periksa kondisi kopling mobil untuk mengetahui apakah perlu dilakukan penggantian.

#6: Kopling Menjadi Selip

kopling mobil selip

Kopling mobil yang selip dapat menyebabkan mobil sulit dikendalikan dan berbahaya bagi pengemudi dan penumpang. Selain itu, mobil juga bisa kesulitan untuk menaikkan kecepatan karena daya tarik yang tidak optimal. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, kopling bisa semakin rusak dan bahkan bisa mengakibatkan mobil mogok. Oleh karena itu, penting untuk segera mengganti kopling yang selip untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

#7: Jarak Injak Pedal Lebih Pendek

Jarak injak pedal yang lebih pendek dari biasanya juga menunjukkan bahwa kopling tidak berfungsi dengan baik dan perlu segera diganti. Jika tidak segera ditangani, masalah pada kopling dapat berdampak pada kinerja mobil dan bahkan dapat merusak mesin. Oleh karena itu, jika Anda mengalami tanda-tanda seperti ini, segera periksa dan ganti kopling mobil untuk memastikan mobil dapat beroperasi dengan baik.

beli mobil bekas di tokopedia

Pastikan perawatan sebelumnya baik saat beli mobil bekas:

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda kopling mobil harus diganti di atas, segera periksakan keadaan kopling mobil Anda dan lakukan penggantian jika diperlukan. Dengan melakukan perawatan dan penggantian komponen mobil yang tepat, Anda dapat memastikan mobil Anda selalu beroperasi dengan baik dan aman.

Kadang ada juga yang tidak mengetahui komponen kopling ini masih baik atau tidak seperti saat membeli mobil bekas. Kami menyarankan agar memilih beberapa calon mobil Anda dengan cara di inspeksi terlebih dahulu, guna mencari tahu ya Otofriends mana mobil yang layak dibeli. Pastikan jasa inspeksi mobil bekas kamu Otospector ya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Radiator Mobil Pakai Air Mineral?

April 17, 2024
Bolehkah Radiator mobil pakai air mineral? Begitu pertanyaan klasik dari para pemilik mobil yang peduli dengan perawatan kendaraan terutama radiator. Maklum, radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Jangan sampai mesin jadi overheat cuma gara-gara radiator bermasalah. Tapi masalahnya, masih banyak juga orang yang mencoba mencari alternatif cairan pengisi radiator. Alasannya cuma ingin praktis saja.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

April 16, 2024
Sudah ada yang tahu belum? Kalau sekarang sedang dirancang aturan pembatasan untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dan akan segera diberlakukan lho. Jadi, dengan adanya aturan ini akan diberlakukan pelarangan menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Sebetulnya wacana ini udah dari lama bang min denger, cuma baru mulai ramai dibahas dan digodog beberapa pekan terakhir
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah
Baca Lebih Lanjut