Kenali ECU Mobil, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

April 18, 2022
By Thomas W
Kenali ECU Mobil, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya-otospector

Keberadaan electronic control unit atau ECU mobil makin populer seiring keberadaan mobil-mobil berteknologi modern. Jika di masa lalu, mobil digerakkan oleh sistem-sistem mekanis, kini hampir 80 persen sistem di dalam mobil sudah berteknologi elektrik. Di sinilah sebuah ECU punya peran besar.

ECU pada dasarnya adalah sirkuit elektronik utama pada sebuah mobil. Ya, memang mirip dengan alat elektronik seperti HP atau laptop, mobil juga seperti barang elektronika yang memiliki sirkuit utama.

Nah, biar Otofriends semakin paham soal ECU, kita pahami beberapa poin tentang alat canggih ini:

#1: Fungsi ECU Mobil

Kenali ECU, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Ibarat sebuah komputer, ECU mengendalikan fungsi hardware di mana pada mobil bentuknya berupa aktuator pengganti sistem mekanis seperti injektor, VVT, Electric Fan, dll.

ECU memiliki fungsi untuk mengatur beberapa sistem penting pada mobil antara lain:

  • Mengatur pembukaan dan volume bensin pada injektor
  • Mengatur waktu penyalaan busi sesuai kondisi mesin
  • Mengatur timming pembukaan katup sesuai kondisi mesin, mengatur kinerja kipas pendingin mesin.
  • Mengatur identifikasi kunci mobil.
  • Menghidupkan alarm mobil saat ada gangguan.
  • Dan lain-lain.

Fungsi-fungsi seperti yang disebutkan tadi masih secara umum saja. Masih banyak lagi fungsi dari ECU ini, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi di dunia otomotif.

#2: Bermacam Jenis ECU

Kenali ECU, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Pada dasarnya ECU merupakan unit controller yang mengatur kinerja suatu sirkuit elektrikal keseluruhan pada sebuah mobil. Biasanya unit ini terdiri atas beberapa modul, seperti:

  • Engine control module (ECM)

Modul yang khusus mengatur kinerja mesin, mulai dari starting, penyalaan busi, injeksi bahan bakar, hingga proses cooling.

  • Powertrain control module (PCM)

Modul yang mengatur kinerja sistem powertrain mobil. Modul akan memastikan aliran tenaga dari mesin sampai roda dengan efisien.

  • Body control module (BCM)

Modul yang mengatur kinerja kelistrikan body seperti lampu, horn, wiper otomatis/manual, serta sistem hiburan di kabin.

  • Transmission control module (TCM)

Modul ini hanya ada pada mobil bertransmisi otomatis. Fungsinya mengatur perpindahan dan momen transmisi sesuai RPM mesin dan kondisi pengemudian.

  • ABS Control Module

Modul yang dipakai pada teknologi rem ABS dan berfungsi mengatur sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci atau slip saat berada dijalanan licin.

  • HVAC Control Module

Modul ini juga hanya ditemui pada mobil dengan auto AC system. Fungsinya mengendalikan sirkulasi kabin secara otomatis sesuai atmosfer di dalam dan di luar kabin.

  • Airbag Control Module

Modul yang bertugas mengembangkan kantung keselamatan saat mobil terjadi benturan.

Aplikasi OTOS

Baca juga: 6 Gangguan Sistem Kelistrikan Mobil Yang Wajib Diantisipasi

#3: Penyebab Kerusakan ECU

Kenali ECU, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Kerusakan ECU bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun yang cukup umum terjadi adalah jarak tempuh mobil yang sudah cukup jauh serta faktor usia kendaraan. Pada mobil-mobil yang sudah berusia 10 tahun ke atas, umumnya sering ditemukan kerusakan.

Ciri ECU mobil yang rusak antara lain:

  • Mesin susah
  • Boros bahan bakar
  • Mesin kerap tersendat saat dipacu di jalan
  • Tenaga mesin mobil kian berkurang dan terasa berat
  • Lampu check engine terus nyala atau mungkin malah mati total.

#4: Memperbaiki Kerusakan ECU

Kenali ECU Mobil, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Jika Otofriends sudah meyakini terjadi kerusakan pada ECU, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti:

  • Memeriksa seluruh jalur PCB yang terkena cairan dan atau yang putus
  • Melakukan pengecekan komponen elektronik kaki-kaki
  • Mengganti elko mobil dengan farad serta voltase yang sama.

Untuk mengetahui letak kerusakan ECU mobil secara menyeluruh, sebenarnya diperlukan pengecekan fisik pula. Setelah itu perlu juga pembongkaran agar komponen internal mobil dapat diperiksa dengan alat multitester.

#5: Harga ECU

Kenali ECU Mobil, Dari Fungsi Sampai Kerusakannya

Jika memang ECU yang rusak tidak bisa diperbaiki, maka diperlukan penggantian. Harganya di pasaran memang sangat bervariasi, namun minimal adalah Rp 2 juta ke atas.  

Harga ini dipengaruhi kondisi ECU apakah baru atau bekas, kecanggihan teknologinya, serta tipe mobilnya. ECU mobil-mobil Eropa umumnya lebih mahal dibanding mobil dari Jepang.

Sekadar gambaran ECU Suzuki Ertiga berkisar di angka Rp2,5 juta. Sementara itu untuk Toyota Fortuner sudah mencapai Rp 10 juta.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mobil Bekas Juga Harus Dicek Kelistrikannya. Komponen Ini Wajib Ditengok

Apakah ECU juga merupakan komponen yang harus dipastikan kondisinya saat kita akan membeli mobil bekas?

Tentu saja, karena seperti telah dijelaskan di atas, ECU bisa saja bermasalah karena usia dan pemakaian. Pada mobil bekas, terutama yang sudah berusia di atas 10 tahun, harus dipastikan betul kinerjanya, agar tidak mengganggu performa mobil secara keseluruhan.

Pastikan kondisi ECU beserta fungsinya dengan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat dan menyeluruh, maka Otofriends akan dapat mengetahui kondisi mobil bekas yang hendak dibeli. Termasuk di dalamnya adalah ECU.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Bikin Gak Nyaman Kalau Setir Mobil Goyang

Januari 20, 2024
Yang namanya berkendara itu, kita harus pastiin mobil harus sehat dan dalam kondisi terbaik. Kamu perlu cek mulai dari kondisi mesin sampai juga pada kondisi komponen terluar mobil yaitu ban. Ada satu kondisi dimana mengemudi jadi tidak nyaman dan berbahaya, yaitu goyangnya setir mobil. Kondisi ini tentu bikin nyetir jadi tidak nyaman, sang pengemudi juga
Baca lebih lanjut

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca lebih lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca lebih lanjut