5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

September 16, 2017
By jandika
5 Tips dan Cara Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet-otospector

Kondisi kopling mobil Anda ternyata berpotensi mengalami aus walau waktu penggantiannya masih lama. Umumnya, usia kopling sendiri dapat bertahan hingga pemakaian 20 ribu – 50 ribu kilometer. Bahkan, banyak orang menyarankan untuk melakukan servis jika mobil telah melaju sejauh 10 ribu kilometer.

Supaya kondisinya tetap prima hingga usia maksimal, Anda harus tahu cara merawat kopling yang benar. Jika tidak diberikan perhatian serius, bisa-bisa tenaga mobil untuk melaju jadi lemah. Sewaktu-waktu kopling pun bisa slip sehingga menyebabkan mobil jadi mogok. Ayo, perhatikan caranya di bawah ini!

#1: Masalah Umum pada Kopling

Transmisi mobil bekas

Sebelum mengetahui cara merawat kopling, Anda sebaiknya perlu tahu lebih dalam apa saja masalah yang sering melandanya. Hal pertama ialah slip sehingga mobil menjadi kurang tenaga. Hal yang paling parah akibat masalah ini, tenaga dari mesin mobil tidak tersalur hingga bahan bakar menjadi boros.

Masalah kedua yang kerap terjadi pada akibat rusaknya koping ialah tuas gigi tak bisa dipindahkan. Kerusakan yang menyebabkan masalah ini ialah jebol karena pelat kopling dan mesin yang tak dapat terpisah, kabel kopling putus, dan silinder kopling yang bocor.

Sulitnya menggerakkan tuas transmisi pun bisa disebabkan karena kopling yang lengket dengan mesin. Penyebab umum dari lengketnya kedua bagian tersebut adalah karena sistem kopling yang kemasukan lumppur atau air.

#2: Jangan Lakukan Ini Pada Kopling!

Pedal rem mobil bekas

Cara merawat kopling dapat dimulai dari cara Anda berkendara. Jika ingin merawat kopling hingga dapat digunakan dalam kurun waktu lama, jangan pernah lakukan hal-hal ini saat berkendara:

  • Saat tengah berhenti di jalan menanjak, jangan menahan kopling pada posisi setengah. Lebih baik Anda menggunakan rem tangan untuk menahan posisi mobil. Hal ini dapat membuat pelat dan sistem kopling panas hingga bisa terbakar.
  • Saat tengah berkendara, jangan pernah menaruh kaki di atas pedal kopling. Kadang, orang tidak sadar melakukan hal ini, padahal akibatnya bisa membuat pelat kopling serta release bearing jadi aus. Walau pedal tertekan hanya sedikit, namun hal tersebut berulang terjadi, potensi aus pun semakin cepat terjadi.
  • Jangan terburu-buru saat menginjak serta melepas pedal kopling. Hal ini ternyata berpengaruh pada sentuhan pelat dengan flywheel sehingga kopling cepat aus. Bagian torsion damper pada kopling pun bisa rusak.

#3: Gunakanlah Kopling dengan Benar

Transmisi Manual mobil bekas

Saat Anda berkendara dan akan memindahkan transmisi, injaklah pedal kopling dengan penuh dan sempurna. Setelah itu, barulah pindahkan tuas transmisi yang sesuai. Tahap selanjutnya, lepaskan injakan Anda pada pedal transmisi perlahan dilanjutkan dengan menginjak pedal gas.

Lakukan seluruh proses dengan halus dan tidak terburu-buru. Jika Anda melakukan hal tersebut maka pelat serta flywheel tidak dapat terpisah secara sempurna. Tuas transmisi pun jadi susah untuk dipindahkan.

#4: Cara Merawat Kopling Mobil Manual & Matic

Kopling Mobil bekas

Pada mobil dengan transmisi manual, kopling harus ditekan dan dilepas ketika akan memasukkan gigi. Sementara itu pada mobil matic, kopling berpindah secara otomatis sehingga tidak memiliki wujud fisik. Kedua jenis mobil tersebut memiliki cara perawatan kopling yang berbeda yaitu sebagai berikut:

Mobil Manual

  1. Saat akan melajukan mobil, pastikan bahwa gigi yang dimasukkan ialah yang terendah yaitu gigi 1. Jika Anda memulai dari gigi 2 atau di atasnya, kopling akan bekerja lebih berat sehingga menyebabkan potensi aus.
  2. Usahakan untuk selalu memasukkan gigi netral ketika tengah berhenti di lampu merah atau berhenti di pinggir jalan sebentar.

 Mobil Matic

  1. Gunakan oli transmisi yang berkualitas. Pastikan pula tanki oli transmisi tersebut tidak kurang atau habis.
  2. Ganti oli transmisi secara berkala saat sudah mencapai kilometer 25 ribu hingga 50 ribu.
  3. Gunakan gigi sesuai dengan peruntukannya. Tiap huruf memiliki kegunaan, yaitu D untuk maju, R untuk mundur, N untuk posisi netral, dan P saat mobil dalam keadaan terparkir.
Garansi mobil bekas

#5: Bila Kopling Bau Terbakar

Bau Pada Mobil bekas

Tidak merawat dan memerhatikan kopling, akan membuatnya aus. Jika sudah mentok, kopling sewaktu-waktu bisa mengeluarkan aroma seperti benda yang terbakar. Bila Anda mengalami hal ini ketika tengah berkendara, ada baiknya anda tepikan mobil untuk sementara demi keamanan Anda.

Bau ini berasal dari kamplas kopling yang gosong karena panas bergesekan dengan pressure plate. Dengan menepi sementara, Anda menunggu kampas kopling kembali ke temperatur normal agar bisa berfungsi dengan normal kembali.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan. Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur
Baca Lebih Lanjut

Cek Harga Vios Bekas Per 2024, Mulai Rp 65 Juta

Maret 17, 2024
Jika Otofriends rajin mengamati tren pencarian di Google, maka “harga Vios bekas” termasuk kata kunci yang banyak dicari konsumen otomotif Indonesia. Fakta ini juga jadi salah satu indikasi kesuksesan Vios di kelas mini sedan, disamping prestasinya sebagai market leader. Pertanyaan seputar segmen mobil sedan yang terjangkau dengan mesin oke sering jadi perbincangan. Dari situlah Toyota
Baca Lebih Lanjut

Begini Cara Perhitungan Over Kredit Mobil

Maret 16, 2024
Perhitungan over kredit mobil memang tidak semudah perhitungan kredit mobil pada saat awal. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan, seperti angsuran yang sudah berjalan, asuransi mobil, biaya modifikasi, dan sisa angsuran yang masih harus dibayarkan. Akan tetapi yang tidak kalah penting, jika ingin melakukan over kredit mobil, Otofriends harus tahu beberapa aturan tentang penjualan ini.
Baca Lebih Lanjut