Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan.
Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus mengerjakan bagian pintu secara khusus. Tentu saja di tempat servis seperti ini, pengerjaan akan lebih cermat dan hasilnya akan lebih baik.
Sebenarnya berapa biaya perbaikan pintu mobil? Mari kita lihat dulu kasus-kasus kerusakan di bagian pintu berikut ini:
Sumber: Wuling.id
Power window bisa rusak karena karet kaca yang sudah mengeras. Bahkan gara-gara karet, regulator kaca juga bisa ikutan rusak. Power window yang sudah rusak biasanya disarankan untuk diganti saja.
Regulator power window juga bisa bermasalah tepatnya pada bagian gigi. Seiring pemakaian, gigi akan aus dan tidak bisa lagi menurunkan kaca.
Sedangkan masalah yang bisa terjadi pada regulator yang mekanismenya menggunakan sistem tali, adalah putusnya tali baja. Biaya perbaikan pintu mobil semacam ini, agak lumayan.
Sumber: Vintage Mustang Forum
Engsel pintu mobil bisa rusak karena usia. Namun engsel bisa juga bermasalah karena perlakuan pemilik. Contohnya, pintu dibiarkan terbuka terlalu lama. Pintu yang terus menggantung dalam posisi terbuka, membuat engsel jadi lemah.
Karena itu, disarankan untuk menghindari perlakuan yang bisa membuat engsel berkurang kekuatannya. Jangan lupa selalu berikan pelumas pada engsel.
Sumber: Ebay
Karet kaca bisa lemah karena usia pakai. Biasanya di atas usia 5 tahun, karet akan mengeras. Apalagi jika sehari-hari sering terkena sinar matahari.
Karet yang keras akan menyebabkan kaca susah digerakkan dan terasa berat. Hati-hati, kerusakan ini juga bisa merambat ke power window karena kerja motor dan regulator menjadi lebih berat.
Agar karet lebih awet, salah satu cara cukup dilumasi saja. Namun kalau memang sudah mengeras karena usia, sebaiknya diganti pada saat perbaikan pintu mobil.
Sumber: Tokopedia
Mobil-mobil dari pabrikan di Asia umumnya memakai door trim berbahan plastik. Tampilannya memang sederhana, tapi justru lebih kuat.
Pada mobil-mobil pabrikan Eropa, door trim biasanya lebih mewah dengan penambahan lapisan fabric atau kulit. Sayangnya, justru bahan semacam ini mudah rusak karena iklim di Indonesia memang tidak cocok.
Karena bahan originalnya susah didapatkan di Indonesia, maka biasanya bengkel menawarkan alternatif pengganti yang mirip.
Sumber: Chevrolet Sanger
Handle pintu adalah bagian dari pintu yang paling sering bekerja. Namun bukan berarti komponen ini yang paling sering rusak.
Handle pintu akan bisa rusak karena perlakuan yang kurang pas. Misalnya menutup pintu dengan keras atau istilahnya dibanting. Akibatnya door lock pada handle akan aus.
Handle juga bisa rusak karena air. Karena itu, saat mencuci mobil sebaiknya air jangan sampai masuk ke sela-sela handle. Handle bisa diberi pelumas agar tetap awet.
Sumber: FB Manju Doorlock
Ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya biaya servis, seperti jenis kerusakan, lama perbaikan, ada tidaknya pergantian spare part, sampai tingkat kesulitan pengerjaan. Dengan catatan biaya ini di luar biaya spare part.
Untuk sekadar gambaran, inilah biaya perbaikan pintu mobil:
Pada tabrakan yang parah dan terkena pintu, maka ada kemungkinan bingkai pintu akan penyok dan tidak akan presisi lagi. Lakukan saja tes dengan membuka dan menutup pintu mobil berulangkali.
Jika pintu masih terasa stabil saat dibuka maupun ditutup, berarti pintu tersebut aman. Namun jika sudah terasa tidak presisi dan tidak pas saat dibuka maupun ditutup, perlu curiga mobil tersebut pernah mengalami tabrakan besar.
Untuk memastikan kondisi tadi, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi yang ketat dan dilakukan tenaga profesional, kondisi mobil secara keseluruhan bisa diketahui. Yuk inspeksi mobil incaranmu sekarang!
Bagikan