Apa Itu Rating NCAP Untuk Mobil?

Mei 28, 2023
By Getan Metodius
Apa Itu Rating NCAP Untuk Mobil?-otospector

Kalau pengen beli mobil, faktor keamanan adalah salah satu yang menjadi pertimbangan, terutama bagi mobil yang dibanderol di atas Rp 400 – 500  juta dirasa perlu adanya nilai kelayakan keamanan. Rating NCAP New Car Assessment Program bisa menjadi salah satu acuan tingkat keselamatan yang diberikan para produsen mobil di dunia. Dan ini sudah ada bagian atau wilayahnya sendiri-sendiri, seperti kalau kita di Indonesia disebutnya adalah ASEAN New Car Assessment Program.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Apa itu NCAP.

asean ncap

NCAP atau yang merupakan kepanjangan dari New Car Assessment Program merupakan Lembaga yang punya andil dalam menguji layak atau tidaknya mobil baru yang akan dijual ke pembeli. Jadi NCAP itu akan mengecek mobil-mobil baru dan disamping itu lembaga ini punya target akan kesadaran konsumen akan keselamatan berkendara yang baik.

Sehingga ketika kita sebagia calon pembeli ingin membeli mobil, perlu melihat mobil yang akan dibeli mendapatkan rating berapa. Jika kita di Indonesia mengukuti pada acuan ASEAN NCAP sebagai cakupan wilayah Kawasan Asia Tenggara, jika Eropa akan mengikuti acuan EUROPE NCAP. Dengan banyanya uji tabrak ASEAN NCAP ini, diharapkan mobil-mobil yang dijual layak dan konsumen bisa memilih dengan cermat.

Baca juga: 3 Dampak Campur Bensin Beda Oktan

#2: Sejarah rating NCAP.

rating mobil

Diawali pada tahun 1979, rating ini dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration atau yang disingkat NHTSA. Uji kelayakannya seperti uji tabrak pada mobil baru yang hendak dipasarkan di pasar Amerika. Terbukti baik, dengan adanya uji ini bisa menaikkan tingkat kesadaran calon konsumen pada keselamatan berkendara di jalan raya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Manfaat rating NCAP.

rating ncap mobil

Rating NCAP ini bisa menjadi acuan bagi calon pembeli kendaraan roda empat di seluruh dunia untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara. Semuanya bisa di cari tahu pada situs resminya NCAP ASEAN untuk yang ingin mencari tahu lebih lanjut seputar ASEAN NCAP.

#4: Cara pemberian rating NCAP.

uji tabrak ncap mobil

Pada mobil baru, nantinya aka nada uji tabrak secara keras dari sisi depan mobil untuk menilai kekuatan crumple zone mobil. Selain itu aka nada uji tabrak dengan menghantamkan objek ke sisi samping mobil baru tersebut untuk melihat kekuatan side doors impact beam dari mobil, disanalah akan melihat sistem keamannya aktifnya.

#5: Beda NCAP Amerika, ASEAN serta Eropa.

ncap eropa

Tentu ada perbedaan rating atau penilaian antara NCAP Eropa, Asia dan juga Amerika. Namun pada prinsip umumnya itu sama saja. ASEAN NCAP akan memberikan rating bintang lima pada nilai maksimal suatu mobil, tetapi perlu diketahui bahwa nilai bintang 5 ini berarti keamanannya lebih bagus daripada mobil rating 4 di NCAP Eropa dan Amerika, karena standar penilaiannya sedikit berbeda, antara negara maju dan negara berkembang.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Pahami Dulu Nih, Bunyi Peraturan Parkir di Depan Rumah

Beli mobil second juga bisa merasakan rating NCAP terbaik:

Buat Otofriends yang ingin merasakan mobil dengan rating terbaik dari sisi NCAP namun tidak ingin mengeluarkan biaya besar dengan membeli mobil baru, kamu bisa membeli mobil bekas terbaik di seluruh showroom rekanan Otospector.

Seperti kamu mau membeli mobil Eropa dengan rating terbaik, seperti brand Mercy atau BMW, kamu bisa menghubungi salah satu showroom rekanan Otospector. Karena showroom tersebut sudah memiliki nilai tambah semua mobil-mobil yang dijual sudah di inspeksi oleh jasa inspeksi mobil bekas berkualitas no 1 di Indonesia yaitu Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut