Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
By Thomas W
Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends-otospector

Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus mengerjakan bagian pintu secara khusus. Tentu saja di tempat servis seperti ini, pengerjaan akan lebih cermat dan hasilnya akan lebih baik.

Sebenarnya berapa biaya perbaikan pintu mobil? Mari kita lihat dulu kasus-kasus kerusakan di bagian pintu berikut ini:

#1: Kerusakan Power Window

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: Wuling.id

Power window bisa rusak karena karet kaca yang sudah mengeras. Bahkan gara-gara karet, regulator kaca juga bisa ikutan rusak.  Power window yang sudah rusak biasanya disarankan untuk diganti saja.

Regulator power window juga bisa bermasalah tepatnya pada bagian gigi. Seiring pemakaian, gigi akan aus dan tidak bisa lagi menurunkan kaca.

Sedangkan masalah yang bisa terjadi pada regulator yang mekanismenya menggunakan sistem tali, adalah putusnya tali baja. Biaya perbaikan pintu mobil semacam ini, agak lumayan.

Baca juga: Catat, Ini 5 Mobil Pintu Geser Dengan Harga Ekonomis

#2:  Engsel Pintu Lemah

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: Vintage Mustang Forum

Engsel pintu mobil bisa rusak karena usia. Namun engsel bisa juga bermasalah karena perlakuan pemilik. Contohnya, pintu dibiarkan terbuka terlalu lama. Pintu yang terus menggantung dalam posisi terbuka, membuat engsel jadi lemah.

Karena itu, disarankan untuk menghindari perlakuan yang bisa membuat engsel berkurang kekuatannya. Jangan lupa selalu berikan pelumas pada engsel.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Karet Kaca Sudah Keras

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: Ebay

Karet kaca bisa lemah karena usia pakai. Biasanya di atas usia 5 tahun, karet akan mengeras. Apalagi jika sehari-hari sering terkena sinar matahari.

Karet yang keras akan menyebabkan kaca susah digerakkan dan terasa berat. Hati-hati, kerusakan ini juga bisa merambat ke power window karena kerja motor dan regulator menjadi lebih berat.

Agar karet lebih awet, salah satu cara cukup dilumasi saja. Namun kalau memang sudah mengeras karena usia, sebaiknya diganti pada saat perbaikan pintu mobil.

#4: Door Trim Mulai Rusak

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: Tokopedia

Mobil-mobil dari pabrikan di Asia umumnya memakai door trim berbahan plastik. Tampilannya memang sederhana, tapi justru lebih kuat.

Pada mobil-mobil pabrikan Eropa, door trim biasanya lebih mewah dengan penambahan lapisan fabric atau kulit. Sayangnya, justru bahan semacam ini mudah rusak karena iklim di Indonesia memang tidak cocok.

Karena bahan originalnya susah didapatkan di Indonesia, maka biasanya bengkel menawarkan alternatif pengganti yang mirip.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Handle Pintu Mobil Rusak

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: Chevrolet Sanger

Handle pintu adalah bagian dari pintu yang paling sering bekerja. Namun bukan berarti komponen ini yang paling sering rusak.

Handle pintu akan bisa rusak karena perlakuan yang kurang pas. Misalnya menutup pintu dengan keras atau istilahnya dibanting. Akibatnya door lock pada handle akan aus.

Handle juga bisa rusak karena air. Karena itu, saat mencuci mobil sebaiknya air jangan sampai masuk ke sela-sela handle. Handle bisa diberi pelumas agar tetap awet.

#6: Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Biaya Perbaikan Pintu Mobil

Sumber: FB Manju Doorlock

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya biaya servis, seperti jenis kerusakan, lama perbaikan, ada tidaknya pergantian spare part, sampai tingkat kesulitan pengerjaan. Dengan catatan biaya ini di luar biaya spare part.  

Untuk sekadar gambaran, inilah biaya perbaikan pintu mobil:

  • Servis pintu karena kurang presisi Rp200 ribuan.
  • Perbaikan engsel Rp15 ribuan
  • Penggantian karet per pintu Rp50 ribuan
  • Penggantian karet pintu bagasi Rp80 ribuan
  • Kerusakan central lock Rp100 – 200 ribuan
  • Perbaikan komponen mekanikal Rp150 – 250 ribu.
  • Penggantian spare part motor Rp500 ribu

Baca juga: 8 Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrak

Apakah kondisi pintu bisa menjadi indikasi pernah terjadi tabrakan besar?

Pada tabrakan yang parah dan terkena pintu, maka ada kemungkinan bingkai pintu akan penyok dan tidak akan presisi lagi. Lakukan saja tes dengan membuka dan menutup pintu mobil berulangkali.

Jika pintu masih terasa stabil saat dibuka maupun ditutup, berarti pintu tersebut aman. Namun jika sudah terasa tidak presisi dan tidak pas saat dibuka maupun ditutup, perlu curiga mobil tersebut pernah mengalami tabrakan besar.

Untuk memastikan kondisi tadi, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi yang ketat dan dilakukan tenaga profesional, kondisi mobil secara keseluruhan bisa diketahui. Yuk inspeksi mobil incaranmu sekarang!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca Lebih Lanjut