Penyebab Bau Kopling Pada Mobil, Ini 5 Faktanya  

Januari 06, 2023
By Thomas W
Penyebab Bau Kopling Pada Mobil, Ini 5 Faktanya  -otospector

Bagi pemakai mobil bertransmisi manual, salah satu masalah yang sering muncul pada saat berkendara adalah munculnya bau kopling. Terutama pada saat mobil sedang dipakai menanjak, muncul aroma seperti bau gosong atau bau sangit yang kadang bisa masuk ke kabin.

Kondisi ini tentu akan membuat pengemudi dan penumpang, termasuk orang-orang di sekitar kendaraan menjadi tidak nyaman, karena aroma yang tidak enak dan dianggap mobil bau. Lagi pula, jarang disadari kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja transmisi ke depannya.

Yuk kita lihat beberapa fakta tentang penyebab bau kopling dan cara menyikapinya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Waktu Munculnya Bau

Bau gosong akibat kopling

Munculnya bau gosong disebabkan karena  pemakaian kopling tidak semestinya. Pada jalan menanjak, biasanya tanpa sadar pengendara mobil akan sering menginjak pedal kopling atau setengah-setengah.

Sering juga terjadi kondisi gantung kopling sehingga kampas kopling dipaksa untuk terus bergesekan. Panas dari mesin juga memperburuk kampas kopling yang bergesekan.

Cara menggantung kopling sama sekali tidak dianjurkan karena bisa membuat selip sehingga kampas kopling mobil mengeluarkan asap akibat terbakar.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

#2: Asal Bau Gosong

Transmisi manual

Bau gosong disebabkan oleh komponen kopling yang saling bergesekan antara kopling dengan clutch cover atau dengan flywheel. Gesekan menyebabkan panas berlebih sehingga kampas kopling bisa mengalami kerusakan sehingga muncul bau hangus.

Bau timbul karena karakter beberapa bahan material bergesekan secara berlebihan kemudian menjadi panas sehingga mengeluarkan bau.

Tak hanya kopling, begitu juga dengan cakram rem maupun tromol rem apabila bergesekan secara berlebihan maka bisa berefek panas serta bau yang mirip.

#3: Yang Bisa Dilakukan Saat Muncul Bau  

Kaki menginjak kopling

Bila muncul bau gosong sebaiknya lakukan pengecekan pada komponen kopling. Jangan didiamkan!

Kondisi bisa jadi bahaya apabila gesekan kuat tadi mengakibatkankan kopling habis. Efeknya, tenaga mesin tidak dapat diteruskan ke roda, sehingga kendaraan akan mundur.

Kalau kondisi ini terjadi di tengah perjalanan, pastikan juga apakah perjalanan masih bisa dilanjutkan dengan kopling lama atau tidak. Sebab jika kampas kopling sudah tipis, tenaga akan berkurang.

Kalau perjalanan dilanjutkan, atur penggunaan kopling agar tidak bergesekan secara berlebihan. Caranya dengan tidak menggunakan setengah kopling atau menggantung pedal kopling.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Jika Kopling Sampai Keluar Asap

Kopling berasap

Bisa terjadi, kalau terlalu banyak melakukan setengah kopling, kampas kopling akan keluar asap. Kondisi ini terjadi karena kopling telah terbakar.

Jangan panik dan jangan memaksa mobil melanjutkan perjalanan karena justru bisa menambah parah kerusakan pada kopling. Pinggirkan mobil dan segera cek. Buka kap mesin lalu biarkan mobil beristirahat sekitar setengah jam.

Jika asap sudah hilang, coba hidupkan mobil kembali. Kalau mesin bekerja baik, berarti mesin tetap aman. Namun jika tidak, segera panggil derek untuk dibawa ke bengkel.

#5: Jika Kopling Memang Rewel

Komponen kopling

Kalau mesin mobil manual sudah mulai rewel, terutama bagian kopling, segeralah menggantinya. Sebab kopling dan kampas kopling termasuk komponen vital yang bisa mengganggu perjalanan.

Untuk urusan kopling, bawalah mobil ke bengkel resmi sehingga terjamin spare part asli. Penggantian bisa meliputi disc clutch hingga cover clutch. Total biayanya sekitar Rp1 juta hingga Rp3,5 jutaan tergantung tipe dan merk kendaraan.

Baca juga: Catat Ya, Inilah 5 Penyebab Kopling Selip

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana cara menguji kinerja kopling?

Awalnya cek suara mesin. Jika suaranya sedikit kasar saat mesin baru dinyalakan, itu indikasi adanya kerusakan. Kemudian lakukan pengetesan kopling di tanjakan. Jika masih bekerja sempurna, tentu tidak ada masalah.

Berikutinya uji Terakhir menguji mobil saat gigi dimasukkan. Misal mobil dalam kondisi diam lalu tarik tuas rem tangan. Saat mobil sedang menyala, masukkan persneling pada posisi gigi 4. Lepaskan kopling sembari injak gas perlahan.

Jika mobil bergerak pelan, tanda kopling mobil masih bagus. Namun jika mobil diam, kopling mobil sudah mulai mengalami tanda-tanda kerusakan.

Berbagai indikasi dan penyebab kopling selip juga bisa diketahui dari hasil inspeksi dari jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan proses pemeriksaan detail di 150 titik, Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi kesehatan mobil secara keseluruhan, termasuk pada sistem transmisi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Catat Nih! Mobil Bekas Harga 50 Jutaan Update 2024

Januari 12, 2024
Banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki mobil. Salah satunya sebagai alat transportasi yang relatif aman dari efek cuaca; hujan atau panas. Jadi, meski sudah punya sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari, orang tetap punya keinginan sebuah mobil. Meski dengan dana terbatas, pilihan mobil bekas sebenarnya bisa sangat beragam. Hanya saja mobil bekas dengan harga Rp50 juta
Baca Lebih Lanjut

Pengertian Sensor TPS Pada Mobil dan Cara Kerjanya

Januari 12, 2024
Pada mobil-mobil modern yang menggunakan sistem injeksi, sensor throttle position sensor (TPS) pada mobil memegang peranan penting. Sensor ini berfungsi untuk mengukur sudut bukaan katup throttle yang terdapat di throttle body. Katup throttle selama ini kita kenal sebagai katup yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Nah, sensor TPS memberi informasi tentang sudut bukaan
Baca Lebih Lanjut

Cari Tahu Mobil Eropa Murah Bekas Update 2024

Januari 11, 2024
Hi Otofriends, siapa di sini yang suka banget sama mobil-mobil Eropa? Kalau kamu suka mobil-mobil Eropa dan pengen beli mobil Eropa bekas terbaik. Wets, pas banget nih kamu baca artikel dari Otospector kali ini. Emang mobil Eropa atau brand mobil-mobil Eropa itu gak bakal sepi peminat di tanah air, banyak dari temen-temen bang min yang
Baca Lebih Lanjut