Klik disini untukJual Mobil Anda

Kapan Saatnya Ganti Filter AC Mobil? Cek 4 Faktanya!

April 04, 2022
By Thomas W
Kapan Saatnya Ganti Filter AC Mobil? Cek 4 Faktanya!-otospector

Harus diakui, kadang pemilik kendaraan sering lupa memperhatikan kondisi filter AC mobil. Mungkin lantaran selama ini AC mobil bekerja tanpa masalah, akibatnya kebersihan filternya malah sering terlupakan. Padahal saat servis rutin di bengkel resmi, komponen ini juga jarang diperhatikan.

Filter AC mobil sebenarnya adalah jenis komponen fast moving yang usia pakainya termasuk singkat. Masalahnya, karena letaknya yang tersembunyi, pemilik mobil kadang tidak menyadari akan tanda-tanda filter harus diganti.

Nah, biar tidak dirugikan oleh kondisi filter yang sudah kotor, coba kita cek fakta-faktanya berikut ini:

#1: Manfaat Filter AC Mobil

Kapan Waktunya Ganti Filter AC Mobil? Cek 5 Faktanya!

Seperti kita tahu, cara kerja AC mobil tidak berbeda dengan AC di dalam rumah, di mana sirkulasi udara panas disedot oleh evaporator untuk kemudian dihembuskan lagi ke dalam kabin dalam kondisi dingin. Di mobil sirkulasi itu terjadi di dalam ruangan kabin.

Dalam sirkulasi udara seperti itu, filter AC atau filter kabin berperan menyaring udara dari debu, bakteri, maupun partikel kecil lain yang akan masuk ke evaporator. Selain agar menjaga kebersihan komponen-komponen di dalam AC, filter juga membuat angin yang dihembuskan sudah dalam kondisi bersih.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya!

#2:  Tanda-tanda Filter AC Bermasalah

Kapan Waktunya Ganti Filter AC Mobil? Cek 5 Faktanya!

Filter AC harus mulai diperhatikan ketika secara visual sudah terlihat mulai kotor. Kotoran berasal dari debu yang tersedot dan menempel di filter.

Kondisi filter juga mulai buruk ketika hembusan angin terasa kurang segar atau berbau tidak sedap. Terutama saat AC pertama kali dinyalakan. Aromanya bisa terasa seperti apek atau kecut.

Saat filter sudah sangat kotor hembusan AC juga menjadi kecil karena aliran udara sudah terhalang debu dan partikel lain.

#3: Perawatan Filter AC Mobil

Kapan Waktunya Ganti Filter AC Mobil? Cek 5 Faktanya!

Pemilik mobil disarankan untuk menengok kondisi filter AC mobil setiap dua atau tiga bulan sekali. Bukan hanya sekadar dilihat kondisinya, tapi juga bisa dibersihkan.

Membersihkan filter cukup dengan mengetok-ngetok agar debu berjatuhan. Untuk debu dari permukaan filter juga bisa ditiup dengan kompresor atau disedot dengan vacuum cleaner.

Jangan merendam atau mencuci filter AC menggunakan air dan sabun. Bulu halus pada bagian filter akan hilang dan membuat filter tidak bekerja maksimal meskipun sudah dibersihkan.

#4: Pergantian Filter AC Mobil

Kapan Waktunya Ganti Filter AC Mobil? Cek 5 Faktanya!

Meski pada poin sebelumnya disebutkan kita bisa membersihkan filter AC, namun lama-kelamaan akan bagian penyaringnya akan rusak juga.

Jika kondisi filter AC sudah tidak layak, sebaiknya memang segera mengganti dengan yang baru. Untuk jangka waktunya sebenarnya tergantung pada model dan tahun mobil. Karena itu bacalah dari buku manual kendaraan atau tanyakan ke bengkel resmi. Hanya saja secara umum, filter AC sebaiknya diganti antara 25.000 km atau 30.000 km sekali.

Gantilah dengan filter AC yang direkomendasikan oleh buku petunjuk kendaraan. Namun ada banyak pula merek-merek filter AC yang kualitasnya cukup baik sebagai alternatif.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Kaca Mobil Berembun, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Bagaimana memastikan kondisi filter AC dari mobil bekas yang baru saja kita beli?

Mengingat fungsinya adalah menyaring udara yang ada di dalam kabin, maka filter AC juga menjadi tempat berkumpulnya sejumlah debu, bakteri, atau partikel kecil yang tersedot saat proses sirkulasi udara. Karena itu setelah kita membeli sebuah mobil bekas, maka sebaiknya filter ac langsung diganti saja dengan yang baru.

Selain karena alasan kesehatan, kita juga tidak pernah tahu kapan persisnya filter tersebut diganti. Ada kemungkinan filter tersebut sudah saatnya diganti, meski mungkin secara fisik terlihat dalam kondisi baik.

Oh ya, Otofriends, jangan lupa untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Sebagai jasa inspeksi yang independen, laporan hasil pemeriksaan Otospector dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya