Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
By Getan Metodius
Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024-otospector

Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya.

Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal. Kita cari tahu yuk kelebihan dan juga kekurangan serta harga Suzuki Karimun bekas berikut ini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Sejarah Suzuki Karimun.

suzuki karimun kotak

Sumber: bisnis.com

Suzuki Karimun salah satu mobil kecil yang cukup terkenal di Indonesia. Apakah kamu salah satu pencintanya? Suzuki Karimun masuk pada genereasi pertama di tahun 1999-2006, mobil ini juga sudah dirakit di Indonesia pada generasi pertamanya. Lalu di generasi ke-2 diperkenalkan tahun 2007 sampai 2013 dengan penamaan baru yang lebih segar yaitu Suzuki Karimun Estilo, yang merupakan basis dari Suzuki MR Wagon gen 1 yang telah di perpanjang 3.395 mm ke 3.600 mm.

Lalu masuk pada generasi ke-3 nya, masuk pada tahun 2013 sampai saat ini. Semakin mantap dengan penamaan Suzuki Karimun Wagon R, dan juga telah diperpanjang dari 3.395 mm ke 3.600 mm, serta juga dirakit di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi Google Maps Vs. Waze Bagus Mana?

#2: Karimun Wagon R Salah Satu LCGC Terbaik.

kelebihan dan kekurangan suzuki karimun

Saat ini pada generasi terbarunya, mobil Karimun Wagon R masuk pada segmen Low Cost Green Car atau sering disebut mobil LCGC. Ya meskipun pada segmen ini sudah cukup banyak pengisinya dan boleh dibilang cukup berat, ada Toyota Agya, Daihatsu Ayla, serta Honda Brio, tapi mobil ini masih punya catatan penjualan yang juga tidak buruk.

#3: Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R.

dashboard suzuki karimun

Sumber: lampung.tribunnews.com

Pada point pertama yang akan kita bahas adalah dari sisi harganya nih Otofriends. Mobil city car besutan Suzuki ini punya harganya terjangkau mulai dari Rp137,7 juta sampai Rp 147 juta. Dan untuk varian Karimun Wagon R GS punya harga mulai Rp 146,3 juta sampai Rp 155, 2 juta. Kelebihan selanjutnya adalah dari sisi fitur yang semakin banyak. Seperti sudah ada airbag, child proof door lock, alarm system, audio control steering switch.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R.

kekurangan suzuki karimun

Sumber: dealersuzukibandung.com

Dari sisi kekurangan, mungkin kita sepakat untuk kubikasi mesin yang terbilang tidak terlalu besar. Total hanya sebesar 998 cc saja, mesin ini bisa memberikan tenaga maksimal 68 PS dan torsi maksimal di 90 Nm, membuat pengaliran tenaganya kurang responsif pada kecepatan tinggi. Kekurangan suzuki karimun kotak yang lainnya dari sisi ukuran. Untuk orang modern lekuk-lekuk bodi mobil jauh lebih sporty.

Ukuran kabin juga boleh dibilang tidak terlalu besar, dan masih banyak juga yang bilang Karimun ini punya interior yang cukup sempit. Setidaknya mobil ini di gen terbarunya ada salah satu varian menggunakan teknologi mesin Auto Gear Shift AGS, selain varian transmisi manual.

Baca juga: Yuk Intip Koleksi mobil Raffi Ahmad

#5: Harga Suzuki Karimun Bekas.

Suzuki Karimun mulai dari Karimun Kotak yang jadi legenda punya harga bekas Rp 45 jutaan sampai Rp 63 jutaan saja. Lalu masuk pada varian Suzuki Karimun Estilo yang adalah generasi ke-2 memiliki harga bekas dari Rp 53 jutaan sampai Rp 58 juta. Ada juga Karimun Estilo Facelift dengan harga lebih tinggi sedikit yaitu di angka Rp65 jutaan. Sampailah kita pada varian Suzuki Karimun Wagon R bekas yang cukup terjangkau, harganya mulai dari Rp62 juta sampai Rp75 jutaan saja.

Perhatikan sebelum beli mobil bekas atau Karimun bekas adalah kondisi kesehatan mobil itu sendiri. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector untuk membantu kamu mendapatkan Karimun impian, demi mobil bekas yang minim PR dan awet digunakan seterusnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Agya Bekas Di Bawah 100 Juta? Simak 5 Keunggulannya Update 2024

Januari 24, 2024
Akibat persaingan ketat mobil-mobil pada kelas entry level, harga mobil bekas Toyota Agya terus mengalami penurunan. Bayangkan, Agya produksi tahun 2016 alias usia masih 5 tahunan, harganya di bawah Rp100 jutaan. Mobil tahun muda dengan harga relatif terjangkau, tentu jadi sebuah penawaran yang menarik. Semua Toyota Agya dalam rekomendasi kali ini memang berasal dari generasi
Baca Lebih Lanjut

Belum Mati, Segini Harga Mobilio Bekas Per 2024

Januari 23, 2024
Tidak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga Mobilio bekas di berbagai forum jual-beli mobil. Mereka penasaran karena sudah cukup lama tidak ada kabar terbaru soal Mobilio. Sehingga akhirnya tidak sedikit orang yang mengira mobil ini sudah tidak diproduksi lagi alias sudah disuntik mati. Padahal anggapan itu tidak benar. Meski produk barunya sudah sangat jarang
Baca Lebih Lanjut

Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal

Januari 23, 2024
Wiper adalah salah satu fitur yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa lagi pada saat musim hujan seperti sekrang ini peran fitur wiper sangat membantu pengemudi untuk dapat menyapu kaca mobil secara maksimal.  Maka dari itu pastikan sebelum kamu hendak berangkat pastikan kamu cek wiper mobil kamu dulu ya. Karena peran wiper pada mobil sangatlah
Baca Lebih Lanjut