3 Dampak Campur Bensin Beda Oktan

Mei 21, 2023
By Getan Metodius
3 Dampak Campur Bensin Beda Oktan-otospector

Seperti yang kita ketahui ya, Otofriends, kalau mobil butuh bahan bakar sebagai pemicu. Di Indonesia mungkin banyak banget yang kadang abai dan tidak sadar kalau misalnya sering mencampur bahan bakar dengan beda spesifikasi oktan itu ada dampaknya. Biasanya begini, sekarang isi Pertalite, minggu depannya pakai Pertamax dan kadang dalam satu waktu di tangki masih ada bahan bakar Pertamax, lalu di isi Pertalite sampai penuh.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sebetulnya ada dampaknya atau tidak kalau mencampur bensin dengan beda oktan dalam satu waktu dan dilakukan cukup sering. Tentu akan ada dampak, meskipun tidak terlalu terasa bagi awam, namun bagi mereka yang berkendara dengan kendaraannya setiap hari pasti akan merasakan beberapa hal berikut ini.

#1: Mesin Jadi Ngelitik.

mobil ngelitik

Dampak yang pertama langsung cukup terasa bagi mereka yang jeli adalah mesin jadi ngelitik dalam Bahasa teknisnya knocking. Kondisi ini bisa terjadi jika kita sengaja mencampur bensin beda oktan dalam satu waktu tersebut, tidak terkecuali motor dan juga mobil, akan merasakan hal yang sama. Lalu kenapa sih hal ini bisa terjadi, hal ini terjadi karena adanya kinerja pembakaran yang tidak sempurnya, dan inilah yang bisa membuat kendaraan mobil dan motor jadi ngelitik.

Baca juga: Baiknya Garansi Mobil Berapa Tahun?

#2: Tarikan Jadi Berat.

tarikan mobil berat

Lalu dampak pakai bensin campur beda oktan selanjutnya adalah akselerasi mobil bisa jadi berat, ini juga terasa di sepeda motor. Ini terjadi karena senyawa kedua bahan bakar tadi tidak bisa mencampur dan lebur dengan sempurna. Nah, jika ini sering dilakukan, dan sering terasa berat akselerasi mesinnya, bisa membuat kinerja mesin makin menurun setiap waktu.

#3: Turunnya Performa Mesin Kendaraan.

Seperti yang sudah sempat disinggung di point kedua adalah, performa mesin bisa jadi menurun. Jika kebiasaan mencampur bahan bakar dengan oktan yang berbeda ini dilakukan secara terus menerus bisa membuat performa mesin jadi menurun. Karena peleburan bahan bakar yang buruk bisa membuat timbulnya kerak dan jika ini terjadi bisa membuat mesin jadi berkurang tenaganya dari sisi teknis.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Gunakan Bensin Yang Tepat.

pakai bensin sesuai rekomendasi

Bagaimana cara kita tahu mana bensin yang tepat, dan oktan berapa yang harus digunakan untuk kendaraan. Disarankan, kita sebagai pemilik kendaraan memilih bahan bakar berdasarkan rasio kompresi mobil. Kalau pilih bensin dengan oktan yang rasionya lebih tinggi dari yang dimiliki mobil, jadinya malah gak terbakar sempurnya, dan malah menimbulkan residu yang berdampak buruk kedepannya.

#5: Disarankan fokus pakai satu jenis BBM.

Menyambung point 4 tadi, disarankan juga menggunakan satu jenis bahan bakar dengan oktan yang sudah disepakati dan direkomendasikan. Kalau rasio mobil mengatakan disarankan pakai oktan 92 dan ini juga disarankan oleh mekanik, teruslah gunakan bbm oktan 92, supaya kondisi mobil tetap terjaga dan tidak menimbulkan kerak karena tidak sempurnanya pembakaran.

Baca juga: Pahami Dulu Nih, Bunyi Peraturan Parkir di Depan Rumah

beli mobil bekas di tokopedia

Gunakan bensin yang tepat untuk mobil sehat:

Kita sudah tahu ya Otofriends kalau compar campur bensin dengan oktan berbeda itu tidak disarankan. Bahaya bisa terasa dikemudian hari, dan kebiasaan ini juga bisa memperburuk kinerja mesin mobil kita.

Terutapa untuk Anda yang berniat ingin membeli mobil bekas misalnya, ketahui riwayat penggunaan oktan BBM pengguna sebelumnya, jika menggunakan BBM di bawah rasio dan rekomendasi, setelah membeli, gunakan selalu bensin yang direkomendasikan. Jangan lupa juga sebelum membeli mobil bekas, pastikan membeli mobil bekas dengan cara menginspeksinya. Agar dipastikan membeli mobil dengan rating terbaik dari jasa inspeksi mobil bekas terbaik seperti Otospector.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Toyota Rush Bekas Per 2024, Mulai Rp85 Jutaan

Januari 29, 2024
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca Lebih Lanjut

Simak Nih, Harga Mobil Wuling Bekas Per Januari 2024

Januari 28, 2024
Memasuki tahun keenam kehadirannya di Indonesia, PT SGMW Motors Indonesia selalu APM Wuling semakin kokoh dalam memikat konsumen Indonesia untuk membeli mobil produk-produk asal Tiongkok itu. Tentu hal ini sebuah prestasi yang bukan main-main, mengingat selama ini konsumen Indonesia sudah telanjur akrab dengan merek-merek asal Negeri Matahari Terbit. Bahkan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari
Baca Lebih Lanjut

Tips Berkendara Ketika Hujan

Januari 26, 2024
Bagi Otofriends yang sering membawa mobil sendiri, wajib memahami tips berkendara ketika hujan di bawah ini. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini di mana hujan turun sangat deras hingga mengakibatkan genangan, bahkan banjir di mana-mana. Berkendara di saat hujan tentu berbeda dengan saat hari cerah. Sangat dibutuhkan kehati-hatian karena kondisi pandangan yang terbatas,
Baca Lebih Lanjut