5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
By Getan Metodius
5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024-otospector

Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas, eh kok sore sampai malam hujan, inilah yang bikin kita suka malas dalam melakukan perawatan pembersihan mobil. Sehingga abai pada hal-hal ringan yang sebetulnya bisa berdampak buruk kedepannya jika terus-terusan diabaikan.

Kamu perlu tahu, kaca mobil itu salah satu komponen yang perlu rutin dibersihkan ya, selain menjaga dia terlindung dari kotoran, minyak serta baret dan juga jamur. Kaca mobil yang berjamur bisa kita kenali dari beberapa tanda yang mudah dilihat oleh mata telanjang Otofriends. Seperti adanya bercak putih pada kaca mobil kamu, penyebabnya karena air hujan yang menempel dan tidak langsung dibersihkan sehingga bisa membuat jamur muncul dan hinggap disana.

Cara Mudah Mengatasi Kaca Mobil Berjamur:

Kita perlu tahu beberapa cara mudah mengatasi kaca mobil berjamur, namun kamu juga perlu tahu, kita perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan yang bakalan bang min sebutkan di bawah. Catat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu sesama pecinta otomotif di tanah air.

#1: Rutin Bersihkan Kaca.

membersihkan kaca setelah hujan

Tidak perlu setiap jam kamu bersihkan kok, cukup pada waktu tertentu saja seperti setelah terkena air hujan. Perlu di ingat kembali, titik air hujan itu bisa menempel pada kaca dan bisa menimbulkan jamur di kaca. Untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan kanebo atau kain saja serta bersihkan juga sisi karet wiper sebagai penyeka kaca mobil.

Baca juga: Tips Agar Tidak Tertipu Beli Mobil Bekas

#2: Menggunakan Baking Soda.

baking soda

Karena ini adalah cara yang bisa dilakukan secara mandiri, kamu bisa dengan mudah mendapatkan baking soda dan membersihkan kaca mobil. Bubuk putih baking power salah satu bubuk yang efektif dalam mengusir jamur kaca mobil. Campuran baking soda ini dengan air bisa membuat larutan seperti pembersih yang mantap ketika disemprotkan ke kaca mobil.

#3: Pakai Pasta Gigi.

Selanjutnya bahan yang mudah diperoleh untuk mengatasi jamur kaca mobil adalah pasta gigi. Cara pembersihan jamur dengan pasta gigi sangat efisien dan juga murah, tetapi jangan pakai pasta gigi yang berwarna selain putih ya, dan juga bukan berbentuk gel.

Caranya mudah sekali, dengan mengoleskan pasta gigi pada kaca yang berjamur, biarkan atau diamkan selama kurang lebih lima menit, gosok pakai kain microfiber sampai bersih dan bersihkan dengan air yang bening dan bersih.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pakai Alkohol 60%.

alkohol 60%

Alkohol dengan kadar 60% juga bisa banget loh digunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil kamu. Caranya ambil kapas dengan dicelupkan pada alcohol minimal 60%, lebih dari itu lebih baik. Gosok dengan lembut ke kaca yang terdapat jamur.

#5: Pakai Pemutih Pakaian.

Ada bahan lain yang merupakan bahan yang perlu kamu beli secara khusus jika tidak tersedia dirumah, yaitu cairan pembersih atau pemutih pakaian. Cairan ini selain bisa menghilangkan noda membandel, dia bisa juga menghilangkan jamur di kaca mobil. Caranya mudah sekali dengan membasahi kain lembut dengan cairan tadi, lalu gosokan ke bagian kaca yang berjamur sampai bersih.

Baca juga: Begini Cara Kerja Airbag Mobil Dan Jenis-jenisnya

beli mobil bekas di tokopedia

Pastikan beli mobil second bebas jamur kaca.

Beli mobil bekas juga perlu memperhatikan point eksterior, tidak melulu soal bodi saja, tetapi bagian kaca juga patut kamu pantau. Dalam membeli mobil bekas, semua elemen perlu kamu cek, dengan kurang lebih 150 titik pengecekan kamu perlu lihat, mana yang ada point minus.

Namun, saat ini sudah ada Otospector yang bisa membantu kamu dalam membeli mobil bekas. Sebagai jasa inspeksi mobil bekas terbaik di Indonesia, Otospector sudah dipercaya banyak konsumen ritel perorangan maupun dealer mobil bekas, pastikan beli mobil yang baik tidak hanya dari dalam, namun juga dari luarnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Segini Perkiraan Biaya Ganti Cat Mobil

Maret 09, 2024
Pemilik mobil yang ingin memperbarui warna body mobilnya biasanya akan mencari tahu informasi seputar biaya ganti cat mobil. Maklum saja, pengecatan bodi mobil bukan pekerjaan yang sering kita lakukan. Biasanya cuma saat warna body sudah pudar akibat usia mobil atau ketika ada kerusakan pada body. Dengan mengetahui kisaran biaya ganti cat mobil, pemilik bakal bisa
Baca Lebih Lanjut

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Maret 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut