Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal.
Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut, apalagi di cuaca yang buruk. Padahal kondisi itu sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara karena pandangan yang terbatas. Nah, di sinilah manfaat dari defogger dalam meminimalkan risiko tersebut.
Apa sebenarnya fungsi defogger mobil? Mari kita lihat pemaparannya agar lebih jelas:
Sumber: Evercareprotection.com
Ada beberapa situasi yang memicu timbulnya embun. Pertama, udara luar yang dingin akan membuat kaca juga ikut dingin. Napas orang-orang di dalam kabin akan menjadi uap dan menempel pada kaca sehingga terkondensasi menjadi embun.
Bisa juga karena AC mobil yang dingin bertemu dengan kaca mobil yang lebih hangat. Proses ini akan membuat terjadinya kondensasi dan terbentuk embun.
Embun juga bisa muncul pada saat hujan di mana kandungan uap air menjadi tinggi. Saat AC dinyalakan, udara tersebut didinginkan dan menjadi embun pada kaca mobil yang hangat.
Pada saat terjadi embun atau kabut di kaca dan pandangan pengemudi terhalang, defogger akan mengantarkan panas sehingga embun bisa hilang dengan cepat.
Defogger sebenarnya terbagi menjadi defogger untuk kaca depan dan kaca belakang. Pada kaca depan, defogger memanfaatkan proses kerja AC mobil yang mengembuskan udara dingin.
Sementara pada kaca belakang, defogger bentuknya seperti garis-garis horizontal tipis yang melintang dari kiri ke kanan.
Sumber: Hyundai.com
Defogger ini disebut juga defogger jenis primary. Biasanya akan kita temui pada mobil yang dilengkapi sistem pendingin atau AC.
Defogger bekerja dengan cara menghangatkan kaca depan. Cara kerjanya mengikuti aliran udara bersih yang dihisap oleh AC dan dikeluarkan lagi menjadi udara dingin.
Sebelum keluar, udara akan melalui pemanas (heater) sehingga suhunya menjadi hangat. Lalu disalurkan melalui ventilasi di bawah kaca depan dan kehangatannya akan menghalau embun pada kaca.
Untuk mengaktifkan defogger jenis ini, Otofriends tinggal memilih opsi defogger pada tombol AC.
Sumber: Gridoto.com
Defogger kaca belakang atau disebut juga secondary, cara kerjanya agak berbeda dengan primary.
Defogger bekerja menggunakan aliran arus yang sangat kecil ke elemen pemanas di kaca belakang. Kaca kemudian menjadi hangat dan bisa menghalau embun yang terbentuk.
Cara mengaktifkan defogger ini, tinggal tekan tombol defogger (berupa tiga panah melengkung). Tapi ingat, harus dimatikan jika dirasa kaca sudah cukup bersih!
Sumber: Toyota.astra.co.id
Dalam pemakaian defogger, Otofriends harus menyadari, bahwa alat ini berbeda dengan wiper. Defogger hanyalah menghilangkan embun dan tidak bisa menghilangkan kotoran seperti pada wiper.
Yang tidak kalah penting, defogger sebaiknya tidak digunakan terus menerus, karena dapat menyebabkan keretakan pada kaca. Meski kita jarang mendengar kasusnya, tapi bisa saja terjadi jika pengemudi lupa mematikan defogger dalam jangka waktu lama.
Keretakan kaca timbul akibat adanya panas yang memicu pemuaian dan kontraksi pada kaca. Awalnya mungkin hanya berupa keretakan mikro, namun lama-lama bisa menjadi besar dan membuat kaca pecah.
Kondisi kaca mobil harus selalu dirawat secara berkala agar selalu siap menghadapi cuaca buruk. Caranya bisa dengan pemolesan dan pemakaian cairan penolak air dengan efek daun talas. Dengan perawatan semacam ini, maka kaca dipastikan akan bisa selalu cerah sampai 3 bulan.
Pastikan jika membeli mobil mobil bekas mendapatkan mobil yang dalam kondisi baik. Dari sisi eksterior, interior, sampai mesin sudah di cek menyeluruh oleh jasa inspeksi mobil bekas Otospector.
Dengan melakukan inspeksi mobil bekas, maka Otofriends akan terhindar dari ketidakpuasan karena salah memilih mobil bekas.
Bagikan