Tips Agar Tidak Tertipu Beli Mobil Bekas

Juni 21, 2023
By Getan Metodius
Tips Agar Tidak Tertipu Beli Mobil Bekas-otospector

Bagi kamu sebagai calon pembeli mobil bekas terutama untuk digunakan sendiri patutlah berhati-hati. Karena banyak banget orang yang tidak bertanggung jawab sengaja menjual barang (mobil) berkondisi buruk, namun bilangnya bagus. Karna itulah anggapan kalau beli mobil bekas itu emang susah-susah gampang Otofriends. Kemungkinan kita ditipu bisa sampai sangat besar apalagi jika tidak tahu tentang dunia otomotif.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Ironis nih padahal jika kamu atau ada orang yang mau beli mobil bekas gitu ya dan untuk dipakai sehari-hari eh malah dapat mobil yang tidak layak pakai. Yang bikin sedih lagi jika kamu ingin berniat membeli mobil pertama untuk digunakan dan dipakai untuk keluarga, jadinya mungkin kamu menyesal, jangan sampai ini terjadi, cek beberapa tips dari Otospector.

#1: Harga Mobil Di Bawah Pasaran.

mobil bekas

Wajib curiga jika ada oknum atau kamu melihat tipe mobil yang kamu incer itu dibawah pasaran. Buset sebetulnya bang min gak boong kalau harga murah itu bener-bener menggiurkan ya Otofriends tapi, kita perlu cek secara seksama harga yang real dipasaran itu berapa. Pertama, kamu jangan tergiur dengan harga yang murah, apalagi dari perorangan langsung dan terkesan meyakinkan.

Baca juga: Pahami Dulu Risiko Modifikasi Setir Mobil

#2: Tetapkan Biaya Membeli Mobil.

biaya beli mobil

Nah ini penting buat kamu ketahui Otofriends, yang namanya beli mobil bekas itu pasti ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, contohnya saja misal perbaikan kak-kaki, pergantian oli mesin dan cairan di mobil yang lain. Contoh budget kamu keseluruhan adalah Rp 200 juta mentok. Nah saran Bang Min, kamu cari mobil dengan range mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 150 juta, dengan biaya sisa Rp 50 juta tadi kamu bisa pakai setidaknya dengan bijak, biasanya kalau kamu beli di tempat yang tepat dan sudah terpercaya, kamu malah gak keluar banyak biaya lagi loh.

#3: Cek Kondisi Mobil.

cek mobil

Pertama yang perlu otofriends ketahui adalah kondisi mobil bekas yang akan dibeli itu layak digunakan. Cek kondisi mesin dengan cermat, bodi mobil, sampai test drive, lakukan dengan membawa teman atau kerabat yang memang tahu tentang dunia otomotif terutama mobil. Biar kamu tidak salah pilih mobil. Cek mulai dari mesin, bodi termasuk cat, suspensi mobil, kelistrikan, kaca, ban sampai pada interior seperti kursi, jok, head unit, KM mobil, serta audio mobil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Pastikan Surat Kendaraan Lengkap.

dokumen mobil bekas

Tidak usah bahas sudah bayar pajak atau belum, cek dulu, apakah berkasnya lengkap, seperti STNK, BPKB serta nomor rangka yang cocok dengan surat-surat. Bahaya jika tidak teliti dan abai pada point ini, dikhawatirkan jika membeli mobil yang berstatus tidak baik pada kepolisian.

#5: Membawa Alat Pendukung.

alat cek cat mobil

Alat pendukung yang dimaksudkan adalah membawa seperti catatan pribadi, senter untuk mengecek bagian mesin mobil, alat mengukur ketebalan cat mobil biar kamu tahu mobil yang hendak dibeli ini catnya masih oke atau tidak.

Baca juga: Apa Itu Rating NCAP Untuk Mobil?

beli mobil bekas di tokopedia

Dengan Rp 825.000 Bisa Santai Saat Beli Mobil Bekas:

Maksudnya bagaimana nih? Begini Otofriends, kamu tahu kan kalau membeli mobil bekas itu tidak mudah terutama bagi awam. Kalau kamu mau hemat waktu dan tenaga, kamu bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan biaya Rp 800 ribuan saja kamu bisa mendapatkan inspeksi untuk 3 mobil regular.

Contoh kamu tertarik di salah satu showroom dengan mobil MPV Toyota Avanza, di showroom tersebut tersedia 6 unit Avanza. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok dari sisi model dan juga warna, lalu kamu bisa menggunakan jasa pengecekan mobil dari Otospector. Dengan begitu kamu bisa tahu nih, mobil mana yang benar-benar kamu harus pinang dan bawa ke rumah.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

Maret 30, 2024
Ketika datang ke perawatan dan perbaikan mobil, salah satu komponen penting yang sering membutuhkan perhatian adalah sistem kunci pintu sentral atau central lock. Sistem ini bertanggung jawab untuk mengunci dan membuka pintu mobil secara otomatis, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Tapi, seperti halnya bagian lain dari kendaraan, central lock juga bisa mengalami masalah dari
Baca Lebih Lanjut

Ternyata Ini Arti Dari Lampu Indikator di Mobil

Maret 26, 2024
Ketika Kamu mengemudi, apa yang menjadi panduan Kamu untuk memahami kesehatan mobil? Salah satu cara paling gampangnya adalah lampu indikator yang ada di dashboard mobil pastinya. Lampu-lampu ini bukan hanya pernak-pernik aja, mereka merupakan sistem komunikasi penting antara mobil dan pengemudi. Lampu ini memberikan informasi vital tentang kesehatan dan juga kinerja mobil. Pada pembahasan kali
Baca Lebih Lanjut

Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal. Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin.
Baca Lebih Lanjut