Ini Dia Penyebab Power Window Mobil Macet

Mei 21, 2024
By Getan Metodius
Ini Dia Penyebab Power Window Mobil Macet-otospector

Peran power window sangatlah penting otofriends, apalagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Dengan adanya fitur power window sangat memudahkan kita sebagai pengemudi sekaligus penumpang nih, fitur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca mobil secara elektrik. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Sehingga fitur ini memudahkan kamu untuk untuk membuka kaca, seperti pada saat harus membayar pintu masuk pada saat di tol dan juga pada saat membayar parkir.

Rasanya menurut bang min, kamu harus tahu deh power window itu bisa saja mengalami kendala. Intinya kamu harus mengetahui penyebab power window mobil bisa macet atau tidak berfungsi. Biasanya penyebab dari macetnya power window itu adanya kerusakan di bagian saklar, seperti adanya kotoran yang menempel atau juga menumpuk, sekring terputus, lalu saklar yang korsleting, serta motor penggerak  sudah aus.

Berikut ini ada beberapa penyebab terjadinya power window macet.

#1: Kerusakan Pada Bagian Saklar.

saklar power window

Sumber: Tokopedia

Penyebab terjadinya yang pertama adalah terjadinya kerusakan pada saklar atau switch. Switch adalah komponen yang paling utama untuk menggerakkan kaca mobil supaya tetap berfungsi sebagai remote control, yang berfungsi untuk mengatur nyala matinya suatu benda elektronik.

Yang biasa terjadi ketika ada kerusakan di bagian saklar adalah kebiasaan yang terlalu sering menaikkan turunkan kaca mobil. Sehingga penggerakan yang terlalu sering dapat menyebabkan switch menjadi eror sehingga sudah tidak bisa digunakan. Alangkah baiknya menggunakan power window pada saat sedang dibutuhkan saja otofriends, agar tidak menyebabkan kerusakan pada bagian saklar.

Baca juga: Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

#2: Saklar yang Mengalami Korsleting.

saklar power window

Sumber: Autolounge

Bagian saklar power window ialah merupakan instalasi kelistrikan mobil, akan berperan untuk mendukung prosesnya penggerakan pada kaca supaya kaca tersebut bisa bergerak naik dan turun. Instalasi ini juga bisa mengalami korsleting yang bisa menyebabkan hubungan pendek pada arus listrik.

Dan juga korsleting bisa menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan saklar menjadi terbakar lalu gosong, serta sudah tidak bisa digunakan kembali. Atau juga plastik yang terdapat di bagian dalam saklar sudah mengalami aus maka hasil kinerjanya jadi tidak maksimal.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

#3: Motor Penggerak Aus.

motor power window

Sumber: Bukalapak

Di dalam power window sudah ada mesin penggerak utama yang merupakan motor listrik kecil. Nah, komponen ini yang disebut aus seiring dengan usia penggunaannya. Pada bagian sikat motor atau brush termasuk kategori yang sering mengalami kerusakan. 

Karena sikat ini atau brush berfungsi sebagai penyaluran arus listrik dari awal sampai menuju rotor motor yang berputar. Dan jika penggerak sudah mulai aus dan sudah tidak bisa dipakai lagi, maka hal yang harus kamu lakukan adalah segera untuk menggantinya dengan komponen yang baru.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Sekring yang Putus.

Sekring yang terputus akan mengalami korsleting, sehingga sekring yang terputus akan menyebabkan aliran berhenti dari komponen lain sehingga tidak bisa mendapatkan suplai. Sehingga power window tidak bisa digunakan.

Fitur power window tidak boleh luput dari pengecekan.

Meskipun terlihat sepele, fitur power window ini nggak boleh lewat dari pantauan kita loh otofriends. Apalagi ketika kita lagi mau beli mobil bekas, jangan dianggap enteng kalau power window nggak normal atau macet.

Tentu ini akan merugikan kita sebagai calon pembeli nantinya, malah akan mengeluarkan kocek besar hanya untuk memperbaikinya. Untuk itulah kamu butuh jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan inspeksi mobil Otospector kamu bisa lebih tenang dalam memilih mana mobil bekas yang benar-benar layang untuk kamu beli. Apalagi saat ini banyak banget penipuan menjual mobil bekas yang katanya “bagus” tapi malah bobrok otofriends.

Untuk menanggulangi hal tersebut, buruan kamu hubungi Otospector sekarang, Otospector adalah pionir dan jasa inspeksi mobil bekas no 1 di Indonesia, so…apa lagi yang kamu ragukan?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Terbaru Tarif Tol Jakarta ke Jogja

Maret 15, 2024
Yang mau mudik mana suaranya? Bang min ucapkan selamat mudik dan hati-hati dijalan ya otofriends. Terutama saat arus mudik dan arus balik, jaga kondisi kamu dan juga kondisi mobil kamu. Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan hal utama dalam bepergian menggunakan mobil pribadi. Yaitu biaya yang harus disiapkan, alias biaya tol, seperti yang bakal kita bahas
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung. Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil
Baca Lebih Lanjut

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut